Apakah Thierry Henry Menerima Tawaran Melatih Aston Villa?


20181007KSP THIERRY HENRY
oleh ROBERT ADHI KSP

Thierry Henry (41 tahun), yang pernah ikut mengantarkan tim nasional Perancis menjadi juara dunia 1998, menjadi kandidat utama manajer baru klub Aston Villa, klub sepakbola Inggris yang berusia 144 tahun.

Sejumlah media Inggris Minggu (7/10/2018) mewartakan tawaran Aston Villa kepada Thierry Henry, yang kini asisten manajer tim nasional Belgia. Selain Henry, nama John Terry, bintang Chelsea (1998-2017), juga disebut mendapat tawaran sebagai wakil manajer klub yang bermarkas di Villa Park, Birmingham, Inggris.

Aston Villa didirikan pada Maret 1874 oleh empat orang Birmingham. Klub tua legendaris ini pernah meraih Piala Eropa pada 26 Mei 1982 dalam final di Rotterdam, Belanda, berkat gol tunggal Peter White ke gawang Bayern Muenchen. Villa menjadi satu dari lima klub Inggris yang pernah meraih trofi Piala Eropa (sejak 1992 namanya diubah menjadi Liga Champions).

Pada Juni 2016, Aston Villa dibeli oleh pebisnis China, Tony Xia Jiantong dengan nilai 76 juta Poundsterling. Sayangnya, Aston Villa terlempar dari Liga Premier Inggris ke Liga Championship. Roberto Di Matteo saat itu ditunjuk sebagai manajer namun setelah 12 pertandingan, performa Aston Villa buruk sehingga digantikan Steve Bruce (57).

Villa merupakan klub kesembilan yang dilatih Bruce sejak dia memulai kariernya sebagai manajer klub sepakbola pada Juli 1998 di klub Sheffield United. Bruce pernah menjadi manajer klub di antaranya Huddersfield Town, Wigan Athletic (dua kali), Crystal Palace, Birmingham City, Sunderland, dan Hull City.

Namun karena Steve Bruce tak mampu membuat Villa ke puncak Liga Championship, pada 3 Oktober 2018 lalu, Bruce dipecat sebagai manajer. Klub itu baru menang tiga kali, seri enam kali, dan kalah tiga kali dari 12 laga. Sabtu kemarin, Villa makin terperosok ke posisi ke-15 setelah kalah 1-2 dari Millwall.

SUMBER TABEL: BBC SPORT                     Klasemen Liga Championship Inggris sampai Minggu 7 Oktober 2018. Aston Villa berada di posisi ke-15 dari 24 klub. Dari 12 pertandingan, Villa hanya menang 3 kali, seri 6 kali dan kalah 3 kali. Villa memecat manajer Steve Bruce pada 3 Oktober lalu. Nama Thierry Henry disebut-sebut akan menjadi manajer baru Villa.

 

Penampilan buruk Aston Villa membuat arus kas Tony Xia terganggu. Pada Juli 2018, pengusaha Amerika Serikat Wes Edens dan pengusaha berkebangsaan Mesir Nassef Sawiris mengendalikan Aston Villa dengan memiliki 55 persen saham klub ini. Nassef Sawiris menjadi Executive Chairman Aston Villa, menggantikan Tony Xia.

Thierry Henry
Setelah Steve Bruce didepak dari Aston Villa, siapa yang akan menjadi manajer baru klub ini? Media Inggris Daily Mail menyebut Thierry Henry ditawari jabatan sebagai manajer baru Villa. BBC Sport juga menyebut Henry salah satu kandidat yang akan menggantikan Steve Bruce. Nama lainnya di antaranya Brendan Rodgers. Adapun Sky Sports News menyebutkan Henry menjadi kandidat utama manajer Aston Villa. Klub itu sudah melakukan pembicaraan dengan Henry.

Nama Thierry Henry sangat populer di kalangan pecinta sepakbola di Inggris karena pernah bermain sebagai penyerang klub Arsenal (1999-2007). Di Arsenal, Henry sangat produktif mencetak gol. Dari 254 penampilannya di Arsenal, Henry mencetak 174 gol.

Henry yang lahir di Les Ulis, Perancis, 17 Agustus 1977, mengawali karier profesionalnya sebagai pesepakbola ketika menjadi pemain AS Monaco (1994-1999). Dalam 105 penampilannya di Monaco, Henry mencetak 20 gol. Henry sempat bermain untuk klub Italia, Juventus pada 1999. Dia hanya tampil 16 kali dan mencetak 3 gol. Setelah itu Henry pindah ke Arsenal.

Setelah 8 tahun bermain di Arsenal, Henry pindah ke Barcelona pada 2007 dan bergabung selama tiga tahun sampai 2010. Dari 80 penampilannya, Henry mencetak 35 gol. Henry kemudian pindah ke Amerika Serikat, bermain untuk New York Red Bulls. Dari 122 penampilannya, Henry mencetak 51 gol.

Henry sangat menikmati sebagai pemain Perancis. Dia ikut mengantarkan timnas negaranya meraih trofi Piala Dunia 1998, trofi Euro 2000/UEFA, dan trofi Konfederasi FIFA 2003 . Pada Oktober 2007, Thierry Henry melampaui rekor Michael Platini, pemain Perancis yang mencetak gol terbanyak sepanjang sejarah. Dari 123 penampilannya di timnas Perancis, Henry mencetak 51 gol.

Setelah Piala Dunia 2010, Henry memutuskan untuk pensiun sebagai pemain sepakbola internasional. Sejak pensiun, Henry terjun sebagai pelatih.

Saat ini Henry menjabat asisten manajer timnas Belgia. Bersama manajer timnas, Roberto Martinez (yang pernah menjadi manajer klub Everton 2013-2016), Henry ikut memoles para pemain Belgia menjadi tim yang ditakuti pada Piala Dunia 2018 di Rusia. Belgia finish di posisi ketiga.

Aston Villa sangat membutuhkan sosok baru yang mampu membuat klub tua legendaris itu hidup kembali. Apakah Thierry Henry menerima tawaran Aston Villa? (DIOLAH DARI BERBAGAI SUMBER)

SUMBER: KOMPAS.ID, MINGGU 7 OKTOBER 2018

Iklan