Manchester United akan menghadapi lima pertandingan selama bulan November 2021, dua di antaranya di Liga Champions dan tiga lainnya di Liga Premier. Di Liga Champions, Manchester United akan bertandang ke kandang Atalanta dan Villareal, sementara di Liga Premier, MU akan menjamu Manchester City, dan bertandang ke kandang Watford dan Chelsea.

ROBERT ADHI KUSUMAPUTRA

Lima pertandingan Manchester United selama November 2021. Sumber: ManUtd.com

Pertandingan bulan November 2021 akan menjadi ujian sesungguhnya bagi manajer Ole Gunnar Solskjaer dan para pemain Manchester United. Dua pertandingan di Liga Champions, vs Atalanta (Rabu 3 November pukul 03.00 WIB) dan vs Villareal (Rabu 24 November pukul 00.45 WIB) menjadi pertandingan “hidup mati” bagi The Red Devils. 

Marcus Rashford. Sumber: ManUtd.com

Jika MU mampu meraih kemenangan dalam dua laga tandang ini, MU bakal mengoleksi 12 poin, lolos dari babak penyisihan Grup F dan menuju babak 16 besar Liga Champions. Artinya, MU akan lebih enteng menghadapi pertandingan terakhir vs Young Boys pada Kamis 9 Desember pukul 03.00 WIB. 

Manchester United saat ini pemuncak Grup F Liga Champions. Sumber: Champions League

Sebaliknya jika MU gagal meraih poin penuh dari dua pertandingan tandang Liga Champions, misalkan meraih dua poin dari hasil imbang, artinya MU  baru mengumpulkan 8 poin dan harus bekerja keras untuk meraih kemenangan pada laga terakhir saat menjamu Young Boys di Old Trafford. 

Dari tiga pertandingan sebelumnya di Liga Champions, MU  meraih 6 poin, hasil dua kali menang (2-1 vs Villareal dan vs 3-2 Atalanta), dan sekali kalah (1-2 vs Young Boys), dan berada di puncak klasemen Grup F.   

Klasemen Serie A Italia pekan ke-11. Sumber: BBC Sport

Sampai pekan ke-11 Serie A Italia, Atalanta berada di posisi ke-5, hasil 5 kali menang, 4 kali imbang, dan 2 kali kalah. Sedangkan Villareal, sampai pekan ke-11 La Liga, berada di posisi ke-13, hasil 2 kali menang, 6 kali imbang, dan 3 kali kalah. Adapun Young Boys, sampai pekan ke-11 Super League Swiss, berada di posisi ke-3, hasil 6 kali menang, 3 kali imbang, dan 2 kali kalah. Super League Swiss hanya diikuti 10 tim.  

Klasemen La Liga Spanyol pekan ke-11 dan ke-12. Sumber: BBC Sport

Partai “keras” di Liga Premier: vs Manchester City dan vs Chelsea

Dua dari tiga pertandingan MU di Liga Premier merupakan pertandingan “keras” karena The Devils harus menghadapi tim “papan atas” yaitu Manchester City dalam derbi Manchester di Old Trafford (Sabtu, 6 November pukul 22.00 WIB) dan Chelsea di London (Sabtu, 27 November pukul 22.00 WIB). Satu pertandingan lainnya di Liga Premier vs Watford (Sabtu 20 November pukul 22.00 WIB).

Jika konsisten bermain cantik seperti saat menang atas Spurs pada Sabtu 30 Oktober dengan memperketat pertahanan dan memadukan serangan, Manchester United akan mampu meraih poin penuh. 

Pertandingan pada November 2021 ini betul-betul ujian bagi Solskjaer dan tim asuhannya di tengah rumor akan diganti pelatih lain. Sebelumnya beredar rumor bahwa Solskjaer akan diganti Antonio Conte — menyusul kekalahan 0-5 dari Liverpool dan tiga pertandingan lainnya yang berakhir tanpa kemenangan. Jika MU tampil konsisten dan meraih poin penuh, masa depan Solskjaer di MU tampaknya bakal aman.

Klasemen pekan ke-10 Liga Premier. Sumber: BBC Sport

Sampai pekan ke-10, Manchester United mengoleksi 17 poin, hasil 5 kali menang, dua kali imbang, dan tiga kali kalah (vs Aston Villa, vs Leicester City, vs Liverpool) dan berada di posisi ke-5 klasemen Liga Premier. 

Adapun Manchester City sampai pekan ke-10 berada di posisi ke-3, mengoleksi 20 poin, hasil 6 kali menang, 2 kali imbang, dan 2 kali kalah. Selisih poin dengan MU “hanya” 3 poin. Adapun Chelsea yang saat ini di puncak klasemen, mengoleksi 25 poin, hasil 8 kali menang, 1 kali imbang, dan 1 kali kalah.

Mampukah Manchester United membuktikan dirinya sebagai tim yang masih berada di jalur juara Liga Premier dan Liga Champions musim ini?

ROBERT ADHI KUSUMAPUTRA, pendukung sejati Manchester United. Sumber grafis/tabel: BBC Sport dan ManUtd.com. Sumber foto: ManUtd.com