ROBERT ADHI KSP

Manchester United akan bertandang ke kandang West Ham United di Stadion London, Minggu (6/12/2020) dinihari WIB. The Red Devils mengincar kemenangan tandang kesembilan berturut-turut di Liga Premier. Jika menang atas West Ham, Manchester United akan masuk empat besar Liga Premier. 

Pertandingan ini akan menjadi laga tandang ke-25 Manchester United vs West Ham selama era Liga Premier dan kunjungan kelima MU ke Stadion London — sejak menggantikan Upton Park sebagai kandang baru The Hammers pada 2016. Meskipun ManUnited memenangkan sembilan pertandingan dan West Ham lima kali menang, namun The Red Devils belum meraih tiga poin di East London sejak musim 2016/2017. 

The Red Devils saat ini berada di posisi ke-9 klasemen sementara, terpaut tiga poin dari Chelsea yang berada di posisi ke-3. Namun Chelsea sudah bermain 10 kali, sedangkan MU baru 9 kali bertanding; dan terpaut lima poin dari Tottenham Hotspur (10 kali bertanding) yang menjadi pemimpin klasemen sementara.  

Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer mengakui striker utama Marcus Rashford sempat mengalami cedera bahu dalam pertandingan vs PSG di Old Trafford pertengahan pekan ini. Meski demikian, Rashford ikut berlatih di Aon Training Complex bersama anggota tim lainnya. “Marcus sudah berlatih pagi ini tetapi belum sepenuhnya dapat bergabung dengan grup. Dia masih menjalani perawatan setelah latihan,” ungkap Solskjaer kepada wartawan, Jumat lalu.

Sumber: YouTube Manchester United

Salah satu pemain yang tidak ikut dalam perjalanan ke London Timur adalah Luke Shaw. Bek kiri MU ini sudah absen dalam empat pertandingan sejak jeda internasional akibat cedera hamstring.  Meskipun Shaw sudah kembali berlatih tetapi kondisinya belum fit untuk bermain dalam pertandingan. “Luke belum siap,” kata Solskjaer. Adapun Phil Jones belum dapat bergabung pasca operasi lutut sampai setelah Natal nanti. 

Ole mempunyai banyak pilihan pemain untuk dipasang di lini tengah seperti Fred dan Scott McTominay. Namun setelah Fred diganjar kartu merah dan tidak dapat bermain saat MU bertandang ke kandang Leipzig di Liga Champions pertengahan pekan depan, Ole mungkin mengistirahatkan McTominay sementara, dan memberi kesempatan kepada Donny van de Beek dan Paul Pogba tampil.  Nemanja Matic siap dimainkan. Adapun Axel Tuanzebe dapat menjadi pilihan setelah absen dalam laga vs PSG lalu akibat skorsing. 

Ditanya tentang konsistensinya di Liga Premier dan Liga Champions, Solskjaer menjelaskan, “Sepakbola adalah permainan dengan manusia dan mereka menjalani hidup mereka sendiri. Kami telah berhadapan dengan beberapa tim yang fantastis. Coba mundur ke 30 pertandingan atau 40 pertandingan sebelumnya. Menurut saya, MU adalah salah satu tim yang paling konsisten dari segi performa di Liga Premier. Tentu saja Anda kecewa saat kalah dari satu pertandingan. Saya pikir MU bermain sangat baik saat menjamu PSG dibandingkan ketika bermain vs West Brom misalnya. Kami menang saat melawan West Brom tetapi tidak mendapatkan tiga poin saat berhadapan dengan PSG. Saya berpendapat MU semakin konsisten.” 

Ole Gunnar Solskjaer yakin MU akan mampu melanjutkan tren positif dengan meraih kemenangan tandang. “Sejauh ini, kami telah menunjukkan konsistensi yang luar biasa dalam laga tandang pada musim ini,” katanya.  

Sumber: YouTube Manchester United

West Ham di Bawah David Moyes

West Ham United yang saat ini diasuh mantan bos Manchester United, David Moyes, berada di posisi ke-5 klasemen sementara (dari 10 kali berlaga) setelah mengalahkan Aston Villa, Sheffield United, dan Fulham dalam tiga laga terakhir mereka.  

David Moyes bertugas di West Ham sejak Desember 2019 dan mengantarkan The Hammers di tempat aman. Moyes berada di “kursi panas” Manchester United antara Juli 2013 dan April 2014. Saat itu MU meraih Piala Community Shield FA, mencapai semi final Piala Liga, dan menggapai perempat final Liga Champions UEFA. 

Sekitar 2.000 pendukung The Hammers akan hadir untuk kali pertama di Stadion London setelah sembilan bulan dilarang akibat pandemi Covid-19. West Ham adalah satu dari 10 klub Liga Premier yang diizinkan ditonton penggemar. Pertandingan terakhir Liga Premier yang dihadiri suporter adalah antara Leicester City vs Aston Villa pada 9 Maret 2020. 

Penampilan West Ham pada awal musim ini didukung Jarrod Bowen, mantan pemain sayap Hull, yang sudah mencetak empat gol dalam 10 penampilannya. Kecepatan berlarinya menjadi bagian penting The Hammers.  Declan Rice, titik tumpu lini tengah, juga pemain kunci West Ham. 

Michail Antonio bakal absen karena mengalami cedera hamstring. Sedangkan Andriy Yarmolenko asal Ukraina yang dinyatakan positif terpapar Covid-19 belum diketahui apakah akan diturunkan. “Andriy mulai pulih dan mulai berlatih tetapi belum dipastikan apakah dia bisa bermain,” kata Moyes. 

Wasit pertandingan ini adalah Andre Marriner, dibantu asisten Simon Long dan Eddie Smart, serta ofisial keempat Andy Madley. Adapun wasit VAR Lee Mason dengan asistennya Adrian Holmes. 

ROBERT ADHI KSP, pendukung sejati Manchester United. Diolah dari laman resmi Manchester United, YouTube Manchester United. Instagram Manchester United