Setelah mengalami malam kelabu di Swiss, Manchester United melanjutkan pertandingan Liga Premier pekan kelima dengan bertandang ke Stadion London, kandang West Ham United, Minggu (19/9/2021) malam WIB. Bertekad melupakan malam yang buruk di Bern saat kehilangan poin di laga perdana Liga Champions, ManUnited berupaya mempertahankan posisi puncak klasemen pada pekan kelima Liga Premier sekaligus memperpanjang rekor laga tandang di liga ini.

Pada pekan keempat Liga Premier lalu, Manchester United naik ke puncak klasemen setelah mengoleksi 10 poin dari empat pertandingan, hasil tiga kali menang dan satu kali imbang. Sebenarnya ada tiga klub lainnya yang juga mengumpulkan jumlah poin yang sama,  yaitu Chelsea, Liverpool dan Everton, namun ManUnited unggul dalam jumlah gol (memasukkan 11, kemasukan 3. Chelsea dan Liverpool sama-sama memasukkan 9 gol, kemasukan 1 gol. Sedangkan Everton memasukkan 10, kemasukan 4 gol. 

Diolah penulis blog ini bersumber dari AiScore

Sementara West Ham United yang sempat memimpin klasemen pada pekan kedua lalu pasca-kemenangan 4-2 atas Newcastle dan 4-1 atas Leicester, pada pekan keempat berada di posisi ke-8 setelah bermain imbang dengan Crystal Palace dan Southampton, dengan mengoleksi 8 poin, hasil dua kali menang dan dua kali imbang, memasukkan 3 gol, kemasukan 3 gol. Sampai pekan keempat, The Hammers belum terkalahkan dan tim asuhan David Moyes ini finish di posisi ke-6 pada musim lalu. Moyes mengubah Stadion London menjadi semacam benteng, hanya kalah lima kali sejak awal musim lalu. 

Sejauh ini, Manchester United tidak terkalahkan dalam 28 laga tandang di Liga Premier, dan ini rekor terlama dalam sejarah Liga Inggris. MU hanya kebobolan 19 gol dalam dan menjaga clean sheet dalam prosesnya.

Sejauh ini, Manchester United tidak terkalahkan dalam 28 laga tandang di Liga Premier. Ini rekor terlama dalam sejarah Liga Inggris.

Dalam 14 hari ke depan, Manchester United akan menghadapi lima pertandingan lainnya. Setelah bertandang ke kandang West Ham di Stadion London, Minggu 19 September, MU akan menjamu The Hammers di Old Trafford pada Kamis dinihari WIB di putaran ketiga Piala Carabao. 

Setelah itu Aston Villa akan mengunjungi Old Trafford Sabtu pekan depan, menjelang pertandingan kunci Liga Champions vs Villareal di Old Trafford, dan laga vs Everton sebelum jeda internasional kedua sejak musim baru dimulai.

Siapa saja yang akan dipilih Ole Gunnar Solskjaer sebagai starter? Menghadapi pertandingan yang sangat padat, Solskjaer dan staf pelatih bertekad memiliki skuad sesehat mungkin.

Cristiano Ronaldo saat berlatih di Carrington, Kamis pekan ini. Sumber foto: ManUtd.com

Manchester United tampaknya tetap mengandalkan Cristiano Ronaldo sebagai penyerang utama untuk mencetak gol sekaligus meraih poin penting di London, selain Bruno Fernandes  yang saat ini mencatat sebagai pemain paling subur di MU dan Paul Pogba pemberi asis terbanyak di Liga Premier. 

Aaron Wan-Bissaka yang diganjar kartu merah di Swiss, siap diturunkan pada laga vs West Ham — meski dalam laga kedua Liga Champions akhir September vs Villareal, Wan-Bissaka bakal absen akibat skorsing. 

Mason Greenwood juga siap dimainkan sebagai starter setelah dalam pertandingan di Bern, Greenwood berstatus sebagai pemain pengganti yang tidak digunakan. Dalam tiga laga awal Liga Premier, Greenwood selalu mencetak gol sehingga dinobatkan sebagai Player of The Month Manchester United bulan Agustus 2021.

Mason Greenwood dalam sesi latihan. Sumber foto: ManUtd.com

Raphael Varane yang turun sebagai pemain pengganti di Swiss ketika Solskjaer mengubah formasi menjadi lima bek pasca-kartu merah Wan-Bissaka, juga siap diturunkan. 

Dean Henderson dan Phil Jones yang bermain untuk tim U-23 melawan Arsenal Jumat pekan lalu, mencatat menit kompetitif pertama mereka pada musim ini. 

Diolah penulis blog ini bersumber dari AiScore

Jesse Lingard Yakin MU Perpanjang Rekor Laga Tandang Tak Terkalahkan

Jesse Lingard, yang sebelumnya tampil membela West Ham United dalam status pinjaman di paruh kedua musim lalu, tampaknya ingin melupakan kekecewaan penggemar Manchester United yang menilai dirinya sebagai biang kekalahan MU dari Young Boys di Swiss awal pekan ini. 

Jesse Lingard yakin MU dapat memperpanjang rekor tak terkalahkan dalam laga tandang ketika menghadapi West Ham. Lingard yang sempat menikmati masa gemilang bersama The Hammers pada musim lalu, membantu tim itu lolos ke Liga Europa musim ini.

Meski bakal mendapat sambutan hangat di Stadion London, Lingard menyatakan akan membantu MU meraih poin untuk memperpanjang rekor laga tandang tak terkalahkan di Liga Premier. “Pertandingan tandang bisa jadi sulit tetapi memiliki pendukung di kandang lawan minggu demi minggu, selalu membantu dan mendorong tim ini. Para pendukung sangat brilian. Kami rindu bermain di depan penggemar karena mereka sangat membantu,” katanya.

Menurut Lingard, meski dia tidak tampil dalam pertandingan MU vs Leeds United, dia melihat dan merasakan atmosfer Old Trafford yang gegap gempita, yang belum pernah dialaminya sebelumnya. 

Lingard mengakui beberapa pertandingan ke depan akan sulit namun dia yakin MU memiliki kekuatan dan kedalaman skuad untuk memenangkan pertandingan, dan meraih tiga poin di setiap laga.

Jadwal pekan kelima Liga Premier 18-19 September 2021. Hasil laga Newcastle vs Leeds Sabtu (18/9/2021) dinihari WIB berakhir 1-1. Tabel diolah penulis blog ini bersumber dari situs Premier League dan Google.

Menceritakan kenangan indahnya bersama The Hammers, Jesse Lingard merupakan kekuatan pendorong utama di balik lolosnya West Ham ke babak kualfikasi Liga Europa. “Eropa sangat besar bagi West Ham dan ini salah satu tujuan klub itu. Anda tidak masuk ke Eropa jika Anda bukan tim yang baik,” kenangnya. 

“Manajer (David Moyes) memberi saya kebebasan berkeliaran di atas, menguasai bola dan mencoba mewujudkan sesuatu. Dengan menjalankan permainan yang saya miliki, kepercayaan diri muncul setelah Anda mencetak satu-dua gol. Saya tidak kekurangan percaya diri dalam bermain dan itu salah satu setengah musim terbaik yang saya miliki bersama West Ham. Jadi itu pengalaman yang brilian,” ungkap Lingard terus terang.

West Ham terorganisir dengan baik, bisa melawan dengan cepat dan sulit ditembus. Ini akan menjadi pertandingan yang sulit. Kami harus siap menghadapinya jika kami ingin meraih tiga poin. Kami telah berlatih dengan baik dan kami akan ke Stadion London dengan percaya diri.

JESSE LINGARD, PENYERANG MANCHESTER UNITED

“Ini reset bagi saya pribadi. Saya ingin bermain, membantu tim lolos ke Liga Europa, dan saya menikmati setiap momennya. Para pemainnya brilian, staf dan penggemarnya mendukung saya sepanjang waktu. Ini tentang mendapatkan menit bermain, bermain bagus untuk diri saya. Saya mencoba kembali ke tim Inggris. 

“West Ham terorganisir dengan baik, bisa melawan dengan cepat dan sulit ditembus. Jadi ini akan menjadi pertandingan yang sulit dan kami harus siap menghadapinya jika kami ingin meraih tiga poin. Kami telah berlatih dengan baik dan kami akan ke Stadion London dengan percaya diri,” tandas Lingard.

Diogo Dalot Perkuat Pertahanan MU

Solskjaer memuji kinerja Diogo Dalot saat menjaga pertahanan MU di Swiss pertengahan pekan ini. Dia masuk menggantikan Jadon Sancho pada menit ke-37 tak lama setelah MU kehilangan Aaron Wan-Bissaka yang diganjar akrtu merah.  Pemain asal Portugal ini bertahan dengan penuh disiplin tetapi di injury time, MU kebobolan setelah Jordan Siebatcheu memanfaatkan kesalahan fatal Jesse Lingard.

Diogo Dalot menghabiskan musim 2020/2021 bersama AC Milan sebanyak 34 kali, membantu Rossoneri finis di peringkat kedua Serie A sehingga dapat tampil di  Liga Champions lagi setelah tujuh tahun. Pada musim 2021/2022, pasca-masa pinjaman, pemain asal Portugal yang berusia 22 tahun ini membela kembali Manchester United — setelah tampil perdana membela tim negaranya melawan Perancis dan Belgia di Euro 2020. 

Solskjaer melihat pengalaman Dalot itu sangat berharga dan berharap dia tampil lagi dalam laga Liga Champions berikutnya di Old Trafford. “Diogo Dalot dipanggil memperkuat tim senior Portugal di Euro dan dia melakukan tugasnya dengan baik,” kata Solskjaer, Kamis. “Diogo Dalot belajar banyak dari AC Milan. Dia tetap fit, dan itu hal yang besar. Dia memiliki kualitas, yang akan kami coba manfaatkan lebih banyak lagi,” papar Solskjaer.

Sumber video: YouTube Manchester United

Edinson Cavani, Scott McTominay, Marcus Rashford, Amad, Alex Telles Masih Absen 

Edinson Cavani, Scott McTominay, Marcus Rashford, Amad, Alex Telles tampaknya masih diragukan untuk bisa tampil.

Solskjaer senang melihat Scott McTominay dan Alex Telles kembali berlatih di Carrington, Kamis pekan ini. McTominay bermain dalam dua laga pembuka vs Leeds dan vs Southampton, namun setelah itu menghabiskan tiga minggu terakhir untuk pulih dari operasi pangkal paha kecilnya. Sedangkan Alex Telles tidak tampil sejak pertandingan persahabatan pramusim di Derby, Juli lalu. Pemain asal Brasil itu mengalami cedera pergelangan kaki selama latihan di Surrey akhir Agustus lalu. Ini berarti dia absen lagi setelah 24 kali tampil bersama MU. 

Sesi latihan di Carrington. Sumber foto: ManUtd.com

McTominay dan Telles terlihat berlatih keras pada hari Kamis pekan ini. Solskjaer dan stafnya terus mengevaluasi kedua pemain itu dan berharap mereka siap diturunkan dalam beberapa pekan mendatang. “Scott dan Alex telah bergabung dalam latihan pagi ini. Mereka terlihat oke,” kata Solskjaer kepada media MU. “Tentu saja kami meminta mereka melalui beberapa sesi sebelum kami mempertimbangkan apakah mereka sudah siap diturunkan,” katanya. 

Edinson tidak tampil dalam dua pertandingan (vs Newcastle dan vs Young Boys) karena cedera saat berlatih di Carrington.  Sampai pekan keempat musim ini, Edinson Cavani baru bermain selama 37 menit. 

Solskjaer memperkirakan pemain asal Uruguay berusia 34 tahun ini bakal absen selama satu minggu ke depan. “Semoga Edinson dapat berlatih bersama kami lagi setelah akhir pekan, setidaknya pada Senin pekan depan sehingga Edi dapat terlibat dalam pertandingan Rabu pekan depan,” ungkap Solskjaer. 

Sumber video: YouTube Manchester United

Manajer MU ini merasa akan mendapatkan yang terbaik dari Edinson Cavani pada musim ini. “Kami membutuhkan Edinson 100 persen fit dan tak akan memaksakan diri jika pemain belum merasa bugar. Kami harus memiliki skuad yang kuat. Kami tidak ingin mengambil risiko cedera berkelanjutan sehingga pemain harus betul-betul sembuh dan bugar dahulu, baru bisa diturunkan,” jelas Solskjaer. 

Kami membutuhkan Edinson 100 persen fit dan tidak akan memaksakan diri jika belum merasa bugar. Kami harus memiliki skuad yang kuat. Kami tidak ingin mengambil risiko cedera berkelanjutan sehingga pemain harus betul-betul sembuh dan bugar dahulu, baru bisa diturunkan.

OLE GUNNAR SOLSKJAER, MANAJER MANCHESTER UNITED

Pelatih MU ini melihat Edinson memiliki dampak besar bagi pemain lainnya. “Dia pemain yang memiliki tipe kepribadian yang baik. Dia seorang profesional top, dan dia tidak sabar untuk kembali bermain. Dia bekerja keras untuk kembali bugar agar dapat bermain lagi,” lanjutnya.

Marcus Rashford dan Amad masih absen dalam laga di Stadion London akibat cedera. Rashford sudah mulai berlatih di Carrington tetapi dia belum dapat diturunkan. Scott McTominay juga mulai berlatih setelah pulih dari operasi pangkal paha. 

West Ham Tidak Diperkuat Michail Antonio

Dari kubu West Ham United, diperoleh informasi bahwa penyerang andalan asal Jamaika yang menjadi pencetak gol paling subur saat ini, Michail Antonio, bakal absen karena skorsing satu pertandingan setelah menerima dua kartu kuning saat West Ham bermain imbang tanpa gol dengan Southampton pekan lalu.   Adapun bek tengah Winston Reid masih akan absen akibat cedera yang menderanya sejak Maret 2018. 

Namun manajer David Moyes memiliki pemain baru yaitu Kurt Zoma, Alex Kral, dan Nikola Vlasic, yang siap diturunkan. Vlasic, mantan pemain Everton, tampil selama setengah jam terakhir saat melawan Southampton, dan mencetak gol untuk Kroasia pada jeda internasional belum lama ini. 

Diolah penulis blog ini bersumber dari AiScore

Gelandang Tomas Soucek tetap menjadi ancaman di lini tengah bagi lawan-lawannya. Said Benrahma, pemain asal Aljazair, yang bersinar saat membela Brentford di Liga Championship musim lalu, dan pindah ke West Ham sejak Oktober 2020, membutuhkan sedikit waktu untuk menyesuaikan diri bertanding di liga papan atas. Mantan penyerang klub Nice ini meningkatkan jumlah golnya

West Ham United baru saja memetik kemenangan 2-0 atas Dinamo Zagreb di Krosia dalam pertandingan perdana Liga Europa. 

Manchester United akan menghadapi West Ham dua kali dalam waktu empat hari. Selain bertandang ke London di Liga Premier, MU akan menjamu The Hammers di Old Trafford di putaran ketiga Piala Carabao.

Sumber video: YouTube Manchester United

Kekalahan terakhir yang diderita West Ham dari ManUnited, Desember 2020 lalu. Saat ini gelandang Tomas Soucek baru bergabung dan mencetak gol lebih dulu ke gawang MU di depan sekitar 2.000 pendukung The Hammers. Namun setelah turun minum, MU bangkit dan menang 3-1 lewat gol-gol Paul Pogba, Mason Greenwood, dan Marcus Rashford. Ini satu dari dua kemenangan yang diraih MU di Stadion London.

Sebelumnya, pada Januari 2017, Juan Mata dan Zlatan Ibrahimovic mencetak gol pasca-kartu merah yang dilayangkan ke Sofiane Feghouli. Sejak stadion baru dibuka 2016, West Ham dua kali mengalahkan MU. Adapun pertandingan lainnya berakhir imbang tanpa gol. 

ROBERT ADHI KSP, pendukung sejati Manchester United. Tulisan ini bersumber dari situs resmi Manchester United, Instagram Manchester United, YouTube Manchester United, BBC Sport. Sumber foto-foto: ManUtd.com. Blog ini bersifat informatif dan tidak dikomersialkan. 

Klasemen sementara Liga Premier (sampai Sabtu 18 September 2021 dinihari WIB. Hasil pertandingan terbaru: Newcastle vs Leeds berakhir 1-1). Sumber: BBC Sport