Robert De Niro, Peraih Dua Oscar


Robert De Niro

ROBERT ADHI KSP

Nama Robert De Niro (70) terus berkibar di dunia Hollywood. Aktor, sutradara, dan produser film kelahiran New York itu sudah dua kali meraih Piala Oscar berkat penampilannya sebagai aktor pendukung terbaik dalam ”The Godfather Part II” pada 1974 dan sebagai aktor terbaik dalam ”Raging Bull” pada 1980.

De Niro juga nomine Academy Awards atas aktingnya di Taxi Driver (1976), The Deer Hunter (1978), Awakenings (1990), Cape Fear (1991), dan Silver Linings Playbook (2012).

De Niro menguasai metode teknik akting karakter-karakter yang diperankannya dengan mempelajari latar belakang tokoh secara serius. Dia mempersiapkan fisik dan mentalnya agar bisa bermain dengan baik.

De Niro yang memiliki tahi lalat di pipi kanannya dan memiliki aksen New York yang kental itu sering memainkan karakter sebagai pria pemarah yang kasar dan lelaki yang tertekan.

Dia belajar akting di The Stella Adler Conservatory dan The American Workshop. Dia dikenal atas perannya dalam Bang The Drum Slowly (1973), tetapi mendapatkan reputasi sebagai aktor di Mean Streets (1973) yang menjadi film pertamanya bersama sutradara Martin Scorsese.

De Niro beberapa kali bekerja sama dengan Martin Scorsese. Sebenarnya pada masa mudanya, De Niro dan Martin Scorsese tinggal di kawasan Greenwich Village di Manhattan, tetapi mereka belum pernah bertemu secara formal. Ketika keduanya bertemu dalam sebuah pesta tahun 1972, mereka menyadari pernah bertemu berulang kali tetapi belum bertegur sapa.

De Niro adalah aktor kedua yang meraih Oscar untuk peran sebagai Don Vito Corleone. Dia dan Marlon Brando adalah dua aktor yang meraih Oscar karena memainkan karakter yang sama. Sejak kecil, De Niro sudah mengidolakan Marlon Brando.

Dua penampilannya dalam film yang meraih Oscar berkaitan dengan Marlon Brando. Dalam Oscar pertamanya sebagai aktor pendukung terbaik, De Niro memerankan karakter Don Vito Corleone (yang juga diperankan Marlon Brando) dalam versi lebih muda. Oscar keduanya sebagai aktor terbaik dalam filmRaging Bull (1980), dia mengucapkan kalimat Brando yang terkenal dari film On The Waterfront (1954).

De Niro menghabiskan waktu empat bulan untuk belajar berbicara dalam dialek Sicilia agar dapat memerankan karakter Vito Corleone dengan baik dalam The Godfather Part II (1974). Hampir semua dialog yang dilakukan Vito Corleone di film itu dalam dialek Sicilia.

De Niro adalah salah satu dari lima bintang yang meraih Piala Oscar yang memainkan karakter dalam bahasa asing. Empat artis lainnya adalah Sophia Loren, Marion Cotillard, Roberto Benigni, dan Benicio Del Toro.

De Niro sesungguhnya seperempat Italia. Robert mirip dengan kakeknya seorang Italia yang sering dikunjunginya di Syracuse, New York, ketika masih muda. De Niro mengatakan bahwa dia lebih banyak sisi Italia. ”Saya setengah Italia, tapi bukan orang Italia. Saya sebagian Belanda, Perancis, Jerman, Irlandia. Nama saya nama Italia,” katanya. Dia masuk dalam Italian-American Hall of Fame pada 2002.

De Niro meraih Oscar dalam perannya sebagai Jake LaMotta dalam Raging Bull (1980). Itu membuatnya sebagai salah satu dari 13 aktor yang meraih Oscar yang memerankan tokoh yang masih hidup.

De Niro mengepalai perusahaan produksi miliknya sendiri, Tribeca Film Center, dan membuat debut sebagai sutradara pada 1993 untuk film A Bronx Tale (1993). ”Saya tidak suka menonton film-film saya sendiri. Saya sering tertidur bila film saya diputar,” katanya tertawa.

Dia mengorganisir Festival Film Tribeca pertama pada Mei 2002. Tujuannya untuk merevitalisasi kawasan Lower Manhattan pasca serangan 11 September 2001.

”Saya sudah pergi ke Paris, Roma, dan saya selalu berkata, tak ada kota seperti New York, kota paling asyik sedunia,” katanya.

Putus sekolah

De Niro adalah putra dari pelukis Virginia Admiral dan ekspresionis-abstrak Robert De Niro Sr.

Pada masa kanak-kanak, De Niro mengidolakan Montgomery Clift, Robert Mitchum, dan Marlon Brando.

Tumbuh di kawasan Little Italy di New York City, nama panggilannya adalah Bobby Milk karena dia begitu kurus dan sepucat susu.

De Niro ditemukan kali pertama ketika dia berusia 10 tahun dan mencintai aktingnya sebagai The Cowardly Lion dalam The Wizard of Oz yang diproduksi perusahaan setempat.

Pada usia 17 tahun, dia tiba-tiba mengatakan akan menjadi bintang film. Tak satu pun orang yang memercayai sampai De Niro meninggalkan sekolah menengah dan bergabung dengan sekolah peran Stella Adler.

De Niro kemudian belajar drama di HB Studio di Greenwich Village, New York City.

De Niro menikahi perempuan Amerika-Afrika Diahnne Abbott pada 28 April 1976, tetapi pasangan ini bercerai pada 1988

De Niro menikah dengan istri keduanya, Grace Hightower, pada 17 Juni 1997 yang memberinya anak laki-laki, Elliot De Niro, pada 18 Maret 1998. Anak kedua mereka lahir pada Desember 2011.

De Niro sempat didiagnosis mengalami kanker prostat dan berhasil sembuh total pada Oktober 2003 setelah dioperasi di RS Sloan-Kettering di New York.

Artis sepanjang masa

De Niro bermain sebagai direktur CIA dalam The Good Sheperd (2006) dan agen CIA dalam Ronin (1998), keduanya kisah nyata, serta berperan sebagai agen CIA dalam Meet the Parents (2000), kali ini fiksi.

Dalam buku 1001 Movies You Must See Before You Die edisi ke-5 (editor Steven Jay Schneider), De Niro disebutkan bermain dalam Mean Streets (1973), The Godfather Part II (1974), Taxi Driver (1976), 1900 (1976),The Deer Hunter (1978), Raging Bull (1980), The King of Comedy (1982), Once Upon a Time in America (1984),Brazil (1985), The Untouchables (1987), Goodfellas (1990), Casino (1995), Heat (1995) dan Meet the Parents(2000).

Pada Oktober 1997, De Niro berada di ranking ke-5 daftar 100 Bintang Film Sepanjang Masa versi majalahEmpire. Pada 2005, majalah Premiere memasukkan dia dalam daftar ke-38 Bintang Film Terbesar Sepanjang Masa.

De Niro dipilih sebagai aktor terbaik sepanjang masa dalam FilmFour.com pada 2002. Dia juga terpilih sebagai bintang film terbesar kedua sepanjang masa dalam jajak pendapat Channel 4 (Inggris). Dia dikalahkan Al Pacino.

Pada 1993 dia diajak main film Ferrari dan berperan sebagai Enzo Ferrari, yang menghabiskan biaya 65 juta dollar AS dan disutradarai Michael Mann. Namun, proyek ini gagal.

Bagi De Niro, Merryl Streep adalah aktris favoritnya saat bermain bersama.

De Niro memiliki restoran Rubicon di San Francisco bersama warga Bay area Francis Ford Coppola dan Robin Williams. Dia juga memiliki restoran Ago di West Hollywood dan beberapa restoran lain di New York, termasuk Nobu dan Layla.

De Niro merupakan pendukung setia Partai Demokrat Amerika Serikat. Dia melobi Kongres untuk melawan pemakzulan Presiden Bill Clinton pada 1998. Dia mendukung Al Gore pada pemilihan presiden tahun 2000 dan mendukung John Kerry dalam pemilihan presiden tahun 2004. Robert De Niro juga mendukung senator Demokrat, Barack Obama, dalam pemilihan presiden tahun 2008.

SUMBER: DI MANA DIA SEKARANG, KOMPAS SIANG DIGITAL EPAPER, 26 JULI 2014

Iklan