Menjamu Burnley di Old Trafford, Minggu (18/4/2021) malam WIB dalam Liga Premier pekan ke-32, Manchester United ingin melanjutkan tren performa terbaik mereka dengan kepercayaan tinggi. Dua hari sebelumnya, Jumat (16/4/2021) dinihari WIB, Manchester United mengamankan tempat di semi final Liga Europa dengan menggilas Granada 2-0. 

ManUnited berupaya memperkecil jarak dengan ManCity, pemuncak klasemen sementara Liga Premier menjadi delapan poin. ManCity baru saja kalah dari Chelsea dalam semi final Piala FA, Sabtu (17/4/2021) malam WIB.  Kemenangan MU atas Burnley akan menjauhkan jarak dengan Leicester City di peringkat ketiga menjadi 10 poin — yang pada Senin (19/4/2021) dinihari WIB berhadapan dengan Southampton dalam laga Piala FA.

Solskjaer mengatakan para pemain MU perlu bermain menyerang dalam setiap pertandingan seperti yang dilakukan dalam beberapa laga terakhir. Hasilnya, MU kokoh di posisi kedua, juga lolos ke semi final Liga Europa musim 2020/2021 ini. “Meraih tiga poin dalam pertandingan vs Burnley sangat penting untuk memberi tekanan sebanyak mungkin terhadap pemimpin klasemen sementara, ManCity,” kata Solksajer. “MU harus siap memanfaatkan kekalahan ManCity dalam laga-laga mendatang,” lanjutnya.

Solskjaer menegaskan tidak akan menyerah karena segala sesuatu bisa saja terjadi di Liga Premier. “ManCity juga menghadapi banyak pertandingan sulit. Mungkin saja mereka melakukan kesalahan dalam beberapa pertandingan ke depan,” kata Solskjaer. 

Burnley yang hanya menang satu kali dari delapan pertandingan terakhirnya, saat ini berada di peringkat ke-17 klasemen sementara Liga Premier, mengoleksi 33 poin dari 31 pertandingan. Sean Dyche yang menjadi pelatih Burnley sejak Oktober 2012, dua kali mengantarkan Burnley promosi ke Liga Premier, dan sempat mengalami relegasi di Liga Championship pada musim 2014/2015. Pada 2018, Dyche berhasil membawa Burnley finish di peringkat ke-7 Liga Premier, posisi terbaik klub itu sejak 1974. 

Manchester United menang 1-0 atas Burnley dalam laga tandang, 13 Januari 2021. Gol kemenangan MU dicetak Paul Pogba. Sumber: YouTube Manchester United

Solskjaer mengatakan, “Pertandingan vs Burnley merupakan laga besar dan penting. Kami akan melawan tim yang sangat berpengalaman dan terorganisir dengan baik sehingga kami harus menghadapinya dengan baik, dengan fisik dan energi tinggi. Kami menantikan pertandingan ini.” 

Manchester United mengalahkan Burnley di Old Trafford pada 2015. Dalam laga kandang 2020, MU kalah 0-2 dari Burnley, sedangkan dalam pertandingan di Old Trafford pada 2019, MU bermain imbang 2-2 dengan Burnley. 

“Tahun 2021 ini, kami siap memetik tiga poin penting atas Burney. Kami membangun kembali momentum setelah sempat kecewa karena kalah dari Leicester dalam Piala FA,” kata Solskjaer optimistis.  

Eric Bailly dan Marcus Rashford

Ole Gunnar Solskjaer berharap Eric Bailly dan Marcus Rahsford sudah fit dan dapat diturunkan dalam laga kandang Liga Premier pekan ke-32 saat ManUnited menjamu Burnley. 

Bailly dinyatakan positif terpapar Covid-19 ketika bertanding membela negaranya, Pantai Gading. “Eric sudah kembali setelah menjalani sejumlah tes,” kata Solskjaer dalam wawancara eksklusifnya dengan ManUtd.com, akhir pekan lalu. 

Adapun Rashford yang berada di bangku cadangan saat MU menjamu Granada karena harus beristirahat setelah mengalami cedera pada kakinya, diharapkan dapat kembali bermain di Liga Premier untuk melanjutkankan rekornya di Liga Premier. Penampilan Rashford dalam laga vs Burnley akan menjadi penampilannya ke-49 bersama MU pada musim 2020/2021. Ini berarti Rashford hanya kehilangan tiga pertandingan pada musim ini. 

Pemain berusia 23 tahun ini mencetak gol ke-20 bersama ManUnited pada musim ini dalam laga tandang perempat final Liga Europa di Granada, namun absen pada laga kandang di Old Trafford. Rashford juga absen dalam laga kandang saat MU menjamu AC Milan di babak perdelapan final; juga tidak bermain dalam perempat final Piala FA Emirates vs Leicester City Maret lalu. Selebihnya, Rashford tidak melewatkan satu pertandingan pun Liga Premier musim ini. 

Sementara itu Harry Maguire, Luke Shaw, dan Scott McTominay yang absen dalam laga kedua perempat final Liga Europa saat MU menjamu Granada akibat skorsing, kemungkinan besar diturunkan dalam laga kandang saat MU menjamu Burnley. Solskjaer menegaskan skuad MU dalam kondisi bugar, termasuk kiper David de Gea dan Dean Henderson, demikian pula Juan Mata dan Daniel James.  

Namun Anthony Martial masih absen karena mengalami cedera lutut yang menyebabkan pemain asal Perancis itu tidak dapat memperkuat MU sampai akhir musim ini. 

Dari kubu Burnley, pelatih Sean Dyche menyatakan anak-anak asuhnya siap bertarung di Old Trafford. Bos Burnley itu berharap kiper Nick Pope dapat diturunkan, namun mantan pemain Akademi MU, Dwight McNeil masih diragukan. Ashley Barnes, Robbie Brady, dan Kevin Long kemungkinan bakal absen. 

Wasit yang memimpin pertandingan yang digelar Minggu pukul 22.00 WIB dan disiarkan Mola TV ini adalah Jonathan Moss, dengan dua asistennya Marc Perry dan Harry Lennard. Ofisial keempat adalah Robert Jones. Adapun wasit VAR Darren England dibantu asistennya Lee Betts. 

ROBERT ADHI KSP, pendukung sejati Manchester United. Sumber: ManUtd.com, YouTube Manchester United, BBC Sport.