Manchester United lolos ke babak 16 besar Liga Champions setelah menang 2-0 (0-0) atas Villareal di Estadio de la Ceramica, Villareal, Spanyol, Rabu (24/11/2021) dinihari WIB. Gol Cristiano Ronaldo pada menit ke-78 dan gol Jadon Sancho pada pengujung babak kedua memastikan keunggulan The Red Devils. Ini kemenangan pertama MU di bawah manajer ad-interim Michael Carrick pasca-Ole Gunnar Solskjaer.  “Saya sangat menikmati hasil kemenangan ini dan hasil ini saya persembahkan untuk Ole (Gunnar Solskjaer),” kata Michael Carrick, manajer sementara MU.

ROBERT ADHI KUSUMAPUTRA

Tambahan tiga poin kemenangan ini membawa MU tetap di puncak klasemen Grup F Liga Champions dengan mengumpulkan 10 poin. Dalam pertandingan lain di Grup F, Young Boys bermain imbang 3-3 dengan Atalanta. Dalam pertandingan terakhir babak penyisihan Grup F, 9 Desember mendatang, MU akan menjamu Young Boys, sedangkan Atalanta akan menjamu Villareal. Klub Italia dan klub Spanyol ini akan bekerja keras untuk mendapatkan tiket ke babak 16 besar.

Pada laga perdana Liga Champions 14 September, Cristiano Ronaldo mencetak gol terlebih dahulu (13′), namun MU akhirnya kalah 1-2 dari klub Swiss, Young Boys, setelah permainan MU kacau-balau akibat Aaron Wan-Bissaka diganjar kartu merah. Namun dalam laga kedua, 30 September, MU menang 2-1 atas Villareal berkat gol Alex Telles (60′) dan Cristiano Ronaldo (90+5′). Pada laga ketiga, MU menang 3-2 atas Atalanta di Old Trafford lewat gol-gol Marcus Rahsford (53′), Harry Maguire (75′), dan Cristiano Ronaldo (81′). Adapun pada laga keempat, MU bermain imbang 2-2 vs Atalanta lewat dua gol Cristiano Ronaldo (45+1′) dan (90+1′).

Jadon Sancho mencetak gol kedua untuk Manchester United dalam pertandingan vs Villareal, Rabu (24/11/2021) dinihari WIB. Ini gol pertama Jadon Sancho sejak bergabung dengan MU pada awal musim ini. Sumber foto: Champions League

Cristiano Ronaldo menjaga rekornya dengan mencetak gol di setiap pertandingan babak penyisihan Liga Champions bersama MU pada musim ini. Cristiano menjadi pemain pertama klub Inggris yang selalu mencetak gol di lima pertandingan pertama di kompetisi Eropa dalam satu musim.  

Pencapaian Cristiano Ronaldo di Liga Champions. Sumber: Twitter Champions League

Gol tercipta setelah Cristiano melewati kiper Geronimo Rulli, menendang bola yang direbut Fred dari Etienne Capoue. Bola dengan mudah masuk ke gawang tanpa halangan. MU bermain sebagai satu kesatuan.  “Bola menuju ke Etienne Capoue, Fred menekan dan merebut bola. Cristiano berbalik dan dalam satu gerakan melewati kiper Villareal. Penyelesaian yang luar biasa, tetapi itu berasal dari struktur tekanan yang sangat bagus dari MU,” komentar Leon Osman, mantan gelandang Everton kepada BBC 5 Radio Live

“Selalu bahagia dapat bermain di Spanyol. Sungguh luar biasa dapat menang di Spanyol, puas dapat mencetak gol di Spanyol, negara di mana saya merasakan sesuatu yang istimewa. Selamat kepada kawan-kawan untuk kemenangan besar yang membawa kita ke tempat seharusnya. Kami adalah Manchester United dan kami tidak pernah menyerah demi klub ini. Ayo, Setan Merah,” ungkap Cristiano.

Cristiano Ronaldo dinobatkan sebagai Player of the Match dalam laga Villareal vs Manchester United, Rabu ()24/11/2021) dinihari WIB. Sumber foto: Champions League

Cristiano Ronaldo dinobatkan sebagai Player of the Match. “Kinerjanya dalam bertahan dan menyerang, antisipasi dan pergerakannya luar biasa sepanjang pertandingan. Cristiano mencetak gol pertama yang sangat penting dan terlibat dalam gol kedua MU,” kata Pengamat Teknis UEFA, Mixu Paatelainen seperti dikutip situs Champions League. 

Kinerja Cristiano Ronaldo dalam bertahan dan menyerang, antisipasi dan pergerakannya luar biasa sepanjang pertandingan. Cristiano mencetak gol pertama yang sangat penting dan terlibat dalam terciptanya gol kedua Manchester United.

MIXU PAATELAINEN, PENGAMAT TEKNIS UEFA TENTANG CRISTIANO RONALDO
Cristiano Ronaldo mencetak gol pertama Manchester United ke gawang Villareal, Rabu (24/11/2021) dinihari WIB. Kemenangan ini memastikan MU lolos ke babak 16 besar Liga Champions musim 2021/2022. Sumber foto: Champions League

Adapun Jadon Sancho yang diturunkan sejak awal, mencetak gol pertamanya sejak bergabung dengan MU pada awal musim ini setelah memanfaatkan asis Bruno Fernandes. Gol Sancho gol yang baik dalam serangan balik. Gol itu berawal ketika Fred menghentikan bola dan Marcus Rashford melepaskan diri dari sisi kiri. Bola ditendang Bruno Fernandes dan memberikannya kepada Sancho yang berdiri bebas. Setelah mengambil waktu sejenak, Sancho melepaskan tembakan tinggi di bawah mistar gawang. Gol indah Sancho menutup malam yang indah bagi MU dan Michael Carrick karena MU dipastikan lolos ke 16 besar. 

Jadon Sancho harus menunggu tiga bulan untuk dapat mencetak gol pertamanya sejak dia direkrut menjadi pemain MU pada awal musim ini. Sancho yang ditransfer dari Borussia Dortmund senilai 73 juta Poundsterling itu baru bisa tersenyum malam ini setelah mencetak gol penting bagi MU.

“Bangga dapat mencetak gol pertamaku untuk Manchester United dalam kompetisi terbaik di dunia sepakbola, Liga Champions. Usaha terbaik dari para pemain MU,” ungkap Sancho dalam akun Instagramnya.

Manchester United harus berterima kasih kepada kiper David De Gea yang dua kali menyelamatkan gawang MU dengan satu tangan dari gempuran para pemain Villareal. De Gea tampaknya ingin “menebus” kegagalannya melakukan tendangan penalti dalam final Liga Europa di Gdansk, Polandia, Mei 2021 silam. “Terjamin (lolos) ke babak berikutnya. Usaha keras tim,” ungkap David De Gea.

Manchester United hanya mencatat satu clean sheet dalam 15 pertandingan terakhir mereka di Liga Champions. Tapi MU lolos ke babak 16 besar. Sedangkan Villareal yang hanya kalah satu kali dari 8 pertandingan kandang sebelumnya pada musim ini (menang 4 kali, seri 3 kali), belum aman — tergantung hasil pertandingan terakhir klub Spanyol itu vs Atalanta. 

Klasemen sementara Grup F Liga Champions setelah 5 pertandingan.

Michael Carrick: Kemenangan Ini untuk Ole

Michael Carrick, manajer ad-interim yang memimpin MU untuk sementara pasca-pemberhentian Ole Gunnar Solskjaer, menikmati kemenangan MU atas Villareal. Dua gol MU ini merupakan kemenangan pertama MU di kandang Villareal setelah sebelumnya bermain tanpa gol dalam laga tandang.  “Kemenangan atas Villareal ini untuk Ole,” kata Carrick. 

Saya menikmati hasil kemenangan atas Villareal ini, dan hasil ini saya persembahkan untuk Ole (Gunnar Solskjaer).

MICHAEL CARRICK, MANAJER SEMENTARA MANCHESTER UNITED

Sebenarnya setelah Cristiano Ronaldo mencetak gol pada menit ke-78, posisi Manchester United sudah aman dan pasti lolos ke babak 16 besar. Gol Jadon Sancho di menit akhir pertandingan, menunjukkan keperkasaan MU atas Villareal. “Kami ke sini untuk meraih kemenangan,” kata Carrick kepada BT Sport. “Saya yakin kami akan menang. Saya yakin kami siap untuk itu,” ujarnya. 

Michael Carrick, manajer sementara Manchester United setelah Ole Gunnar Solskjaer diberhentikan sebagai manajer MU. Sumber foto: Champions League

“Ini memang bukan pertandingan yang mudah, ini pertandingan yang sulit. Tapi MU memiliki tim yang kompak, tim yang bagus,” ungkap Carrick yang memuji performa Fred, Cristiano Ronaldo, dan Jadon Sancho. “Saya tahu Jadon sangat brilian. Saya tahu betapa Jadon mencintai bola dengan kakinya dan berusaha segalanya terjadi,” sambungnya.

“Saya sangat menikmati hasil kemenangan ini dan hasil ini saya persembahkan untuk Ole (Gunnar Solskjaer),” kata Michael Carrick, yang sebelumnya menjadi asisten pelatih Ole Gunnar Solskjaer.  

Michael Carrick merupakan manajer asal Inggris pertama yang meraih kemenangan ketika menangani pertandingan pertama Manchester United sejak Walter Crickmer pada November 1931.

Ole Gunnar Solskjaer tetap menjadi legenda Manchester United meskipun dia diberhentikan sebagai manajer dan pelatih MU hari Minggu (21/11/2021) lalu menyusul kekalahan demi kekalahan dialami MU di Liga Premier musim ini. Sejumlah pendukung MU tetap menyanyikan namanya, “Ole, Ole, Ole” di kandang Villareal.

Tanpa Solskjaer, Carrick melakukan sejumlah perubahan dalam komposisi pemain, dengan menurunkan Donny Van de Beek dan Anthony Martial, dan membangkucadangkan Bruno Fernandes dan Marcus Rashford.

Dalam dua pertiga waktu pertandingan, Manchester United bermain disiplin defensif, sebelum bangkit pada babak kedua setelah Bruno Fernandes menggantikan Donny Van de Beek dan Marcus Rashford menggantikan Anthony Martial. 

Susunan pemain Villareal vs Manchester United. Sumber: Champions League

Kapten Manchester United Harry Maguire kepada BT Sport mengatakan, kemenangan MU atas Villareal sangat berarti setelah beberapa bulan terakhir performa MU kurang baik. “Kami membutuhkan kemenangan dan hasil ini untuk para penggemar. Kami tahu betapa sulitnya mereka beberapa pekan terakhir ini,” kata Maguire yang menambahkan, performa pemain di babak kedua sangat baik. “Kami merasa kami lebih mengendalikan permainan pada babak kedua. Kami pantas mendapatkan hasil ini berdasarkan peluang yang kami ciptakan menjelang akhir pertandingam,” sambungnya. 

Victor Lindelof, pemain belakang MU mengatakan, “Beberapa minggu ini merupakan hari-hari yang sangat sulit bagi kami. Selalu sulit ketika seorang pelatih harus pergi setelah beberapa hasil pertandingan buruk. tetapi kami senang kami datang ke sini dengan mentalitas untuk memenangkan pertandingan.” 

Sumber: Champions League

Leon Osman, mantan gelandang Everton kepada BBC Radio 5 Live mengatakan, “Sangat penting bagi MU untuk menang. Sangat penting bagi MU untuk menunjukkan mereka lapar dan punya keinginan kuat untuk mencetak gol. Mereka datang ke Spanyol dengan kurang percaya diri. Tetapi di lapangan, mereka tim yang percaya satu sama lain. Mereka memanfaatkan keberuntungan mereka di babak pertama, bertahan dan menyerang bersama.”

Paul Scholes, yang pernah dua kali bersama Manchester United meraih dua trofi Liga Champions berkomentar, “Saya pikir disiplin dan ketajaman tim ada di sana. Kami memenangkan banyak pertandingan dengan bermain seperti itu, dan saya pikir ini cara bermain Manchester United. MU perlu bermain dengan cara yang sama saat menghadapi Chelsea yang lebih tangguh pada akhir pekan nanti. Sistem dan cara bermain seperti ini mungkin yang dipegang Carrick.” 

Manchester United perlu bermain dengan cara yang sama saat menghadapi Chelsea yang lebih tangguh pada akhir pekan nanti. Sistem dan cara bermain seperti ini mungkin yang dipegang (Michael) Carrick.

PAUL SCHOLES, MANTAN GELANDANG MANCHESTER UNITED

Rio Ferdinand yang masuk dalam tim Manchester United saat meraih trofi Liga Champions 2008 mengatakan, “Di ruang ganti, MU berusaha meraih clean sheet. Mereka memiliki pemain untuk mencetak gol tetapi mereka butuh hasil clean sheet. Permainan ini tentang disiplin dan rencana. Ketika Anda memiliki pemain di depan, Anda punya peluang.” 

SUSUNAN PEMAIN: VILLAREAL: Rulli; Foyth, Albiol (c), Torres, Estupinan (Raba 79); Capoue, Parejo; Trigueros (A. Moreno 73), Moi Gomez (Dia 84), Danjuma; Pino (Chukwueze 73). PEMAIN CADANGAN TIDAK DITURUNKAN: Asenjo, Alvarez, Gaspar, Alcacer, Iborra, Pena, Mandi, Pedraza. KARTU KUNING: Pino.

MANCHESTER UNITED: De Gea; Wan-Bissaka, Lindelof, Maguire (c), Telles; Fred, McTominay; Sancho (Mata 93), van de Beek (Fernandes 66), Martial (Rashford 66); Ronaldo (Matic 91). PEMAIN CADANGAN TIDAK DITURUNKAN: Heaton, Henderson, Bailly, Dalot, Lingard, Amad. GOL: Ronaldo 78, Sancho 90. KARTU KUNING: Van de Beek.

ROBERT ADHI KUSUMAPUTRA, pendukung sejati Manchester United. Tulisan bersumber dari situs Champions League, situs Manchester United, Manchester Evening News, BBC Sport, Manchester Live, Instagram Manchester United & Champions League. Sumber foto dan tabel: Champions League. Blog ini bersifat informatif dan tidak dikomersialkan.

Hasil pertandingan Liga Champions, Rabu 24 November 2021 dinihari WIB