Harrison Ford, Tukang Kayu Menjadi Bintang Hollywood


Gambar

ROBERT ADHI KSP

Siapa sangka Harrison Ford (72), seorang tukang kayu yang mengerjakan pesanan mebel di Los Angeles, berubah hidupnya setelah menjadi bintang Hollywood? Perannya dalam serial film-film ”Star Wars” dan ”Indiana Jones” melesatkan namanya.

Sebelum menjadi bintang film, Harrison Ford adalah master tukang kayu. Dia tidak memiliki keahlian formal sebagai tukang kayu. Dia meminjam sejumlah buku tentang kayu dari perpustakaan, lalu mempelajarinya dan mempraktikkannya di sebuah rumah kosong. Setelah itu, dia menjadikan usaha mebel sebagai pekerjaan utamanya.

Harry, nama panggilan akrabnya, mengerjakan furnitur rumah. Reputasinya sebagai salah satu pembuat kabinet terbaik di kota. Dia melayani permintaan mebel yang tren di LA. Dia pernah menerima pesanan dari Sally Kellerman. Harry juga pernah mengerjakan bathroom Judy Evans, desainer kostum bintang film dalam Soap (1977), Benson (1979), The Golden Girls (1985), dan Beauty and The Beast (1987).

Sampai saat ini, Harry masih suka menjadi ”tukang kayu” untuk memuaskan hobinya.

”Drop-out”

Harrison Ford lahir di Chicago, Illinois, Amerika Serikat, pada 13 Juli 1942. Ibunya, Dorothy Ford, seorang Yahudi Rusia, sedangkan ayahnya seorang Katolik Irlandia-Protestan Jerman. Kakeknya seorang imigran Yahudi dari Rusia. Ketika ditanya apa agamanya, secara bercanda dia menjawab, ”Demokrat.” Ibunya meninggal karena kanker paru-paru pada 10 Februari 2004 dalam usia 86 tahun.

Ketika bersekolah di Maine Township High School East di Park Ridge Illinois, Harry termasuk siswa yang kurang bersemangat. Nilainya pas-pasan. Di sekolah menengah itu, Harry satu sekolah dengan Hillary Rodham Clinton dan Karen Black. Ketika suami Hillary terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat, Harry menjadi sahabat baik Bill dan teman bermain golf sang presiden.

Harry melanjutkan pendidikan akting di Rippon College di Wisconsin. Namun, dia meninggalkan bangku kuliah tanpa memperoleh gelar setelah menandatangani kontrak Hollywood dengan Columbia dan Universal.

Inilah awal mula kariernya sebagai bintang Hollywood. Dia bermain dalam film layar lebar dan televisi The Virginian (1962) dan Ironside (1967). Setelah itu, dia bermain sebagai Bob Falfa dalamAmerican Graffiti (1973).

Indiana Jones

Empat tahun setelah itu, Harry sukses memainkan peran sebagai Han Solo dalam film Star Wars:Episode IV – A New Hope (1977). Empat tahun kemudian, Harry sukses berperan sebagai Indiana Jones dalam Raiders of The Lost Ark (1981). Empat tahun berikutnya, Harry menjadi nomine Academy Award dan Golden Globe atas perannya sebagai John Book dalam film Witness (1985).

Nomine lain Golden Globe didapatkan Harry ketika dia bermain sebagai Dr Richard Kimble dalamThe Fugitive (1993).

Penampilannya sebagai Indiana Jones dalam serial film Indiana Jones membuatnya berada di posisi ketujuh dalam daftar ”100 Karakter Film Terbaik Sepanjang Masa” versi majalah Premier.

Dari semua karakter yang pernah dia mainkan, dia sering mengatakan Indiana Jones merupakan favoritnya dan salah satu yang membuatnya bangga.

Harry sebenarnya bukan aktor pertama yang membintangi peran terkenalnya sebagai Han Solo dan Indiana Jones. Tom Selleck membintangi Indiana Jones pertama, sedangkan Christopher Walken aktor pertama yang memerankan Han Solo dalam Star Wars.

Ketika bermain dalam trilogi Star Wars, Harry tidak pernah menandatangani kontrak. Harry pernah mengalami cedera di punggungnya ketika shooting film Indiana Jones and the Temple of Doom(1984).

”Jack Ryan”

Harry adalah aktor kedua yang memerankan diri sebagai agen CIA, Jack Ryan (dari buku Tom Clancy) dalam Patriot Games (1992) dan Clear and Present Danger (1994) setelah aktor pertama Alec Baldwin mundur setelah bermain dalam The Hunt for Red October (1990). Ben Affleck aktor ketiga.

Harry berperan dalam dua film yang melibatkan presiden Amerika Serikat. Dalam Air Force One(1997), Harry berperan sebagai Presiden AS James Marshall.

Pada tahun 2000-an, Harry kembali bermain film romance-action Proof of Life, The Perfect Storm, dan epik perang The Patriot.

Dari semua filmnya, The Mosquito Coast (1986) menjadi favoritnya.

Tiga sutradara

Harrison Ford dikenal dalam peran ikoniknya sebagai Han Solo dan Indiana Jones. Dia satu-satunya aktor yang bekerja sama dengan tiga sutradara kondang, yaitu Steven Spielberg, George Lucas, serta Francis Ford Coppola.

Harry lebih banyak berperan dengan karakter yang menggunakan kecerdasan dibandingkan kekuatan fisik. Dia pendiam, kepribadiannya baik. Suaranya lembut dan dalam.

Harry terpilih sebagai salah satu dari 100 bintang Hollywood paling seksi dalam sejarah film versi majalah Empire. Harry juga terpilih sebagai ”Pria Paling Seksi Sepanjang Masa” versi majalah People. Dia berada di posisi pertama daftar 100 bintang film sepanjang masa (1997). Harry juga terpilih sebagai salah satu dari 50 pria paling ganteng di dunia versi majalah People.

Terkaya

Harrison Ford kini bintang Hollywood yang mapan dan salah satu aktor Hollywood dengan bayaran termahal. Pada tahun 2001, Harry masuk dalam daftar Guinness Book of Records sebagai aktor pria paling kaya.

Pada Mei 2007, pendapatan kotor dari seluruh film box office-nya di Amerika Serikat mencapai 3,10 miliar dollar AS. Apabila ditambah dari pendapatan kotor di seluruh dunia, jumlahnya mencapai 6 miliar dollar AS. Ini membuat Harrison Ford masuk posisi ke-3 bintang Hollywood di bawah Eddie Murphy dan Tom Hanks.

Harrison Ford menerima Bintang Hollywood Walk of Fame pada 30 Mei 2003.

Tiga kali

Saat ini Harry tinggal di rumah bercat putih yang dia bangun sendiri dengan ranch yang luas di Jackson Hole, Wyoming. Dia juga memiliki rumah di Los Angeles.

Harrison Ford memiliki lima anak dan tiga cucu. Dia menikah tiga kali. Tahun 1964-1979, Harry menikah dengan Mary Marquardt (dua anak), dan pada tahun 1983-2004 dengan Melissa Mathison (dua anak).

Tahun 2010, Harry menikah dengan Calista Flockhart. Pernikahan ketiga di Santa Fe dihadiri Gubernur New Mexico Bill Richardson.

Selamatkan pendaki

Harrison Ford sering kali berperan sebagai ”pahlawan” dalam film-filmnya. Dalam kehidupan nyata, dia pernah menyelamatkan pendaki gunung dengan helikopternya. Dia menerbangkan helinya untuk menyelamatkan pendaki gunung Sarah George (20) dari Gunung Table dekat ranch-nya di Jackson Hole, Wyoming, Juli 2000.

Harry memang seorang pilot pribadi yang mampu menerbangkan helikopter dan pesawat bermesin tunggal. Koleksi helikopternya antara lain Bonanza, Gulfstream IV, DeHavland Beaver, dan Bell 407. Dia sering terbang sendirian antara New York City dan rumahnya di Wyoming.

Jalan hidup orang tak ada yang tahu. Drop-out dari sekolah, lalu menjadi tukang kayu, dan kini bintang Hollywood kaya raya. (IMDB)

SUMBER: DI MANA DIA SEKARANG, KOMPAS SIANG DIGITAL EPAPER, SABTU 24 MEI 2014

Iklan