Pengguna Instagram Kini 400 Juta


ROBERT ADHI KSP

Jejaring sosial Instagram di mana para penggunanya bisa berbagi foto dan video kini mencapai milestone baru: mencapai 400 juta pengguna aktif. Pengumuman ini disampaikan dalam blog Instagram, Selasa (22/9) sore waktu Amerika Serikat, atau 10 bulan setelah Instagram mencapai angka 300 juta pengguna aktif.

Pengguna aktif Instagram sudah melampaui jejaring sosial Twitter yang saat ini memiliki 316 juta pengguna aktif setiap bulan dan juga jejaring sosial Pinterest yang baru saja mencapai angka 100 juta pengguna.

Instagram

Pertumbuhan Instagram memang sangat cepat. Ketika Instagram yang diciptakan Kevin Systrom dan Mike Krieger diluncurkan Oktober 2010 atau hampir lima tahun yang lalu, angka 400 juta tampak seperti mimpi yang sangat jauh dicapai.

Pada Desember 2010 atau tiga bulan setelah dirilis, jumlah pengguna Instagram tercatat satu juta. Pada 27 Februari 2013, dua setengah tahun setelah diluncurkan, Instagram mengumumkan jumlah pengguna aktifnya 100 juta. Jumlah ini terus meningkat. Pada 9 September 2013, Instagram mengumumkan jumlah pengguna aktifnya 150 juta. Pada Desember 2014, jumlah pengguna naik dua kali lipat menjadi 300 juta.

Diakuisisi Facebook
Instagram diakuisisi Facebook pada April 2012 dengan nilai 1 miliar dollar AS dalam uang tunai dan saham. Pada 2013, Instagram tumbuh 23 persen, sementara perusahaan induknya, Facebook, hanya tumbuh 3 persen.

Aplikasi Instagram dapat di-install melalui App Store Apple, Google Play, dan Windows Phone Store. Aplikasi ini dapat digunakan di semua gawai Apple (iPhone, iPod Touch, dan iPad), gawai Android dan Blackberry 10, serta gawai Nokia-Microsoft.

“Kini kami berusaha meningkatkan Instagram, membantu Anda menjelajahi dunia melalui foto dan terhubung dengan banyak orang melalui passion yang sama,” demikian disampaikan blog Instagram.

Yang menarik dari perkembangan Instagram adalah jumlah pengguna yang bertambah berasal dari luar AS. Sebanyak 75 persen dari 400 juta penggunanya berasal dari luar AS.

Blog Instagram menyebutkan, di antara 100 juta pengguna yang baru bergabung, lebih dari setengahnya tinggal di Eropa dan Asia. Negara-negara yang pengguna Instagramnya paling banyak adalah Brasil, Jepang, dan Indonesia.

Pengguna Instagram mengambil foto-foto indah dan video-video mengagumkan dari seluruh penjuru bumi, termasuk dari luar angkasa, lalu mengunggahnya ke Instagram. Pengguna Instagram 50 persen menggunakan iPhone, 50 persen lainnya menggunakan gawai Android.

“Kami melihat momen-momen inspiratif dibagi pengguna Instagram seperti foto permukaan Planet Pluto, perayaan kemenangan di Liga Champions, situasi mencolok di beberapa tempat, seperti kolam putih di Turki dan kota hantu di Gurun Namibia. Setiap hari sekitar 80 juta diunggah ke Instagram,” demikian disampaikan blog Instagram.

Beberapa nama tokoh terkenal bergabung ke Instagram dalam 100 juta pengguna baru, di antaranya David Beckham (mantan bintang Manchester United), Caitlyn Jenner, mantan atlet Amerika Serikat peraih medali emas Olimpiade Montreal 1976, Raffi Ahmad dan istrinya Nagita Slavina, pasangan artis Indonesia, Toni Kroos, pesepakbola Jerman dan mantan bintang klub Jerman Bayern Muenchen yang sekarang bermain di klub Real Madrid, serta T.O.P, rapper yang bernama asli Choi Seung-hyum asal Korea Selatan.

Instagram pernah dinobatkan sebagai “App of the Year” oleh Apple Inc. pada 2011. Instagram juga meraih penghargaan “Best Locally Made App” pada September 2011 versi SF Weekly.

SUMBER: TEKNOTRIKA, SAINS, KOMPAS PRINT.COM, RABU 23 SEPTEMBER 2015

Iklan