ROBERT ADHI KSP

Manchester United melaju ke semi final Liga Europa 2020/2021 setelah unggul agregat 4-0 atas klub Spanyol, Granada. Dalam laga kedua, Jumat (16/4/2021) dinihari WIB, ManUnited menang 2-0 lewat gol-gol Edinson Cavani (menit ke-6) dan gol bunuh diri Jesus Vallejo (menit ke-91). Dalam laga pertama pekan sebelumnya, ManUnited juga unggul 2-0 lewat gol-gol Marcus Rashford (menit ke-31) dan Bruno Fernandes (menit ke-90/penalti). 

Tendangan voli Edinson Cavani yang menyambut asis Paul Pogba pada awal pertandingan membuat Manchester United makin percaya diri melangkah ke semi final. Gol kedua ManUnited tercipta pada injury time setelah Juan Mata yang mencoba menyundul bola umpan Alex Telles,  malah disundul Jesus Vallejo. Gol bunuh diri itu membuat ManUnited unggul 2-0. 

Jesus Vallejo adalah pemain pertama yang mencetak gol bunuh diri saat berhadapan dengan ManUnited di Liga Europa sejak Bradley Jones (Feyenoord) pada November 2016.

Gol Cavani ke gawang Granada merupakan gol penting dan gol pertamanya untuk Manchester United dalam kompetisi Eropa. Gol tersebut gol ke-50 Cavani dalam seluruh kompetisi Eropa. Bagi pemain berusia 34 tahun itu, musim ini musim ke-9-nya bermain di liga-liga Eropa. Kontraknya bersama MU akan berakhir Juni 2021. Belum jelas apakah Cavani tetap bergabung dengan MU atau tidak.  

Manchester United seharusnya mampu mencetak lebih banyak gol ke gawang Granada namun tendangan Bruno Fernandes melenceng, juga tendangan Mason Greenwood melebar. 

Sumber: YouTube Manchester United

Ole Gunnar Solskjaer belajar dari kekeliruannya pada awal musim saat berlaga versus PSG di babak penyisihan Liga Champions musim ini. Solskjaer tidak mengganti Fred yang diganjar kartu kuning dan ketika pemain Brasil melakukan pelanggaran kedua, wasit mengusir Fred ke luar lapangan. 

Dalam laga kedua perempat final Liga Europa versus Granada, Paul Pogba — yang menjadi kapten menggantikan posisi Harry Maguire yang absen—  diganjar kartu kuning karena tangannya mengenai wajah German Sanchez. Beberapa menit kemudian, Pogba terlibat pelanggaran dengan Yangel Herrera — yang dipinjam Granada dari Manchester City. Pemain Granada, Roberto Soldado, — pernah bermain untuk Tottenham Hotspur— memprotes wasit Istvan Kovacs asal Rumania tetapi wasit malah mengganjarnya kartu kuning.  

Memasuki babak kedua, Solskjaer mengganti Paul Pogba dengan Donny van de Beek.  Ban kapten diserahkan ke Bruno Fernandes. Setelah Fernandes diganti pada menit ke-73, ban kapten diserahkan ke Juan Mata.

Lima Perubahan

Manchester United membuat lima perubahan sejak menang 3-1 atas Tottenham Hotspur di Liga Premier, Minggu 11 April lalu. Kapten Harry Maguire diskors setelah menerima kartu kuning dalam laga pertama di kandang Granada pekan lalu.  Luke Shaw dan Scott McTominay juga absen. Trio ini diganti oleh Axel Tuanzebe, Alex Telles, dan Nemanja Matic. 

Kiper David de Gea diturunkan, sedangkan Mason Greenwood menggantikan Marcus Rashford — yang duduk di bangku cadangan. 

Sumber: YouTube Manchester United

Granada juga membuat lima perubahan sejak menang 2-1 atas real Valladolid di La Liga pekan lalu. Mantan striker Tottenham Hotspur, Roberto Soldadi, bermain di depan, sementara Yangel Herrera — yang dipinjam Granada dari ManCity, dan Kenedy — yang dipinjam dari Chelsea, bermain sebagai gelandang. Granada juga menurunkan gelandang Angel Montoro dan pemain kiri-belakang Carlos Neva. 

Sejak kalah dalam dua laga kandang di Liga Europa pada musim 2011-2012, Manchester United belum pernah kalah dalam 17 laga kandang di Old Trafford. (Menang 13 kali, seri 4 kali). 

Manchester United telah memenangi tiga pertandingan dalam babak sistem gugur tanpa kebobolan dalam kompetisi Eropa untuk kali pertama sejak April 2008. 

Klub Spanyol tidak pernah menang dalam enam laga tandang terakhir melawan klub-klub Inggris (Seri 3 kali, Kalah 3 kali), gagal mencetak gol masing-masing di lima pertandingan terakhir.

Laga ManUnited vs Roma, 29 April dan 6 Mei

Lawan ManUnited di semi final, AS Roma, klub Italia yang bermain di Liga Serie A, bermain imbang 1-1 dengan klub Belanda, Ajax di Stadion Olimpico. Dalam laga pertama, AS Roma menang 2-1 di kandang Ajax. 

Gelandang ManUnited Bruno Fernandes kepada BT Sport mengungkapkan, “Setiap tim memberi Anda persoalan. Roma memiliki organisasi pertahanan yang bagus, dan mereka mampu menciptakan problem. Beberapa pemaijn pernah bermain di Liga Premier. Kami tahu apa yang harus kami lakukan. Jika kami melakukan hal-hal yang tepat, kami memiliki peluang untuk memenangi pertandingan.”

Manchester United tentu saja sudah mengenal Giallorossi, pernah enam kali berhadapan dengan AS Roma di arena Liga Champions sepanjang 2007-2008, termasuk kemenangan mengesankan ManUnited atas Roma 7-1 di perempat final di Old Trafford.  

Manchester United menggilas AS Roma 7-1 dalam laga kedua babak perempat final Liga Champions musim 2006/2007. Sumber video: YouTube Manchester United.

AS Roma yang saat ini dilatih Paulo Fonseca, memiliki wajah pemain yang tak asing lagi bagi pendukung The Red Devils, termasuk dua mantan pemain MU yaitu Chris Smalling dan Henrikh Mkhitaryan. Juga mantan pemain ManCity, Edin Dzeko, yang mencetak gol untuk Roma atas Ajax dan mengantarkan Roma ke semi final Liga Europa. Pedro Rodriguez yang pernah bermain untuk Barcelona dan Chelsea juga memperkuat barisan AS Roma saat ini. 

Henrikh Mkhitaryan, pemain asal Armenia, adalah pencetak gol kemenangan ManUnited ketika The Red Devils meraih trofi Liga Europa pada 2017 silam, selain Paul Pogba, saat MU masih di bawah Jose Mourinho.   

Bersama Marcus Rashford, Paul Pogba yang menjadi starter ManUnited yang meraih kemenangan atas Ajax di Stockholm, Swedia, 2017 silam — akan bermain dalam tim MU di semi final Liga Europa, laga pertama di Old Trafford, Kamis 29 April 2021. Adapun laga kedua akan digelar di Roma, 6 Mei 2021.

Semi Final ke-18 bagi ManUnited dalam Kompetisi Eropa

Manchester United mencapai semi final ke-18 dalam semua kompetisi Eropa (termasuk Piala Fairs). Hanya Liverpool (19) yang tampil lebih banyak di antara klub-klub Inggris.

Ini juga akan menjadi semi final ke-5 bagi ManUnited di bawah kepemimpinan Solskjaer. Jika Solskjaer gagal meraih trofi Liga Europa musim ini, maka ini akan menjadi musim keempat bagi Solskjaer tanpa trofi. Situasi ini pernah terjadi pada periode 1985-1990, antara kemenangan MU dalam Piala FA 1995 dan tahun 1990, era keemasan MU di bawah Sir Alex Ferguson. 

Manchester United: De Gea; Wan-Bissaka (Williams 82), Tuanzebe, Lindelof, Telles; Fred, Matic; Greenwood (Amad 82), Fernandes (Mata 73), Pogba (c) (van de Beek 46); Cavani (James 60). Pemain cadangan yang tidak bermain: Grant, Henderson, Fish, Elanga, Rashford, Shoretire. Gol: Edinson Cavani (menit ke-6), Vallejo (gol bunuh diri, menit ke-90) Kartu kuning: Pogba

Granada: Rui Silva, Foulquier, Vallejo, German (Nehuen Perez 82), Neva (Victor Diaz 74), Montoro, Gonalons (Molina 32), Kenedy (Puertas 46), Herrera, Machis, Soldado (Suarez 45). Pemain cadangan yang tidak bermain: Banacloche, Fabrega, Isma Ruiz, Torrente. Kartu kuning: Soldado, German, Neva, Montoro

ROBERT ADHI KSP, pendukung sejati Manchester United. SUMBER TULISAN: BBC Sport, ManUtd.com, YouTube Manchester United, Instagram Manchester United