Rancangan Pakuwon Bekasi Barat

Apa kiat Pakuwon membangun dan mengelola mal? “Kami sudah cukup lama dalam industri ini. Hubungan Pakuwon dengan tenant (penyewa mal) baik. Mal sukses karena tenant-tenant kami terus berkembang. Banyak tenant yang mendukung kami, dan kami juga membantu mengajari banyak tenant agar dapat maju bersama, sesuai motto Pakuwon Together We Grow,” jelas Direktur Operasi Grup Pakuwon, Eiffel Tedja, putra pertama keluarga pasangan Alex Tedja dan Helena Melinda Sujotomo, pemilik Pakuwon Group. 

Agar mal-mal yang dikelola Pakuwon tetap eksis dan berhasil, inovasi harus selalu kuat. Setiap periode harus ada perubahan dan ada kemajuan dalam tenant mix (kombinasi sewa). “Mal saat ini bukan sekadar pusat perbelanjaan tetapi juga sudah menjadi pusat gaya hidup (lifestyle),” katanya. 

Transisi kepemimpinan dari ayahnya, Alex Tedja ke putra pertamanya, Eiffel, secara bertahap mulai terlihat. Eiffel belajar banyak dari pengalamannya selama ini. Dia belajar banyak dari keberhasilan Alex Tedja memimpin dan mengembangkan Pakuwon. Beban Eiffel lebih berat karena dia harus membawa perusahaan ke level yang lebih tinggi, harus mampu memprediksi dan mengamati tren industri properti ke arah mana, mengimplementasikan apa yang dipelajarinya dan menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, termasuk membangun green building dan mewujudkan keberlanjutan (sustainability) dalam perusahaan. 

Namun yang pasti Eiffel tetap meneruskan portofolio dan legacy sang ayah yaitu mal. Pakuwon sejauh ini bersikap konservatif, prudent, dan tidak sembarangan melakukan ekspansi. Namun kini Eiffel beranggapan sumber daya manusia di perusahaannya sudah cukup mumpuni sehingga Pakuwon mulai melihat kemungkinan berekspansi ke berbagai daerah di luar Jakarta dan Surabaya. 

“Kami akan terus berkembang selama ada potensi pada populasi. Gaya hidup kini menjadi bagian dari kehidupan zaman sekarang. Kami ingin menyediakan mal gaya hidup tak hanya di Jakarta dan Surabaya, tetapi juga di berbagai daerah, sekaligus untuk mendorong pereknomian daerah. Kami akan datang “menjemput bola” agar warga daerah tidak hanya datang ke Jakarta dan Surabaya, tetapi juga tersedia di daerah mereka sendiri,” jelasnya. 

Eiffel Tedja

Saat ini Pakuwon Group sedang membangun superblok Pakuwon Bekasi, dan mengerjakan perluasan mal Gandaria City dan Kota Kasablanka, melakukan ekspansi ke Batam dan Bali. “Kiat Pakuwon adalah memberikan kepuasan yang lebih dari yang diharapkan,” katanya. 

Sebagai generasi kedua keluarga Alex Tedja, pendiri dan pemilik Pakuwon Group, Eiffel mengatakan, generasi penerus sudah bekerja sama dengan para seniornya sedari awal, sehingga generasi penerus dapat menyatukan pengalaman dan ide-ide baru yang kreatif dari para generasi baru. Dengan demikian, Pakuwon tumbuh menjadi perusahaan yang lebih modern dan tidak canggung akan teknologi baru di era digital ini. 

Together We Grow selalu dipegang teguh agar semua pemangku kepentingan atau stakeholder yang terdiri dari pemegang saham (shareholder), karyawan, vendor dan customer merasa bisnis bersama Pakuwon Group lebih nyaman, karena rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang saling menguntungkan dan saling bantu dalam memecahkan masalah menjadi sebuah budaya yang sudah berjalan lebih dari 40 tahun,” ungkapnya. 

Sesuai perkembangan zaman, Pakuwon memanfaatkan teknologi digital dalam segala bidang termasuk pemasaran antara lain melalui penggunaan media sosial, website yang informatif untuk komunikasi pemasaran serta penggunaan proptech seperti CRM untuk dapat menjangkau target pasar yang lebih luas. Pengawasan, Operational, Pembelian dan lainnya. “Perubahan di era digital terjadi sangat cepat sehingga kami harus cepat dan kreatif menerapkan kemajuan teknologi dalam semua lini bisnis kami,” paparnya. 

Menurut Eiffel, semua problem dan tantangan yang ada dirundingkan bersama dan generasi penerus diberikan kebebasan dalam mewujudkan ide-ide baru kaum millenial. 

DIKUTIP DARI BUKU “MEMBANGUN INDONESIA MELALUI INDUSTRI PROPERTI” (ROBERT ADHI KSP, PUSTAKA KSP KREATIF, 2023). INGIN MEMBACA LEBIH LENGKAP? KLIK TAUTAN INI UNTUK MEMBELI E-BOOK DENGAN POTONGAN HARGA