Pekan Raya Indonesia Bakal Gerakkan Ekonomi


ROBERT ADHI KUSUMAPUTRA

Pekan Raya Indonesia atau PRI, pameran multiproduk berskala besar, akan digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten, 20 Oktober-10 November 2016 mendatang. Pameran yang mengintegrasikan konsep belanja, hiburan, rekreasi, edukasi, serta menggabungkan beragam produk nasional dan internasional ini merupakan yang pertama di Indonesia.

20160125ksp ICE-1.jpg
Indonesia Convention Exhibition (ICE) berlokasi di kawasan BSD City, Tangerang, Banten

Menurut Ketua Umum Pekan Raya Indonesia Irwan Oetama, kegiatan PRI akan meningkatkan pendapatan daerah. Dia berharap PRI memberi banyak manfaat bagi banyak orang, menghasilkan efek domino yang positif, yang mampu menggerakkan dan menggairahkan perekonomian Indonesia. Pekan Raya Indonesia, kata Ketua Harian PRI E Ernawan, berusaha mendorong tumbuhnya perekonomian nasional melalui industri MICE (meeting, incentive, convention, and exhibition) di Indonesia.

PRI akan diselenggarakan di gedung konvensi dan ekshibisi terbesar dan terluas di Asia Tenggara, yaitu Indonesia Convention and Exhibition di BSD City, Tangerang, Banten, yang baru saja meraih penghargaan “Best Exhibition Hall 2015” dalam The 8th MICE Award 2015 lalu. “Kami bangga Indonesia Convention Exhibition menjadi tempat penyelenggaraan Pekan Raya Indonesia,” kata Marketing Manager ICE Gabrielle Angriani.

 

Direktur Indonesia Convention Exhibition Teddy Surianto yakin ICE yang memiliki tempat luas dan sarana lengkap adalah satu-satunya tempat yang tepat untuk pameran berskala besar seperti PRI.

Sejak dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo tahun 2015 lalu, Indonesia Convention Exhibition telah menggelar berbagai pameran dan konser musik. Di antaranya konser musik penyanyi Michael Buble, Katy Perry, Super Junior, Big Bang, Afgan dan Raisa, penampilan teater Koma, sampai pameran otomotif Gaikindo International Auto Show. Tahun 2016 ini, selain menjadi tempat bagi Pekan Raya Indonesia, ICE juga akan menjadi tempat konser grup band dan musisi internasional, di antaranya Super Junior Kry dan EXO (Korea Selatan), 5 Second GF Summer (Australia), pameran IndoBuildtech, Gaikindo International Auto Show, Jakarta Kids Fair, dan lebih dari 100 acara berskala nasional dan internasional.

Multiproduk

Presiden Direktur Mahayana Indonesia Convex Hyang I Mihardja mengungkapkan, PRI akan menghadirkan beragam gerai, mulai dari pariwisata internasional dan ragam budaya, usaha kecil dan menengah serta industri kreatif, gerai mainan dan seputar anak-anak, gerai busana dan gaya hidup, gerai barang-barang konsumer, furnitur, multiproduk, gadget dan teknologi informasi, hingga gerai otomotif (motor dan mobil). Semuanya ditampilkan dihall 1 sampai hall 10 ICE BSD. Adapun di ruang publik, pengunjung dapat menikmati panggung hiburan dan aneka kulinerdi food court dan food trucks.

Aneka hiburan, pertunjukan musik dari berbagai penyanyi top dan grup band ternama di Indonesia di panggung utama, akan memeriahkan PRI. Demikian juga pergelaran budaya serta pertunjukan musik alternatif (band indie atau grup band lokal), street performance, fashion show dan berbagai lomba, merupakan bagian dari PRI.

Penyelenggara PRI juga menghadirkan berbagai atraksi edukatif untuk anak-anak. Ini berarti PRI dapat dinikmati pengunjung semua umur, dari anak-anak, orang dewasa, sampai orang lanjut usia. Ragam kuliner dari sejumlah daerah di Indonesia dapat dinikmati para pengunjung. Penyelenggara menargetkan, selama 18 hari PRI, jumlah pengunjung yang datang mencapai satu juta orang.

Lokasi penyelenggaraan di BSD City, Tangerang, Banten, dapat dijangkau dengan mudah melalui dua jalan tol, yaitu Jalan Tol JORR Pondok Indah-Bintaro-BSD dan Jalan Tol Kebon Jeruk-Serpong. Jalan tol JORR W 2 Ulujami-Serpong juga mempercepat akses ke ICE.

Lokasi ICE juga dapat dijangkau dengan KRL Commuter Line (rute Tanah Abang-Serpong, berhenti di Stasiun Rawabuntu) dan bus shuttle BSD City ke berbagai jurusan. Selain itu, penyelenggara PRI juga menyediakan bus shuttledi 23 pusat perbelanjaan di Jakarta dan Tangerang serta di Stasiun Rawabuntu, BSD, Tangerang Selatan.

Parkir dan penginapan

Bagaimana dengan parkir? Direktur Sinarmas Land Ishak Chandra menjamin pihaknya akan menyediakan lokasi parkir di berbagai kantong parkir di kawasan BSD. “Kami pastikan Anda mendapat tempat parkir yang nyaman dan aman,” katanya.

Di kawasan ICE BSD juga terdapat Hotel Santika Premiere, hotel berbintang empat milik Kompas Gramedia. Menurut General Manager Hotel Santika Premier Braddy A Tamba, hotel itu memiliki 285 kamar dan lokasinya di samping ICE.

20150728ksp6 ICE.jpg
Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City

Catatan Kompas menunjukkan, selain Hotel Santika Premiere ICE BSD City, di kawasan Serpong juga terdapat sejumlah hotel, di antaranya Hotel Atria, Hotel Fame dan Hotel Ara, ketiganya di kawasan Paramount Serpong, dan Hotel Ibis Gading Serpong. Lalu Hotel Mercure di Alam Sutera, Hotel Sol Marbella dan Hotel Fiducia di Jalan Raya Serpong, Hotel Santika di Teras Kota BSD, Hotel Grand Zuri BSD, Hotel Pop BSD, serta Hotel Pranaya Suites dan Hotel Venesia di samping Teras Kota BSD. Di kawasan Cikokol, Kota Tangerang, terdapat Hotel Novotel dan Hotel Amaris. Adapun di kawasan Bintaro, ada Hotel Santika Premiere Bintaro dan Hotel Citradream. Hotel-hotel ini mampu menyerap para peserta dan pengunjung PRI dari luar kota dan luar negeri.

PRI memang masih sembilan bulan lagi. Penyelenggaraan PRI yang dipersiapkan dengan matang diyakini akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan menggerakkan ekonomi kreatif.

SUMBER: KOMPASPRINT.COM, SENIN 25 JANUARI 2015

 

Iklan