Andrea Corr, Si Cantik dari Irlandia


Andrea Corr

ROBERT ADHI KSP

Andrea Jane Corr (41) merupakan anggota grup musik Celtic dan Irlandia, The Corrs. Berwajah cantik dan bersuara merdu, Andrea membawakan sejumlah lagu, di antaranya ”Breathless”, ”What Can I Do”, ”Everybody Hurts”, dan ”Runaway”, yang pernah populer di seluruh dunia.

Permainan alat tiup Andrea, yang dikombinasikan dengan permainan biola saudaranya, Sharon, membuat grup The Corrs menonjolkan ciri khas Irlandia. Musik The Corrs menunjukkan adanya pengaruh kuat dari budaya Celtic tradisional serta pop modern, seperti The Eagles dan The Carpenters. Andrea lahir di Dundalk,County Louth, Irlandia, pada 17 Mei 1974. Ia putri bungsu dari empat bersaudara pasangan Gerry Corr, manajer di Electricity Supply Board, dan Jean, ibu rumah tangga. Mereka tinggal di Dundalk. Andrea yang punya kebiasaan mengisap jempol itu memiliki saudara kandung, yaitu Sharon Corr, Caroline Corr, dan Jim Corr.

Orangtua Corr bersaudara merupakan musisi yang sangat peduli agar anak-anaknya mendalami musik. Andrea belajar bermain piano, demikian juga saudara-saudaranya. Gerry dan Jean memiliki band sendiri, Sound Affair, yang memainkan lagu-lagu ABBA dan The Eagles di pub-pub di Dundalk. Mereka selalu membawa serta anak-anak mereka ke sana. Andrea memainkan alat tiup dan diajari oleh sang ayah. Melalui masa remaja, Andrea dan saudara kandungnya sering berlatih di kamar tidur rumah yang disewa.

Andrea tampil sebagai penyanyi, Sharon bermain biola, sedangkan Caroline dan Jim bermain keyboard. Pada masa mudanya, Andrea merupakan pelajar terbaik di antaranya saudara-saudaranya. Dia memulai kehidupan musiknya dengan bergabung dalam grup band ketika lulus dari sekolah menengah. Pada 1990, Andrea dan saudara-saudaranya membentuk band kuartet The Corrs. Dalam grup band The Corrs, Andrea adalah penyanyi utama yang membawakan lirik lagu-lagu yang sebagian besar diciptakannya. Andrea mengatakan menulis lagu saat berada di dalam bak mandi.

”Musik itu sesuatu yang seksi dan sensual. Musik itu mengekspresikan dirimu,” kata Andrea. ”Ketika saya menulis sebuah lagu bersama saudara-saudara saya, faktanya saya adalah saudara kecil, dan mama berada di antara kami. Ketika dalam sebuah lagu terselip lirik mengandung seks, saya langsung berpikir, ’Oh saya seharusnya tidak memikirkan tentang seks!’,” ungkap Andrea. ”Saya ingat ketika pertama kali menulis lagu ”Runaway” dengan kata-kata make love to me through the night dan ketika mulai menyanyikannya, saya memalingkan wajah, saya tahu ibu akan mengatakan, ’Ya Tuhan, dari mana kamu mempelajari hal itu?’. Dan saya menjawab, ’Dari televisi, Mami!’,” ceritanya.

Audisi

The Corrs pertama kali tampil sebagai band ketika mereka melakukan audisi untuk film musikal The Commitments (1991). Andrea memainkan peran penting sebagai Sharon Rabbitte dalam film yang disutradarai John Hughes itu. Sang sutradara melihat band itu berpotensi menjadi band yang sukses sehingga dia bersedia menjadi manajernya. Album pertama The Corrs, Forgiven, Not Forgotten, memuat enam lagu instrumental yang menonjolkan budaya tradisional Celtic. Ketika dirilis, album itu sukses di Irlandia, Australia, Jepang, dan Spanyol. Album itu meraih status platinum di Inggris Raya dan Australia serta empat kali platinum di Irlandia.

Pada 1994, The Corrs menandatangani kontrak rekaman dengan produser David Foster dari Atlantic Records (Amerika Serikat). Album Forgiven, Not Forgotten (1995) disusul album-album berikutnya, Talk on Corners (1997), In Blue (2000), dan Borrowed Heaven (2004). The Corrs sukses menjual lebih dari 30 juta album. The Corrs pernah tampil bersama dengan U2, Celine Dion, dan The Rolling Stones. The Corrs juga pernah muncul dalam acara Sunday Night Live dan The Tonight Show with Jay Leno serta membuat video ”Unplugged” yang disponsori MTV.

Selain bermain dalam film The Commitments, Andrea juga bermain dengan Madonna sebagai penyanyi dalam film Evita (1996). Lagu ”Another Suitcase in Another Hall” dalam film Evita merupakan penampilan Andrea sebagai istri simpanan Peron. Madonna tampil sebagai Evita. Istri simpanan Peron sedianya diperankan oleh aktris Argentina, Libertad Lamarque.

Menyusul sukses album pertama, The Corrs merilis Talk on Corners dan In Blue pada 1997 dan 2000. Talk on Corners bertengger di puncak tangga album di sejumlah negara serta meraih status platinum di Inggris Raya dan Australia. In Blue yang lebih ngepop juga sukses di puncak tangga album di Irlandia, Australia, Jerman, Swiss, dan Austria serta nomor dua di Perancis dan Norwegia, juga di Swedia dan Spanyol. Ketika memproduksi In Blue, sang ibunda, Jean, meninggal dunia di Freeman Hospital, Newcastle, Inggris, dan dimakamkan di Dundalk, Irlandia. ”No More Cry” yang ditulis Andrea dan Caroline didedikasikan untuk ayah mereka agar tetap tegar dan kuat.

Pada 2003, Andrea merekam ”Time Enough for Tears”, lagu yang ditulis oleh Bono dan Gavin Friday untuk film In America. Lagu itu masuk dalam album The Corrs, Borrowed Heaven, yang didedikasikan bagi ibunda dan ayahanda mereka. The Corrs juga mendedikasikan album Home (2005) untuk sang ibunda. Mereka banyak memainkan lagu-lagu tradisional Irlandia dari buku lagu sang ibunda untuk memperingati 15 tahun grup band itu.

Salah satu keunikan Andrea adalah ketika dia tampil tanpa alas kaki dalam konsernya pada tahun 1999-2000. Ketika kakak-kakaknya sibuk dengan keluarga masing-masing, Andrea merintis karier solo. Dia merilis album solo pertamanya, Ten Feet High, pada 25 Juni 2007. Album itu diproduksi Nellee Hooper yang bekerja bersama Gwen Stefani dan Madonna dengan Bono sebagai produser eksekutif. Lagu pertamanya, ”Shame on You”, merupakan lagu pop tentang lelaki dan perempuan yang berangkat untuk perang dan meninggalkan pasangan masing-masing yang tak pernah mereka lihat kembali. Andrea masuk dalam daftar 100 Gadis Paling Seksi pada jajak pendapat majalah FHM edisi Inggris tahun 2000.

Menikah

Andrea menikah dengan lelaki yang dipacarinya selama dua tahun, Brett Desmond, pada 21 Agustus 2009 di Gereja St Joseph, Desa Miltown Malbay, County Clare, Irlandia. Brett Desmond merupakan putra seorang miliarder, Dermot Desmond.

Dalam pernikahan itu, Sharon Corr dan Caroline Corr menyanyikan lagu ”No Frontiers”. Damien Dempset, Sharon Shannon, dan Seamus Begley juga tampil di panggung gereja. Andrea melahirkan anak pertamanya, Jean Desmond, dalam usia 37 tahun pada 28 April 2012. Anak keduanya, lelaki, Brett Desmond Jr, lahir pada 4 Januari 2014. Sejak Andrea menikah, penggemarnya sudah jarang menyaksikan si cantik dari Irlandia ini menyanyi bersama kakak-kakaknya dalam grup The Corrs. (IMDB)

SUMBER: DI MANA DIA SEKARANG, KOMPAS SIANG DIGITAL EPAPER, SABTU 28 FEBRUARI 2015

Iklan