Bryan Adams, Penyanyi Rock Kanada Paling Sukses


Bryan Adams

ROBERT ADHI KSP

Bryan Adams adalah salah satu figur paling sukses dalam musik rock selama tiga dekade terakhir. Penyanyi asal Kanada yang memiliki suara serak dan berpenampilan energik itu selain dikenal sebagai penulis lagu, juga populer sebagai musisi, produser, aktor, aktivis sosial, dan fotografer.

Bryan Adams salah satu artis musik yang album-albumnya paling laris di dunia dan artis rock Kanada yang albumnya paling laris sepanjang masa. Album Bryan Adams terjual lebih dari 100 juta keping di seluruh dunia.

”Reckless”

Bryan Adams melesat menjadi superstar internasional setelah merilis album Reckless pada November 1984. Album keempat Adams itu dinilai sebagai salah satu album terbaik pada tahun 1980-an dan terjual lebih dari empat juta keping. Berkat album ini, Adams mendapatkan nomine Grammy pertamanya.

Album itu melesat ke puncak Billboard 200. Album ini menampilkan lagu-lagu ”Run to You”, ”Summer of ’69”, ”Heaven”, ”One Night Love Affair”, ”Somebody”, dan ”It’s Only Love” (duet bersama Tina Turner).

Semua singel dalam album itu masuk dalam Billboard 100, tetapi hanya ”Run to You”, ”Summer of ’69”, dan ”Heaven” yang masuk 10 besar. Lagu ”Heaven” menjadi singel paling sukses dari album Recklesspada masa itu, bertengger di tangga lagu Billboard Hot 100 dan di posisi ke-9 tangga lagu rock mainstream.

Lagu ”It’s Only Love” masuk nomine Grammy Award untuk kategori Best Rock Vocal Performance by a Duo or Group. Pada tahun 1986 lagu itu memenangi MTV Award untuk kategori Best Stage Performance.

Berkat album Reckless ini juga, Adams masuk nomine sebagai Best Male Rock Performance. Album itu merupakan album Adams paling laris di Amerika Serikat dan lima kali mendapat predikat sebagai album platinum.

Album Reckless juga merupakan album paling laris sepanjang masa di Kanada. Dia menerima Diamond Sales Award (setara dengan penghargaan platinum di Amerika Serikat) untuk kategori album, dan Adams merupakan artis Kanada yang pertama meraih penghargaan ini.

Pada 1987 Adams merilis Into the Fire, album yang membangkitkan kesadaran sosial.

”Soundtrack” Robin Hood

Pada 1991 Adams merilis album Waking Up the Neighbours termasuk singel ”(Everything I Do) I Do It For You”, yang menjadi singel paling laris sepanjang masa. Lagu ini terjual lebih dari empat juta keping di Amerika Serikat, menyusul kemudian singel kedua paling laris, yaitu ”We Are The World”.

Berkat lagu yang ditulis untuk film Robin Hood: Prince of Thieves (1991), Adams mendapatkan nomine Academy Award pertama dan nomine Golden Globe.

Album Waking Up the Neighbours memberinya enam nomine Grammy (rekor bagi artis Kanada). Adams memenangi salah satu di antaranya, yaitu lagu ”Everything I Do I Do It For You” untuk kategori Best Song Written khususnya untuk film layar lebar atau televisi.

Pada tahun 1993 Adams berkolaborasi dengan Rod Stewart dan Sting, membawakan singel ”All For Love” yang ditulis untuk soundtrack film Three Musketeers. Lagu ini langsung melesat ke puncak tangga lagu di beberapa negara.

Pada tahun yang sama Adams merilis album greatest hits bertajuk ”So Far So Good”, dan salah satu lagunya, ”Please Forgive Me”, mencapai sukses ke puncak tangga lagu.

Pada tahun 1995 Adams merilis singel ”Have You Ever Really Loved a Woman?”, soundtrack film Don Juan Demarco (1994), yang menempati posisi ke-4 lagu-lagu hits dan nomine kedua Academy Award.

Pada Juni 1996 Adams merilis album 18 Til I Die yang di antaranya memuat dua lagu, yakni ”The Only Thing That Looks Good on Me” dan ”Let’s Make a Night to Remember”, yang masuk dalam 10 besar tangga lagu di Inggris Raya, juga di beberapa negara lain di Eropa dan Australia. Album ini juga berada di posisi ke-21 Billboard 200 di Amerika Serikat dan bertahan selama tiga pekan.

Berkat album 18 Til I Die, Adams mendapat dua nomine Grammy.

Tahun berikutnya, ia menulis singel ”I Finally Found Someone” dan menyanyikannya bersama Barbra Streisand untuk filmnya yang berjudul The Movie Has Two Faces (1996). Lagu ”I Finally Found Someone” masuk dalam daftar 10 besar dan memenangi nomine Academy Award ketiga Adams.

Pada Desember 1997 Adams merilis album MTV Unplugged dengan tiga singel baru, yaitu ”Back to You”, ”A Little Love”, dan ”When You Love Someone”. Album ini masuk 10 besar di Jerman dan 20 besar di Inggris Raya.

Adams merilis album lainnya, On a Day Like Today, pada 1998 dan lagu film animasi Spirit: Stallion of the Cimarron (2002) yang membawanya meraih nomine Golden Globe keduanya untuk kategori Best Song.

Menyambut milenium baru, Adams merilis album The Best of Me, kumpulan lagunya yang populer pada masa itu, termasuk dua lagu baru, yaitu ”The Best of Me” dan ”Don’t Give Up” (yang sukses di puncak tangga lagu Inggris). Album ini mendapat sambutan luar biasa di Jerman dan masuk 10 besar, tiga kali meraih predikat platinum di Kanada dan satu kali di Inggris.

Banjir penghargaan

Sukses menjadi penyanyi rock dan pop Kanada, Bryan Adams mendapatkan banyak penghargaan. Di negara kelahirannya, Adams menerima penghargaan Member of the Order of Canada pada 20 April 1998 dan Officer of the Order of Canada pada 6 Mei 1998 atas pengabdiannya di dunia musik.

Adams juga menerima predikat bintang Canada’s Walk of Fame di Toronto, Ontario, Kanada, tahun 1998, dan menerima predikat bintang dalam Hollywood Walk of Fame pada 21 Maret 2011.

Lagunya, ”(Everything I Do) I Do It for You” diterjemahkan dalam bahasa Spanyol pada tahun 1992. Adapun lagu ”Here I Am” direkam dalam bahasa Perancis pada tahun 2007.

Atas kontribusinya di musik, Adams mengantongi banyak penghargaan dan nomine, termasuk 20 Juno Award, penghargaan musik Kanada (dari 56 nomine), dan 15 nomine Grammy Award termasuk salah satunya memenangi Best Song Written Specifically for a Motion Picture or Television pada tahun 1992.

Adams juga memenangi penghargaan MTV, American Society of Composers Authors and Publishers American Music (ASCAP), dua Ivor Novello Award (penghargaan bagi penulis/komposer lagu) untuk komposisi lagu, lima kali mendapatkan nomine Golden Globe Awards, dan tiga kali nomine Academy Awards untuk penulisan lagu dalam film.

Adams menerima penghargaan Order of Canada dan Order of British Columbia atas kontribusinya di musik populer dan karya filantropisnya melalui yayasan miliknya, yang membantu meningkatkan pendidikan bagi banyak orang di seluruh dunia.

Pada tahun 2008 Adams berada dalam ranking ke-38 daftar artis top sepanjang masa dalam Billboard Hot 100 50th Anniversary Charts.

Bryan Adams juga menerima Allan Waters Humanitarian Award atas kontribusinya dalam konser-konser amal, pada 13 Januari 2010.

Pencuci piring

Bryan Guy Adams lahir di Kingston, Ontario, Kanada, pada 5 November 1959. Kedua orangtuanya berkebangsaan Inggris, yaitu Capt Conrad J Adams dan Elizabeth Jane Addams, yang berimigrasi dari Inggris ke Kanada pada tahun 1950-an.

Ayah Adams adalah tentara Kanada, yang menghabiskan waktunya sebagai pengamat perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa, lalu membawanya menjadi diplomat di Portugal dan Vienna, Austria, pada tahun 1960-an dan di Israel pada awal 1970-an. Adams memiliki saudara kandung, yaitu Bruce.

Pada usia 14 tahun, Adams bekerja sebagai pencuci piring yang menabung gajinya untuk membeli sebuah gitar. Adams mulai mengikuti audisi sebagai gitaris. Ia kemudian bermain bersama sejumlah band, di antaranya Shock dan Sweeney Todd, yang pada tahun 1976 merilis ”If Wishes Were Horses”. Waktu itu Adams berusia 15 tahun dan tampil sebagai penyanyi.

Adams keluar dari sekolah dan bermain musik di klub-klub malam. Setelah itu ia tinggal di Vancouver, bekerja sebagai penyanyi latar dan bekerja untuk pemain keyboard Robbie King, yang memberi gaji pertama untuk penampilannya.

Pada tahun 1978, di usianya yang ke-18, Adams bertemu Jim Vallance, mantan penabuh drum dan penulis lagu untuk band rock yang bermarkas di Vancouver. Mereka sepakat bertemu di studio Vallance beberapa hari kemudian. Pertemuan itu merupakan awal kerja sama mereka dan masih berlangsung hingga kini.

Popularitas musisi Bryan Adams naik ketika pada 1983 ia merilis album ketiganya, Cuts Like a Knife. Album itu membuat Adams sangat populer di Amerika Serikat. Sejak itu, Bryan Adams makin populer dan melahirkan banyak album lainnnya hingga sekarang.

SUMBER: DIMANA DIA SEKARANG, KOMPAS SIANG DIGITAL EPAPER, SABTU 18 OKTOBER 2014

Iklan

One thought on “Bryan Adams, Penyanyi Rock Kanada Paling Sukses”

  1. Companies that offer SEO services sometimes offer other valuable services
    which will be able to assist you to make your website a success.
    For instance, you maymanage to hire an SEO service to create and maintain a PPC advertising campaign or a social media
    marketing campaign for you.These professionals usually have lots of experience in these issues and can therefore make sure that these efforts and
    more are executed perfectly.

    Suka

Komentar ditutup.