Josh Groban, “You Raise Me Up”


Josh Groban

ROBERT ADHI KSP

NAMA Josh Groban identik dengan lagu ”You Raise Me Up” yang ia nyanyikan dalam album ”Closer” (2003). Penyanyi, penulis lagu, aktor, dan produser rekaman asal Amerika Serikat ini dinobatkan sebagai artis paling laris nomor satu di Amerika Serikat pada 2007 setelah album rekamannya terjual lebih dari 22,3 juta keping di negeri itu. Selain itu, lebih dari 25 juta keping albumnya juga terjual di seluruh dunia.

“You Raise Me Up memiliki pesan universal bagi banyak orang, dan orang senang mendengarkannya. Setiap saat Anda melihat reaksi penonton, setiap kali Anda menyanyikannya lagi. Alangkah beruntungnya memiliki lagu seperti itu,” kata Groban suatu hari.

Joshua Winslow ”Josh” Groban lahir pada 27 Februari 1981 di Los Angeles, California, dari pasangan Lindy, seorang guru sekolah, dan Jack Groban, seorang pengusaha keturunan Yahudi Polandia dan imigran Rusia. Ibu Groban keturunan Inggris, Jerman, dan Norwegia. Adik Groban, Chris, lahir ketika Groban merayakan ulang tahun ke-4.

Groban pada awalnya belajar akting. Namun, dia pindah menjadi penyanyi untuk mengembangkan suaranya.

”Saya bernyanyi dalam kehidupan saya. Orangtua mengajak saya bernyanyi di seputar rumah ketika saya masih muda. Saya bukan dari keluarga showbiz. Menyanyi hanya sesuatu yang saya lakukan dan saya nikmati,” ungkap Groban suatu hari.

Groban menyanyi di depan publik untuk kali pertama ketika di kelas VII. Guru musiknya memilih Groban untuk menyanyikan lagu pada malam kabaret sekolah.

Saat itu, Groban lebih fokus pada akting. Pada musim panas 1997 dan 1998, dia juga belajar di Interlochen Center for the Arts Camp di Michigan, mendalami teater musik dan mulai belajar vokal.

Dia mendalami teater di Los Angeles County High School for the Arts dan lulus pada 1999. Dia memerankan Tevye dalam Fiddler on the Roof di sekolah itu.

”Ketika saya masuk ke grade tujuh atau delapan, saya menjadi bagian dari program teater. Saya melanjutkan pendidikan ke LA County High School for the Arts dan saya banyak bernyanyi di sana,” ungkapnya.

Groban melanjutkan pendidikan di Carnegie Mellon University, mendalami seni drama. Namun, empat bulan setelah masuk semester pertama dia meninggalkan kuliah itu setelah mendapat tawaran kontrak rekaman dan memutuskan berkarier di dunia tarik suara.

Bertemu David Foster

Pada akhir 1998, Groban yang berusia 17 tahun diperkenalkan oleh pelatih vokalnya, Seth Riggs, kepada produser peraih Grammy dan penggubah lagu, David Foster, yang juga sahabatnya serta kepada manajer masa depannya, Brian Avnet.

Riggs membawa rekaman suara Groban ”All I Ask of You” dari The Phantom of the Opera kepada David Foster. Pada waktu itu, Groban belum memiliki pengalaman rekaman dan sedang mempersiapkan belajar seni drama di Carnegie Mellon University.

”Saya bertemu Foster dan bekerja dengan guru vokal yang menjadi sahabat keluarga. Itulah bagaimana semuanya bermula,” kata Groban dalam wawancara pada 2001.

Foster memanggil Groban dan meminta dia berdiri di dekat Andrea Bocelli berlatih menyanyikan ”The Prayer” berduet bersama Celine Dion dalam latihan untuk acara Grammy Awards. Groban sangat gugup ketika berdiri dekat Bocelli.

Foster puas dengan suara Groban, lalu menawarkannya bekerja sebagai penyanyi magang di sejumlah acara, termasuk pelantikan Gubernur California Gray Davis pada Januari 1999.

”Foster selalu menjadi teman yang menakjubkan dan seorang mentor. Kami memiliki hubungan penuh makna satu sama lain,” katanya suatu hari.

Penampilan Groban membuat pembawa acara TV, Rosie O’Donnell, meminta Groban tampil dalam acaratalk show yang dipandunya.

Groban juga diminta ikut casting Ally McBeal oleh produser pertunjukan, David E Kelley, dan tampil dalam You’re Still You dalam final season 2001. Kelley menciptakan karakter Malcolm Wyatt untuk Groban. Karakter Malcolm Wyatt begitu populer. Dia mendapat 8.000 e-mail dari penonton.

Rekaman

Setelah itu, Groban mendapat tawaran kontrak rekaman dari Warner Bros. ”Saya suka kemampuan natural Groban dalam pop dan arena, tetapi saya juga suka sense-nya dalam lagu klasik,” kata Foster.

Di bawah pengaruh Foster, lagu-lagu dalam album pertama Groban lebih bernuansa klasik, di antaranya ”Gira Con Me Questa Notte” and ”Alla Luce Del Sole”.

Groban membawakan ”There for Me” bersama Sarah Brightman dalam tur ”La Luna World Tour” (2000-2001). DVD yang berisi konsernya dirilis.

Dia merekam ”For Always” bersama Lara Fabian yang menjadi soundtrack film AI: Artificial Intelligence(2001). Groban tampil dalam sejumlah pertunjukan, termasuk The Andre Agassi Grand Slam Event for Children serta menyanyi bersama Elton John, Stevie Wonder, Don Henley, dan Robin Williams.

Groban juga tampil dalam Muhammad Ali’s Fight Night Foundation yang menghormati Michael J Fox dan lainnya. Dia juga tampil dalam The Family Celebration (2001), dengan co-host Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan istri Hillary Rodham Clinton serta David E Kelley dan istri Michelle Pfeiffer.

Album pertama Groban bertajuk Josh Groban dirilis 20 November 2001. Pada tahun berikutnya, album itu mendapat sertifikat platinum ganda.

Pada 24 Februari 2002, Groban membawakan ”The Prayer” bersama Charlotte Church dalam penutupan seremoni Olimpiade Musim Dingin di Salt Lake City. Pada November, dia menggelar acara Josh Groban in Concert (2002).

Pada Desember 2002, dia membawakan ”To Where You Are” dan menyanyikan ”The Prayer” berduet bersama Sissel Kyrkjebø dalam konser Nobel Perdamaian di Oslo, Norwegia. Setelah itu, Groban bergabung bersama The Corrs, Ronan Keating, Sting, Lionel Richie, dan lainnya dalam acara Natal di Vatikan.

Pada 2003, Groban tampil dalam konser Foster untuk memperingati Hari Anak-anak Dunia, menyanyikan ”The Prayer” bersama Celine Dion serta lagu ”Aren’t They All Our Children?” bersama sejumlah artis, di antaranya Yolanda Adams, Nick Carter, Enrique Iglesias, dan Celine Dion.

”You Raise Me Up”

Album kedua Groban, Closer, yang diproduksi dan ditulis Foster, dirilis pada 11 November 2003. Groban percaya album keduanya merupakan refleksi tentang dirinya yang lebih baik. Audiens mendapatkan gagasan lebih baik tentang kepribadiannya setelah mendengarkan lagu-lagu di album itu.

”Banyak orang mengenal saya melalui musik saya. Saya berusaha membuka diri. Lagu-lagu ini merupakan langkah besar yang mendekatkan kepada siapa saya dan apa musik saya,” katanya.

Dua bulan setelah Closer dirilis, album itu masuk dalam tangga lagu Billboard dari posisi ke-11 ke posisi puncak. Lagu ”You Raise Me Up” menjadi lagu sangat populer dalam tangga lagu kontemporer anak muda.

Groban juga membawakan lagu ”Remember” bersama Tanja Tzarovska yang menjadi soundtrack filmTroy dan lagu ”Believe” yang menjadi soundtrack film animasi The Polar Express pada 2004.

”Believe” meraih Grammy untuk kategori ”Best Song Written for a Motion Picture, Television or Other Visual Media” dalam seremoni yang digelar pada Februari 2006. Sebelumnya, ”Believe” juga masuk nominasi untuk kategori penulisan lagu Academy Award 2005.

Beberapa musik Groban dipengaruhi Radiohead, Steve Perry, Paul Simon, Sting, Peter Gabriel, Freddy Mercury, dan Bjork. Vokalnya dipengaruhi oleh ”siapa pun yang bercerita dengan lagu mereka,” termasuk Mandy Patinkin, Klaus Nomi, George Hearn, dan Luciano Pavarotti.

Groban dinobatkan sebagai Artis Paling Laris Sepanjang Masa versi Barnes & Noble pada 2007. Groban menjual lebih dari 20 juta album dalam kurun waktu kurang dari 10 tahun.

Pada 2002, Groban masuk dalam daftar 100 Pendatang Baru yang Seksi dan pada 2008 Groban menjadi salah satu dari 100 Orang Paling Ganteng dan Cantik versi majalah People.

”Tidak masalah berapa usia Anda dan tidak penting dari mana Anda berasal. Yang penting, setiap orang dapat mengubah dunia dengan cara yang sama. Jika Anda cukup memiliki passion, Anda dapat melakukan apa yang Anda inginkan dan jelas itu mengubah dunia,” ungkap Josh Groban.

Dengan lagunya, Josh Groban mampu mengubah dunia.  (IMDB/JOSHGROBAN.COM)

SUMBER: DI MANA DIA SEKARANG, KOMPAS SIANG DIGITAL EPAPER, SABTU 20 DESEMBER 2014

Iklan