Jadon Sancho (21 tahun) menyatakan siap memulai musim baru 2021/2022 bersama Manchester United. “Rasanya menyenangkan. Saya sudah menunggu lama momen ini. Saya siap memulai musim baru Liga Premier bersama Manchester United dalam laga pembuka melawan Leeds, jika dipilih pelatih,” kata Jadon Sancho dalam wawancara eksklusif dengan Rio Ferdinand di BT Sport seperti dikutip situs resmi Manchester United

Seberapa fit Sancho menghadapi laga pertama pada akhir pekan ini? “Saya merasa siap. Hari ini dalam latihan, saya merasa tajam dan mudah-mudahan saya bisa bermain dalam pertandingan pertama hari Sabtu 13 Agustus,” kata Jadon Sancho yang baru bergabung dengan Manchester United pada musim ini dengan nilai transfer sebesar 73 juta Poundsterling. Kontrak Sancho dengan ManUnited selama lima tahun sampai Juni 2026 (dengan opsi tambahan 12 bulan). 

Jadon Sancho mengenakan jersey terbaru Manchester United. Sumber foto: Instagram Manchester United

Sancho memahami harapan pendukung Manchester United terhadap dirinya. “Gol, asis, dan kemenangan. Ini semua yang akan selalu lakukan dalam tim. Saya selalu berusaha membantu tim untuk menang. Saya cinta kemenangan. Itu mentalitas saya dan mudah-mudahan saya mampu memberikan kemenangan bagi Manchester United dalam pertandingan-pertandingan yang ketat. Saya tidak sabar untuk melakukan itu,” ungkap pemain tim Inggris yang sebelumnya berjaya di klub Borussia Dortmund yang bermain di liga utama Jerman, Bundesliga. Sancho mencetak 50 gol dan memberi 64 asis selama empat musim bermain untuk Dortmund. 

Gol, asis, dan kemenangan. Ini semua yang akan selalu saya lakukan dalam tim. Saya selalu berusaha membantu tim untuk menang. Saya tidak sabar melakukan itu.

JADON SANCHO

“Apa yang Anda pikirkan dalam latihan?” tanya Ferdinand dalam wawancara eksklusif itu. Ferdinand membandingkan ketika Cristiano Ronaldo setelah pindah ke Manchester United berubah dari pemain yang berbakat menjadi pemain yang produktif mencetak gol.  

“Saya bisa melihat itu pada beberapa beberapa pemain, di antaranya Bruno (Fernandes). Hari ini kami berada di dalam tim yang sama dan kami terhubung dengan sangat baik. Saya dan Bruno cinta kemenangan. Jadi saya senang saya dan Bruno memiliki pola pikir yang sama karena ini dibutuhkan, terutama dalam tim yang besar seperti ini. Jika Anda ingin memenangkan sesuatu, Anda harus belajar bagaimana memenangkan dalam latihan dan pertandingan. Ini penting,” ungkap pemain kelahiran London selatan ini. 

Bruno Fernandes. Sumber: Instagram Manchester United

Siapa saja pemain yang ingin Anda ajak bekerja sama? “Banyak pemain. Seluruh tim Manchester United itu sendiri. Ini merupakan skuad yang hebat.  Saya berbicara dengan Luke (Shaw) dan Marcus (Rashford) ketika kami bermain dalam tim (Inggris) di pertandingan Euro. Mereka memberi tahu  bahwa mereka (Manchester United) adalah sekelompok pemain hebat. Saya sudah menonton beberapa pertandingan musim lalu. Saya melihat apa yang dilakukan Bruno, Marcus, Greenwood, dan Cavani. Menjadi bagian untuk mencetak gol dan memberi asis menjadi hal yang menarik,” kata Sancho.

Menurut Jadon Sancho, ketika bermain di Jerman, dia hanya fokus pada klub sepakbola di Bundesliga. “Saya tidak terlalu memikirkan klub lain karena saya dan tim Dortmund pada saat itu memiliki tujuan yang harus diselesaikan. Saya senang Dortmund mendapatkan kualifikasi Liga Champions dan memenangkan Pokal karena bagi Dortmund itu sesuatu yang besar. Saya senang bisa mencetak gol di final dan membantu Haaland mencetak gol keempat,” paparnya. 

Jadon Sancho lahir pada Maret 2000 di Camberwell, London selatan, dan dibesarkan di dekat Kennington. Pada usia 7 tahun, Sancho dilirik oleh Watford dan terdaftar sebagai pemain klub itu dua tahun kemudian. Pada Maret 2015, Jadon Sancho bergabung dengan Manchester City beberapa saat sebelum ulang tahunnya ke-15 dengan fee sampai 500.000 Poungsterling.  Dua tahun kemudian, Agustus 2017, pada usia 17 tahun, Sancho meninggalkan Manchester City tanpa pernah tampil di tim senior, untuk bergabung dengan Borussia Dortmund dengan fee 10 juta Poundsterling. 

Apa hal-hal penting yang dipelajari Sancho di luar Inggris? “Saya ingat saat membuat keputusan itu. Jelas saat itu saya sangat takut. Saya meninggalkan rumah dari Watford untuk datang ke Manchester (dan bergabung dengan Manchester City). Dari Manchester, saya berangkat ke Jerman. Ini level yang berbeda karena saya meninggalkan keluarga saya. Saya perlu mengambil momen saya, terutama ketika saya mendapatkan kesempatan saya. Banyak orang meragukan keputusan saya. Sangat jarang seorang pemain muda ke luar Inggris. Saya ingin membuktikan bahwa mereka yang ragu itu salah. Saya senang sudah melewati masa itu dengan baik. Saya hanya harus meningkatkan permainan saya,” ungkap Sancho.

Pada Oktober 2017, Jadon Sancho merupakan skuad tim Inggris yang memenangi Piala Dunia U-17. Dia hanya tampil di babak penyisihan grup sebelum dipanggil Dortmund. Dalam debutnya di Dortmund, Sancho tampil sebagai pemain pengganti yang saat itu bermain imbang 2-2 dengan Eintracht Frankfurt. 

Pada April 2018, satu bulan setelah merayakan HUT ke-18-nya, Sancho mencetak gol pertamanya untuk Dortmund dan membawa klub itu menang 4-0 atas Bayer Leverkusen. 

Sumber: YouTube Manchester United

Dalam wawancara eksklusifnya dengan Mark Sullivan dari situs Manchester United sebelumnya, manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer mengatakan tidak sabar melihat Sancho bermain di lapangan. “Dia seorang pemain muda yang penuh talenta. Dia dikenal di seluruh dunia. Kami mengikuti perkembangan Sancho sejak lama. Dia seorang pemain yang menjadi target kami dan kami pikir kualitasnya sangat tepat di Manchester United. Sancho pemain yang kreatif, pemain sayap dan pemain depan yang positif. Dia dapat bermain melebar, menggairahkan para penggemar. Dia menghadapi pemain lawan satu lawan satu. Dia menciptakan peluang. Dia bekerja keras, dan dia mencintai sepakbola. Ada beberapa bakatnya yang belum dimanfaatkan di sana. Saya yakin, lingkungan (Manchester United) akan membantunya berkembang juga,” ungkap Solskjaer. 

Solskjaer: Jadon Sancho dan Anthony Martial Siap Diturunkan

Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer mengonfirmasi skuad yang akan diturunkan dalam laga perdana vs Leeds United di Old Trafford. Setelah menang 4-0 atas Everton dalam laga pramusim akhir pekan lalu, Solskjaer mengatakan sejumlah pemain akan tampil dalam pertandingan pertama Manchester United pada musim ini.  

Dalam jumpa pers pertama musim 2021/2022, Solskjaer menjawab sejumlah pertanyaan seputar kesiapan Manchester United menghadapi Leeds United asuhan Marcelo Bielsa di Old Trafford.

“Kami menjalani pramusim yang baik beberapa pekan terakhir ini. Sejumlah pemain kembali tampil. Meskipun kami masih kehilangan beberapa pemain akibat cedera dan akibat terpapar Covid, kami masih percaya diri menjelang pertandingan,” kata Solskjaer.

“Jadon Sancho akan dilibatkan, itu pasti. Dia menjalani pekan yang baik. Sayangnya dia sakit setelah liburannya.  Beberapa hari kami latihan tanpa Jadon. Namun dia sangat baik dengan tim ini dan terlihat lebih tajam dari yang diharapkan. Jadi dia akan dilibatkan. Tapi saya tidak bisa memberi tahu Anda apakah dia akan bermain atau tidak,” jelas Solskjaer.

“Jadon Sancho siap melakukan debutnya. Jadon tampil dalam latihan dan hasilnya sangat baik. Dia pasti terlibat dalam skuad,” kata Solkskjaer seperti dikutip situs Manchester United.

Sementara itu Anthony Martial sudah pulih dari cedera lutut dan siap diturunkan. Martial sempat bermain selama 45 menit dalam laga persahabatan vs Everton pekan lalu. 

Raphael Varane, Edinson Cavani, Marcus Rashford, Alex Telles, Eric Bailly Absen 

Ditanya tentang Raphael Varane dan kemungkinannya untuk diturunkan saat menghadapi Leeds, Solskjaer mengungkapkan, Varane tidak berlatih bersama tim saat ini. “Semuanya membutuhkan waktu, dan sayangnya dengan isolasi dan penundaan,  hal-hal ini belum selesai 100 persen. Saya tidak bisa mengatakan Varane akan diturunkan Sabtu besok karena dia tidak berlatih bersama kami saat ini,” katanya. Penangguhan besar yang dimaksud adalah isolasi dan karantina. Solskjaer berharap ini segera selesai.

Adapun pemain asal Uruguay, Edinson Cavani, belum bisa tampil karena baru saja menyelesaikan masa isolasinya dan perlu waktu ekstra untuk urusan pribadinya. Cavani mencetak 17 gol pada musim pertamanya bersama Manchester United. 

Marcus Rashford. Sumber: Instagram Manchester United

Cavani merupakan bagian dari tim Uruguay yang bertanding dalam Copa America awal musim panas lalu, namun Cavani absen dalam laga perdana MU dengan alasan berbeda. 

Sementara dua pemain asal Pantai Gading, Eric Bailly dan Amad, juga belum bisa diturunkan.

Alex Telles dan Marcus Rashford bakal absen karena didera cedera, sedangkan Jesse Lingard dan Dean Henderson masih harus menjalani isolasi karena positif terpapar Covid-19. 

Sumber: YouTube Manchester United

Solskjaer tentang Dukungan Penonton di Old Trafford: Menyenangkan!

Manchester United adalah runner-up Liga Europa dan Liga Premier musim 2020/2021. Apa yang diperlukan untuk mencapai level berikutnya pada musim 2021/2022, tanya pers.  

“Selalu ada tekanan menjelang musim baru tiba. Ketika Anda selesai dengan pramusim, itu satu bagian dari pekerjaan yang hilang. Kami harus memulai dengan baik tentu saja. Kami memiliki harapan sendiri. Klub ini adalah tentang trofi, tentang sepak bola yang indah, dan harapan saya adalah kami terus berkembang dan terus mengembangkan gaya kami dan memainkan sepak bola yang indah. Anda tidak pernah tahu dengan hasil di sepak bola, tetapi mudah-mudahan ketika kami memasuki bulan Maret dan April, kami sudah mencapai tujuan. Tim ini terlihat lapar. Saya merasa percaya diri. Tim Marcelo punya gaya unik dan saya tidak sabar untuk terus maju,” papar Solskjaer. 

Manchester United menang 4-0 atas Everton dalam laga pramusim. Sumber: YouTube Manchester United

Manajer Manchester United ini berharap anak-anak asuhannya bermain cemerlang dan fantastis di depan ribuan pendukung di Old Trafford. “Fans kami sungguh luar biasa ketika kami berhadapan dengan Brentford dan Everton dalam laga pramusim. Terakhir kami bertanding di hadapan pendukung saat berhadapan dengan Manchester City dan pertandingan berakhir dengan kemenangan untuk MU. Suara gemuruh pendukung ketika Scott McTominay mencetak gol kedua, gol kemenangan atas City. Gemuruh penonton itu suara paling keras yang pernah saya dengar di Old Trafford. Ini akan luar biasa. Kami sudah menunggu cukup lama. Semoga kami bisa memainkan sepakbola yang dapat dinikmati para penggemar kami. Ini sangat penting bagi kami untuk mendapatkan momen awal yang baik,” kata Solskjaer. 

Manajer Manchester United ini senang penggemar kembali ke stadion untuk memberi dukungan, dan Solskjaer yakin mereka tetap mematuhi regulasi sebagai penonton. “Ketika Anda menjadi pelatih dan Anda melihat penggemar, melihat anak-anak bisa bertemu idola dan panutan mereka – seperti yang terlihat dalam beberapa laga pramusim, ini sangat menyenangkan,” katanya.  

Sumber: Instagram Anthony Martial

Solskjaer: Anthony Martial dan Paul Pogba Tetap Bersama Manchester United

Ditanya ihwal rumor tentang Anthony Martial yang menjadi target banyak klub dan apakah Martial masih menjadi bagian integral dari tim Manchester United, Solskjaer menjawab, “Saya tidak terkejut jika tim lain mengincar Anthony karena dia pemain yang sangat bagus. Saya tidak punya rencana  bagi Martial untuk bermain melawan kami. Martial kini kembali kuat, lapar dengan tekad untuk membuktikan kebugaran dan kualitasnya. Musim lalu musim yang mengecewakan baginya. Saat ini dia siap menghadapi tantangan lagi. Martial adalah pemain Manchester United dan kami senang memilikinya. Dia berkali-kali membuktikan bahwa orang-orang yang ragu pada kemampuannya adalah salah.” 

Tentang kontrak Paul Pogba, Solskjaer menjelaskan, Pogba masih pemain Manchester United dan kontraknya masih tersisa satu tahun lagi. “Ini sudah kami bicarakan. Setiap percakapan saya dengan Paul adalah percakapan yang positif. Semoga ini terus berlanjut dan kami akan membuat keputusan bahwa Paul dan kami tetap bersama. Paul adalah magnet media,” kata Solskjaer. 

Sumber: Instagram Paul Pogba

Apakah Manchester United tim yang cukup baik untuk merebut gelar juara dengan dua tambahan pemain berkelas dunia? Apakah jarak dengan Manchester City akan semakin dekat atau semakin jauh, tanya pewarta. “Ya, kami secara bertahap berupaya menutup celah. Kami membutuhkan musim yang sangat bagus, musim yang membutuhkan disiplin dengan sedikit keberuntungan. Kami ingin mencapai bulan April dan Mei dalam posisi yang diharapkan. Pertandingan pertama jelas pertandingan besar dan ini menentukan suasana di klub, antara para penggemar dan para pemain. Kami harus memulainya lebih baik dibandingkan musim lalu  jika kami ingin menghadapi tantangan.” 

Kabar dari Leeds

Dari kubu Leeds dikabarkan, rekrutan baru Leeds United dari Barcelona, Junior Firpo siap diturunkan dalam laga debutnya di Liga Premier. Bek sayap ini cedera dalam laga persahabatan di Loughborough tetapi siap tampil di Old Trafford. Kalvin Phillips yang bekerja keras dalam Euro 2020 lalu, siap tampil. 

Bek tengah Diego Llorenten bakal absen setelah cedera dalam laga persahabatan vs Real Betis. Dibutuhkan waktu sampai dua minggu untuk pulih. Jamie Shackleton yang mengalami gegar otak saat Leeds kalah dari Ajax, sudah mulai pulih dan siap diturunkan. Pemain lainnya, Joe Gelhardt dan Adam Forshaw masih diragukan bisa tampil. 

Sumber: YouTube Manchester United

Nah, apakah Manchester United siap meraih tiga poin dalam laga pertama musim 2021/2022 di Old Trafford? Jutaan pendukung ManUnited menunggu kabar gembira, Ole!

ROBERT ADHI KUSUMAPUTRA, pendukung sejati Manchester United. Bahan tulisan dari situs resmi Manchester United, Instagram dan YouTube Manchester United