Robert Adhi Ksp

Verba volant, scripta manent (yang terucap akan hilang, yang tertulis tetap abadi)

Sekilas Robert Adhi Ksp


“Panggil Aku King”, biografi pebulutangkis Liem Swie King (2009)
“Banjir Kanal Timur Karya Anak Bangsa” (2010)
“Rahasia Sukses Pengusaha Properti” (2011)
Biografi “Johnny Widjaja, Cuplikan Kehidupan” (2014)
“Bur Maras, Keturunan ke-13 Raden Patah” (2015)
Biografi “Andy Noya Kisah Hidupku” (2016)
Biografi profesional “Tanto Kurniawan, Cash Flow is King” (2016)
Biografi profesional “Tony Wenas, Chief Entertainment Officer” (2017)
Biografi “Strela Senjaya, A Simple Woman with A Golden Heart” (2018)
Biografi “Sofjan Wanandi dan Tujuh Presiden” (2018)
“Sofjan Wanandi and the Seven Presidents” — edisi bahasa Inggris (2018)
Biografi profesional “The Inspiring Story, Sebuah Biografi Jonner Napitupulu” (2019)
Biografi profesional “AB Susanto, Sang Begawan Konsultasi Bisnis Keluarga” (2020)
Biografi profesional “Marwanto Harjowiryono, Maestro Simfoni Perbendaharaan” (2020)
Biografi profesional “MR Karliansyah, 30 Tahun Menekuni Pengendalian Pencemaran” (2021)
Biografi “Semangat Baja Ibnu Susanto” (2021)
Biografi “Semangat Baja Ibnu Susanto” edisi bahasa Inggris (2022)

Robert Adhi Ksp

penikmat musik-buku-film-kuliner-sejarah | penulis 15 buku | pencinta laut-gunung-matahari | pelancong | pehobi renang-lari | pendukung Manchester United

Dari 15 buku yang kutulis, tiga belas di antaranya bergenre biografi. Silakan klik tautan ini.

Aku meyakini pepatah yang menyebutkan, isi buku dapat mengubah seseorang. “Books don’t change people; paragraphs do, sometimes even sentences,” kata John Pipe, teolog asal Amerika.

Aku lebih suka menulis buku-buku yang inspiratif, bukan yang merusak atau menghancurkan. Salah satu mediumnya adalah buku biografi, yang lebih banyak memberi inspirasi bagi para pembacanya. Words are powerful. They can create or they can destroy. So choose your words wisely.

Karena kata-kata sangat powerful, aku memilih menulis kata-kata yang baik, yang inspiratif, yang bermanfaat bagi banyak orang. “Words have a magical power. They can either bring the greatest happiness or the deepest despair,” kata psikoanalis Sigmund Freud.

Seperti kata pepatah Latin, Verba volant, scripta manent (yang terucap akan hilang, yang tertulis tetap abadi), buku adalah catatan sejarah yang akan tetap abadi sampai kapan pun.

Without words, without writing, without books, there would be no history, there could be no concept of humanity,”  demikian Oliver Goldsmith.

Lima belas buku Robert Adhi Ksp adalah sbb:

15. Semangat Baja Ibnu Susanto, Penerbit Buku Kompas, 2021

Resensi buku “Semangat Baja Ibnu Susanto” di Koran Sindo, 11 Desember 2021 oleh Handoko Widagdo

HUT ke-80 Ibnu Susanto

Yang berminat membaca buku “Semangat Baja Ibnu Susanto” melalui paket Gramedia Digital, klik di sini

14. “M.R. Karliansyah, 30 Tahun Menekuni Pengendalian Pencemaran Dari Amdal hingga Pemulihan Lingkungan”, Ditjen PPKL Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, 2021

Tonton juga: Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar tentang M.R. Karliansyah dan Komentar Karliansyah tentang Buku Ini

13. “Marwanto Harjowiryono, Maestro Simfoni Perbendaharaan – Pengawal ‘Die-Hard’ APBN, Pendobrak Reformasi Birokrasi”, Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan – Kementerian Keuangan RI, 2020

Tonton: Bedah Buku Biografi Profesional “Marwanto Harjowiryono, Maestro Simfoni Perbendaharaan” di Gedung BPPK Kemenkeu

O ya, buku “Marwanto Harjowiryono, Maestro Simfoni Perbendaharaan” versi e-book bisa diakses secara gratis di tautan ini

12. AB Susanto, Sang Begawan Konsultan Bisnis Keluarga, Penerbit Buku Kompas, 2020

11. Jonner Napitupulu – The Inspiring Story , Gramedia Pustaka Utama, 2019

Buku “Jonner Napitupulu” karya Robert Adhi Ksp bisa juga dipesan lewat Amazon.com dan lewat Google ebooks

10. “Sofjan Wanandi dan Tujuh Presiden”, Penerbit Buku Kompas, 2018

Baca ulasannya:

09. “Strela Senjaya – A Simple Woman with A Golden Heart”, Gramedia Pustaka Utama, 2018

Yang ingin membaca melalui Gramedia Digital, silakan klik ini

Buku ini juga bisa dipinjam di Perpustakaan Nasional RI, dan bisa dipinjam di Pusat Informasi Kompas, juga bisa membacanya di e-books library ini.

08. “Tony Wenas – Chief Entertainment Officer”, Gramedia Pustaka Utama, 2017

Buku “Tony Wenas, Chief Entertainment Officer” ini dapat dipinjam di Perpustakaan Nasional RI , masuk dalam katalog National Library of Australia, dapat pula dipesan di Amazon.com

Baca juga:

07. “Tanto Kurniawan: Cash Flow is King, Bhuana Ilmu Populer, 2016

Tanto Kurniawan tentang buku ini

Buku “Tanto Kurniawan – Cash Flow is King” bisa juga dipesan lewat Amazon.com.

06. “Andy Noya: Kisah Hidupku”, Penerbit Buku Kompas, 2016

Sampai Desember 2021, buku ini sudah dicetak ulang ke-25

Baca juga: Buku Andy Noya Dicetak Ulang Sebelum Diluncurkan

05. “Bur Maras, Keturunan ke-13 Raden Patah“, Bhuana Ilmu Populer, 2015.

Buku ini dapat dipinjam di Perpustakaan Nasional RI

Baca juga: Bur Maras, Keturunan ke-13 Raden Patah

04. “Johnny Widjaja: Cuplikan Kehidupan”, Sintesa Publisher, 2014.

Baca juga: Rahasia Umur Panjang dan Hidup Bahagia Johnny Widjaja

Buku “Johnny Widjaja, Cuplikan Kehidupan” dapat juga diakses di Apple Books

03. Rahasia Sukses Pengusaha Properti, Bhuana Ilmu Populer, 2011

02. “Banjir Kanal Timur Karya Anak Bangsa”, Penerbit Grasindo, 2010

Buku ini tersimpan di Perpustakaan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Baca:

01.Panggil Aku King, Penerbit Buku Kompas, 2009

Baca juga:

Selain 15 buku di atas, aku menulis bersama sejumlah penulis lainnya dalam buku “Kami Jokowi” (Gramedia Pustaka Utama, 2017) dan “Kemanusiaan pada Masa Wabah Corona” (Balai Pustaka, 2020). Aku berperan sebagai editor buku “Abdul Gafur, Zamrud Halmahera” (Pustaka Sinar Harapan, 2018), dan “Meretas Konsep Ekonomi Berbagi” (oleh Harris Turino, diterbitkan KesumaputraKreatif, Juni 2016).

Sebagai terima kasihku dan dedikasiku kepada alumni dan almamater, aku membagi waktuku dengan menjadi editor buku “40 Tahun Alumni Fikom Unpad Angkatan 1982 – Kumpulan Tulisan Ilmiah Populer dan Kenangan” (2022). Buku ini dimasukkan dalam perpustakaan digital di antaranya oleh LSPR Communication and Business Institute Library. dan juga dibagikan ke perpustakaan berbagai institusi pendidikan.

O ya, sebagian besar buku yang ditulis Robert Adhi Ksp bisa dipinjam di Perpustakaan Nasional RI , dan di Perpustakaan Sekretariat Negara Republik Indonesia, juga masuk katalog National Library of Australia . Salah satu “kebahagiaan” seorang penulis jika buku yang ditulisnya dibaca banyak orang dan bermanfaat untuk orang lain, tidak hanya bagi subyek yang ditulis. (Terima kasih kepada perpustakaan-perpustakaan di mana saja berada yang telah mengoleksi buku-buku yang saya tulis).

Jika ingin memiliki dan membeli buku-buku tersebut versi digital, Anda bisa membelinya lewat Gramedia Digital dan gerai KompasID.

Tentu saja sebagian besar buku-buku Robert Adhi Ksp bisa dipesan melalui toko daring Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, JD.id, Bhinneka.com, Mizanstore.com, dan lainnya. Btw, jangan pesan buku bajakan yaaa.

Bedah buku “Marwanto Harjowiryono, Maestro Simfoni Perbendaharaan” secara “hybrid”, 19 Oktober 2021, di Gedung BPPK Kementerian Keuangan, dihadiri Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dan Kepala BPPK Kemenkeu Andin Hadiyanto (daring), Marwanto Harjowiryono, Robert Adhi Ksp (penulis).
Bedah buku “Marwanto Harjowiryono, Maestro Simfoni Perbendaharaan” di Gedung BPPK Kementerian Keuangan RI, 19 Oktober 2021.
Bedah buku “M.R. Karliansyah, 30 Tahun Menekuni Pengendalian Pencemaran, Dari Amdal sampai Pemulihan Lingkungan” secara “hybrid”, 30 Maret 2021, di Hotel Sultan Jakarta, dihadiri Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ibu Siti Nurbaya Bakar.
Peluncuran dan bedah buku “The Inspiring Story, Sebuah Biografi Jonner Napitupulu” di Hotel JW Marriott Jakarta, 9 Agustus 2019; dihadiri pengusaha Jonner Napitupulu dan penulis Robert Adhi Ksp.
Bedah Buku “Sofjan Wanandi dan Tujuh Presiden” di Jakarta Selatan, 23 Mei 2018, dihadiri Wakil Presiden (waktu itu) M. Jusuf Kalla dan para sahabat-kolega Sofjan Wanandi; serta Robert Adhi Ksp (sebagai penulis buku).
Peluncuran buku “Sofjan Wanandi dan Tujuh Presiden” di Hotel JS Luwansa Jakarta Selatan, 5 Mei 2018; dihadiri Wakil Presiden (waktu itu) M. Jusuf Kalla; kolega dan sahabat Sofjan Wanandi; serta Robert Adhi Ksp (sebagai penulis buku).
Peluncuran buku dan bedah buku “Tony Wenas, Chief Entertainment Officer” di Hotel Sultan Jakarta, 8 April 2017. Dari kiri: Tony Wenas, Robert Adhi Ksp (penulis), Lilo KLA (MC). Foto oleh Marsekal Purn Chappy Hakim.
Peluncuran dan bedah buku “Andy Noya: Kisah Hidupku” dalam acara Kick Andy Show di Stasiun Metro TV, Juli 2015, dihadiri Andy Noya, Sarah Sechan (MC), Robert Adhi Ksp (penulis).
Peluncuran biografi pengusaha “Johnny Widjaja, Cuplikan Kehidupan” di kediamannya di Jakarta Selatan, 30 Maret 2014; dihadiri dua putrinya, Shinta Widjaja Kamdani dan Paquita Widjaja, istrinya Martina Widjaja, menantu, cucu-cucu, para undangan di antaranya Ginandjar Kartasasmita, para sahabat lama Johnny Widjaja, serta Robert Adhi Ksp (sebagai penulis).
Peluncuran buku “Banjir Kanal Timur Karya Anak Bangsa” di Gedung Kementerian Pekerjaan Umum, 2010, dihadiri Wakil Menteri PU Hermanto Dardak, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane Pitoyo Subandrio, Robert Adhi Ksp (penulis).
Peluncuran dan Bedah Buku “Panggil Aku King”, 19 Juni 2009 di Gedung Eka Tjipta/Sinar Mas Jakarta, dihadiri Liem Swie King, Rudy Hartono, Tahir Djide, Jimmy S Harianto, Andy F Noya (moderator), Robert Adhi Ksp (penulis).
%d blogger menyukai ini: