Manchester United, Klub Inggris Paling Banyak Meraih Trofi


R. ADHI KUSUMAPUTRA

Manchester United kini menggeser Liverpool sebagai klub sepakbola Inggris yang paling banyak meraih gelar juara, menyusul kemenangan MU dalam final Liga Europa atas klub Belanda Ajax, Kamis (25/5/2017) dinihari WIB. MU meraih 42 trofi utama dalam sejarah klub itu, di luar Piala Super Eropa, Piala Dunia Klub, dan Community Shields. Saat ini MU mengoleksi 20 gelar juara Liga Premier Inggris, 12 gelar juara Piala FA, lima Piala Liga, tiga Piala Eropa, satu Piala Winners, dan satu gelar juara Liga Europa.

Liverpool sebelumnya mengoleksi 18 gelar juara liga, tujuh trofi  Piala FA, delapan Piala Liga, lima Piala Eropa, dan tiga piala UEFA dalam sejarah klub itu. Namun kini, menurut The Independent, Manchester United menggeser posisi Liverpool setelah pada Februari lalu, gol Zlatan Ibrahimovic ke gawang Southampton menjelang laga berakhir, mengantarkan Manchester United meraih Piala Liga (EFL). Dan dalam final Liga Europa di Friends Arena, Stockholm, Swedia, Manchester United mengukuhkan diri sebagai klub Inggris paling perkasa.

“Manchester United kini sebuah klub yang memenangi semuanya dalam dunia sepakbola. Kami memilih dengan cara ini dibandingkan finish di posisi ke-2, ke-3, atau ke-4 dalam Liga Premier. Kami bermain di Liga Champions musim depan dan kami memenangi gelar juara Liga Europa,” kata Jose Mourinho, pelatih Manchester United. Jose Mourinho merupakan manajer pertama yang memenangi Liga Champions dua kali dan Liga Europa/Piala UEFA dua kali.

Untuk Manchester dan untuk Inggris

 

Paul Pogba, pemain asal Perancis yang mencetak gol pertama Manchester United ke gawang Ajax menatakan, “Kami bermain untuk Inggris, kami bermain untuk Manchester, dan kami bermain untuk korban tewas akibat serangan bom bunuh diri di Manchester.”

Pogba menambahkan, “Banyak hal buruk terjadi di dunia, termasuk di London dan di Paris. Kami fokus memenangi pertandingan final dan kami meraih juara untuk Manchester dan untuk Inggris.”

“Kami sangat bangga. Tak seorangpun mampu berkata-kata. Ada yang bilang ini musim yang buruk bagi MU tetapi kami meraih tiga trofi (termasuk Community Shield). Setelah gol tercipta, kami menguasai pertandingan melawan Ajax. Sungguh permainan terbaik dari setiap orang dalam tim ini,” kata Pogba.

Paul Pogba berhasil membuktikan dirinya berharga sebagai pemain termahal MU setelah mencetak gol pertama ke gawang Ajax. Kini Pogba sudah memenangi 10 trofi dalam karier sepakbolanya, yaitu 4 gelar Liga Italia Serie A, dua Piala Coppa Italia, 2 Piala Supercoppa, satu piala Liga (EFL) dan satu trofi Liga Europa.

Pemain Manchester United asal Armenia Henrikh Mkhitaryan dan salah satu pencetak gol dalam final Liga Europa, menerima ucapan selamat dari Perdana Menteri Armenia, Karen Karapetyan. “Contoh terbaik dari komitmen, kerja keras, dan patriotism. Selamat, dear Henrikh Mkhitaryan. Semalam, Anda telah memberi kami semua emosi yang fantastis,” kata Karen seperti dikutip Armenpress.

Ander Herrera yang dinobatkan sebagai “Man of the Match” mengatakan, “Saya ingin mendedikasikan trpofi juara Liga Europa ini kepada para korban (bom Manchester). Ini memang hanya sepakbola dan apa yang terjadi dua hari lalu sangat menakutkan. Kami ingin perdamaian tercipta di dunia, sebuah dunia normal dengan kehormatan. Kami hanya pemain sepakbola tetapi kami memiliki audiens sehingga kami ingin melihat semua orang bergandengan tangan bersama untuk dunia yang normal. Ini terjadi di Manchester namun di mana pun kami igin melihat dunia bersatu dan damai, saling menghormati, tak ada serangan lagi dan tak perlu ada lagi yang meninggal dunia.”

Bursa transfer

Pelatih Manchester United Jose Mourinho mengatakan, “Banyak puisi dalam dunia sepakbola tetapi puisi tidak membuat klub memenangi banyak  gelar juara. Kami tahu di mana kami lebih baik dibandingkan mereka dan kami mengeksploitasi kelemahan mereka. Ini memang akhir dari musim yang sulit, tetapi suatu musim yang sangat baik.”

Tentang rencana transfer pemain, Jose Mourinho seperti dikutip BBC mengatakan, “Ed Woodward sudah mengantungi daftar pemain yang saya inginkan sejak dua bulan lalu. Sekarang terserah dia dan para pemilik klub. Namun saya tidak ingin bicara tentang sepakbola dulu saat ini.”

Sementara itu The Telegraph menulis, Antoine Griezmann, pemain timnas Perancis yang kini bermain untuk klub Spanyol, Atletico Madrid, kemungkinan besar akan bergabung dengan Manchester United. Griezmann akan mengumumkan keputusannya dalam dua minggu-tiga minggu ke depan sebelum dia menikmati bulan madunya.

SUMBER: KOMPAS.ID, KAMIS 25 MEI 2017

 

 

Iklan