Manchester United menderita kekalahan terburuk dalam pekan ke-9 Liga Premier ketika menjamu Liverpool di Old Trafford. MU kebobolan lima gol tanpa balas, sementara gol Cristiano Ronaldo dianulir VAR, dan Paul Pogba diusir dari lapangan.  Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer mengakui hari Minggu (24/10/2021) merupakan hari tergelapnya sepanjang kariernya sebagai pelatih MU.  

Kekalahan ketiga MU pada musim ini menyebabkanThe Red Devils melorot ke posisi ke-7 klasemen pekan ke-9 Liga Premier. Pertandingan MU berikutnya bertandang ke kandang Tottenham Hotspur. 

Ole Gunnar Solskjaer. Sumber: ManUtd.com.

Empat gol pada babak pertama dan satu gol pada babak kedua mengejutkan puluhan ribu pendukung MU di Old Trafford dan jutaan penggemar di seluruh dunia. 

Sebenarnya pada menit ke-4, MU memiliki peluang besar pertama tapi tendangan Bruno Fernandes di atas mistar gawang. Beberapa detik memudian, Liverpool langsung membalas dengan gol pembuka yang dicetak Naby Keita yang memanfaatkan asis Mohamed Salah pada menit ke-5. 

Delapan menit kemudian, pada menit ke-13, Diogo Jota menggetarkan gawang David De Gea setelah dengan jeli memanfaatkan asis Trent Alexander-Arnold. 

Sumber: ManUtd.com

Dua puluh menit setelah Liverpool unggul 2-0, pada menit ke-38, Mo Salah mencetak gol ketiga, dan pada injury time babak pertama, Salah menambah gol lagi. Sebelum turun minum, Liverpool sudah unggul 4-0.  

Memasuki babak kedua, Ole Gunnar Solskjaer memasukkan Paul Pogba, mengganti Mason Greenwood. Namun pada menit ke-49, Jordan Henderson melepaskan operan melengkung ke sekitar pertahanan MU dan disambut Mo Salah dengan cepat untuk mencetak hattrick pertamanya di Old Trafford. 

Sumber: ManUtd.com

Tertinggal 0-5, Cristiano Ronaldo berusaha membalas pada menit ke-52. Namun gol CR7 dianulir VAR. Manchester United makin menderita setelah Paul Pogba diusir dari lapangan karena melakukan pelanggaran terhadap Keita pada menit ke-60. Awalnya Pogba mendapat kartu kuning, tapi setelah wasit Anthony Taylor memeriksa kembali, dia mengubah keputusannya untuk memberi kartu merah kepada gelandang asal Perancis itu. 

Manchester United kemudian mengubah permainan, menjaga pertahanan lebih ketat dengan lima bek, setelah Diogo Dalot menggantikan Marcus Rashford pada menit ke-62, sedangkan Edinson Cavani menggantikan Bruno Fernandes. 

Sungguh hari yang buruk dan menyakitkan bagi Manchester United dan jutaan penggemarnya di seluruh dunia. 

Hasil pertandingan pekan ke-9 Liga Premier. Sumber: Premier League

Solskjaer: “Ini Hari Tergelap Saya, tapi Harus Segera Bangkit

“Ini hari tergelap saya. Kami tidak cukup baik secara individu dan sebagai tim. Anda tidak bisa memberi peluang kepada Liverpool tetapi sayangnya kami melakukannya. Seluruh penampilan kami buruk. Kami telah menciptakan peluang, dan kami tidak memanfaatkan peluang kami sejak awal. Kami punya peluang, mereka juga punya peluang tetapi mereka mengambilnya dan menjadikannya gol,” kata Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer yang mengakui para pemain MU ceroboh dan kurang percaya diri.  

Musim lalu, MU kalah 1-6 dari Tottenham Hotspur, tetapi kekalahan 0-5 ini lebih buruk. “Kekalahan ini membuat saya jauh lebih buruk. Saya bukan robot. Saya ikut hancur dan direndahkan. Saya berada di klub sepakbola yang fantastis. Saya harus mengatasi ini secepat yang kami bisa lakukan. Kami semua pernah mengalami hari-hari kelam di sini sebelumnya dan kami selalu bisa bangkit kembali — apapun situasinya saat ini. Begitulah cara saya melihat dan menghadapi ini,” kata Solskjaer. 

Pelatih asal Norwegia ini merasa semua orang berada di titik terendah. “Tetapi satu-satunya cara menghadapi hidup adalah bangun besok pagi dan menatap ke depan. Tentu saja mengevaluasi apa yang telah terjadi dan melakukan yang terbaik untuk melewati masa-masa sulit,” kata Solskjaer. 

Sumber foto: ManUtd.com

Harry Maguire Minta Maaf kepada Jutaan Pendukung MU

Kapten MU Harry Maguire menyampaikan permohonan maaf kepada jutaan penggemar MU. “Pertama dan terutama, saya menyampaikan permintaan maaf kepada para penggemar MU. Ketika kami tertinggal 0-5, penggemar masih bernyanyi memberi dukungan, kami sangat menghargai itu,” kata bek tim Inggris itu.

“Secara mental, kekalahan ini akan menyakitkan. Ini pertandingan besar di mana Anda datang ke klub untuk menjadi bagian dan bermain. Ini jelas sangat menyakitkan. Saya pikir semua orang perlu melihat diri mereka sendiri di dalam cermin, Kebobolan begitu cepat setelah babak pertama. Kami kehoilangan bola begitu mudah di lini tengah dan dengan satu umpan, mereka masuk dan membobol gawang. Itu tidak dapat diterima,” kata Maguire.  

Bek tengah MU ini mengatakan, pertandingan pekan ke-9 ini masih awal musim sehingga MU masih memiliki banyak waktu untuk memenangkan pertandingan lainnya.

Klasemen pekan ke-9 Liga Premier. Sumber: Premier League

Luke Shaw: Kekalahan yang Menyakitkan 

Bek kiri Manchester United Luke Shaw menyampaikan permintaan maaf kepada para penggemar MU di seluruh dunia dan berterima kasih kepada pendukung yang masih tetap memberi dukungan kepada mereka pada masa sulit. “Kami sangat kecewa dengan hasil yang menyakitkan ini.  Sepakbola jelas olahraga tim. Kami berada di dalamnya bersama-sama. Tapi sebagai individu, saya perlu bertanggung jawab atas kekalahan malam ini. Saya tahu saya tidak dalam performa terbaik saya pada malam ini. Saya tahu saya tidak cukup baik, dan saya akan bertanggung jawab,” ungkap Shaw kepada reporter ManUtd.com, Stewartd Gardner.

“Saya akan merenungkan kembali kekalahan MU pada malam ini, menonton kembali rekaman pertandingan, melihat apa yang salah, melihat diri saya di cermin dan melihat apa yang salah. Saya belum pada kondisi terbaik saya. Tentu saja, malam ini malam yang sangat mengecewakan,” papar bek tim Inggris itu. 

“Seharusnya kekalahan ini tidak boleh terjadi karena kami berada di salah satu klub terbaik dan terbesar di dunia, bermain di stadion kandang kami, dan di depan penggemar kami,” tambah Shaw. 

Luke Shaw. Sumber: ManUtd.com

Menurut Shaw, MU memiliki peluang besar di menit-menit awal pertandingan. Jika saja peluang itu berbuah gol, mungkin permainan MU akan berbeda. “Tetapi saya di sini tidak untuk menyalahkan siapa pun, tidak menyalahkan individu. Sepakbola adalah permainan tim, dan tentu saja, Anda selalu melihat diri sendiri. Saya kecewa pada diri saya sendiri,” aku Shaw.

Luke Shaw ingin berterima kasih kepada para penggemar — yang meskipun MU kalah 0-5, mereka terus bernyanyi memberi semangat. “Saya sangat menghargai itu. Saya hanya bisa meminta maaf atas kinerja buruk kami. Saya tahu kami bisa tampil lebih baik. Hasil ini tidak cukup baik untuk standar yang ditetapkan klub ini. Kami semua kecewa. Lebih baik kami membicarakan ini secara terbuka daripada menyimpannya di dalam dan tidak mengatakan apa-apa,” katanya. 

Shaw mengakui performa MU beberapa pekan terakhir ini belum cukup baik. “Besok adalah hari baru dan kami harus melupakan ini. Tentu saja, akan sangat sulit untuk melakukan itu. Tapi kami tim profesional. Ini pekerjaan kami,” ujar Shaw. 

David De Gea: “Kami Bermain Seperti Anak-anak”

Kiper MU David De Gea seperti dikutio TV2 Norway mengatakan, “Kami bermain seperti anak-anak.”  

“Saya  merasakan rasa sakit para penggemar. Saya mencintai klub ini dan kami tidak bisa menerima hasil ini,” ungkap De Gea. 

Harry Maguire, Luke Shaw, Victor Lindelof, dan Aaron Wan-Bissaka mendapat kecaman dari penggemar MU atas lima gol yang masuk ke gawang De Gea. Jika bukan kiper De Gea yang menjaga gawang, jumlah gol Liverpool bisa lebih banyak lagi. 

Wajah Sir Alex Ferguson setelah MU ditaklukkan Liverpool dengan 5 gol tanpa balas terekam oleh stasiun TV Sky Sports

SUSUNAN PEMAIN: MANCHESTER UNITED: De Gea, Wan-Bissaka, Lindelof, Maguire (c), Shaw, McTominay, Fred Greenwood, Fernandes (Dalot 62), Rashford (Cavani 62), Greenwood (Pogba 45), Ronaldo. Pemain pengganti tidak diturunkan:  Henderson, Bailly, Matic, Lingard, van de Beek, Sancho. Kartu kuning: Ronaldo, Maguire, Shaw, Fred, Fernandes, Wan-Bissaka. Kartu merah: Pogba

Liverpool: Alisson; Alexander-Arnold, Konate, van Dijk, Robertson; Henderson (c), Milner (Jones 26), Keita (Oxlade-Chamberlain 63); Jota, Salah, Firmino (Mane 76). Pemain pengganti tidak diturunkan: Adrian, Gomez, Minamino, Tsimikas, Origi, Matip. Gol: Keita 5, Jota 13, Salah 38, 45, 50

ROBERT ADHI KUSUMAPUTRA, pendukung sejati Manchester United. Tulisan bersumber dari situs resmi Manchester United, situs Premier League, Manchester Live. Sumber foto: ManUtd.com.

Dua pertandingan berikut Manchester United adalah menghadapi Tottenham Hotspur di London pada pekan ke-10 Liga Premier dan menghadapi Atalanta di kandang klub Italia itu dalam Liga Champions. Sumber: ManUtd.com