Julie Andrews, Aktris Sepanjang Masa


Julie Andrews

ROBERT ADHI KSP

Aktris film dan penyanyi Julie Andrews (79) dikenal sebagai salah satu pemeran film musikal ”The Sound of Music”. Film yang diproduksi tahun 1965 itu salah satu film musikal yang sukses sepanjang masa. Lagu-lagu dalam film itu, antara lain ”Edelweiss”, ”The Sound of Music”, dan ”Do-Re-Mi”, hingga kini masih sering diputar dan dinyanyikan di seluruh dunia. CD lagu-lagu itu didaur ulang dan tetap laris manis. Cerita dalam film itu berulang kali diadaptasi ke dalam berbagai versi dan dipentaskan dalam pertunjukan di banyak negara.

Bahkan, kota Salzburg di Austria, yang menjadi lokasi pengambilan film itu, ikut terkenal. Jutaan wisatawan mancanegara setiap tahun berkunjung ke kota ”The Sound of Music” tersebut dan menikmati keindahannya. Betapa dahsyatnya dampak sebuah film.

Dalam film The Sound of Music, Julie Andrews berperan sebagai Maria, yang mendapat tugas mengasuh tujuh putra-putri keluarga von Trapp. Setting film yang diangkat dari buku The Von Trapp Family Singersyang ditulis oleh Maria von Trapp itu terjadi ketika Nazi Jerman menduduki Austria. Film ini berakhir happy ending: Maria dinikahi Kapten George Ritter von Trapp.

Sampai kini, cerita keluarga von Trapp masih menjadi bahan pentas pertunjukan musikal. Yang terbaru adalah pertunjukan The Sound of Music di Grand Theatre, Marina Bay Sands, Singapura, Juli 2014.

Empat puluh tahun setelah film itu dirilis, pada 2005 Julie Andrews mengadakan reuni bersama ”keluarga von Trapp”. Pada 2009, mereka berkumpul lagi bersama dalam acara televisi Oprah. Kebetulan semua artis utama masih hidup. Mereka menyanyikan lagu ”Edelweiss” bersama-sama. Betapa film The Sound of Music tetap menggema hingga kini.

Selama lebih dari lima dekade, Julie Andrews telah menghibur penonton dan penikmat film di seluruh dunia. Pada 2007, dia menerima Screen Actors Guild Life Achievement Award atas prestasi profesionalnya. Pada 23 Desember 2010, Julie menerima Lifetime Achievement Grammy.

Gaya rambut Julie Andrews pada usia senjanya juga tetap sama dengan gaya rambutnya saat-saat pertama bermain film, yaitu dipotong pendek.

Film musikal

Julie Andrews lahir pada 1 Oktober 1935 di Walton-on-Thames, Surrey, Inggris, dengan nama Julia Elizabeth Wells dari pasangan Barbara Ward dan Edward Charles Wells. Dia mengubah nama belakangnya dari Wells menjadi Andrews setelah ibunya, pianis, menikah dengan ayah tirinya, Ted Andrews, seorang penyanyi.

Sebelum sukses di Broadway, Julie Andrews sejak remaja sudah sukses tampil di panggung Inggris.

Setelah pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1950-an, Julie kembali meraih sukses setelah membintangi film musikal The Boyfriend (1954-1955).

Tahun berikutnya, dia membintangi My Fair Lady dan berperan sebagai Eliza Dootlittle, peran yang membawa dia masuk nomine Tony Award sebagai aktris terbaik dalam musikal. Dia melanjutkan penampilannya sebagai bintang film musikal lainnya Camelot pada 1960. Dalam film itu, Julie mendapatkan nomine Tony Award keduanya.

Lompatan

Julie Andrews membuat lompatan dan mendapat ketenaran pada 1964 setelah membintangi film The Americanization of Emily bersama James Garner; dan film Mary Poppins.

Julie menjadi pengasuh yang dicintai dan memikat dalam film Mary Poppins. Atas penampilannya dalam Mary Poppins, Julie Andrews meraih Academy Award pertamanya sebagai Aktris Terbaik.

Julie Andrews merupakan aktris ke-61 yang menerima Piala Oscar dalam acara penyerahan Academy Awards ke-37 pada 5 April 1965.

Tahun berikutnya, Julie mendapatkan nomine Piala Oscar dalam film musikal The Sound of Music. Dalam film ini, Julie Andrews berperan lagi sebagai pengasuh. Agar bisa tampil dengan baik, dia secara khusus belajar gitar.

Baik Mary Poppins maupun The Sound of Music membawa nama Julie Andrews dikenal di seluruh dunia. Dua film ini mencatat sukses besar, langsung membuat nama Julie Andrews sangat populer. Film-film ini bahkan tetap diputar bertahun-tahun kemudian.

Dalam periode enam tahun (1964-1970), dia tampil dalam empat film musikal berbeda dan berperan sebagai Mary (Mary Poppins), Emily (The Americanization of Emily), Mille (Thoroughly Modern Mille), dan Lili (Darling Lili). Kecuali Darling Lili, semua film tersebut mencatat sukses luar biasa.

Film Mary Poppins (1964) menjadi pencetak uang bagi Disney, film The Sound of Music (1965) bagi 20thCentury Fox, dan film Thoroughly Modern Millie (1967) bagi Universal Studio.

Nama Julie Andrews tertera di Hollywood Walk of Fame pada 5 Oktober 1979. Julie Andrews merupakan perempuan pertama yang dinobatkan sebagai Legenda Disney dan masuk dalam Disney Hall of Fame.

Dalam biografinya, terungkap bahwa Julie pertama kali melihat suami keduanya, Blake Edwards, dalam sebuah pesta ketika dia dan suami pertamanya, Tony Walton, sedang menikmati bulan madu mereka. Dia dan Blake tidak bertemu sampai beberapa tahun kemudian.

Julie Andrews kemudian menikah dan bermain dalam sejumlah film yang disutradarai Blake Edwards antara lain S.O.B pada 1981, Victor/Victoria, Darling Lili (1970), The Man Who Loved Woman (1983), dan That’s Life(1986).

Pada 1996, Julie Andrews kembali ke Broadway dalam Victor/Victoria. Dia mendapat nomine ketiganya dalam Tony Award.

Pada akhir 1990-an, Julie sempat mengalami gangguan pada suaranya. Setelah menyadari dia tidak pernah mendapatkan kembali suaranya yang tajam dan powerful, Julie melanjutkan bermain dalam film layar lebar dan televisi.

”Dame”

Julie Andrews adalah orang termuda yang pernah tampil di Royal Command Performance di depan Raja George VI, Ratu Elizabeth, Putri Elizabeth yang kemudian menjadi Ratu Elizabeth II dan Putri Margaret.

Pada 31 Desember 1999, Julie Andrews dinobatkan menjadi ”Dame” oleh Ratu Inggris Elizabeth II. Gelar ”Dame” merupakan penghargaan untuk perempuan setara dengan gelar ”Sir” untuk lelaki.

Pada 2002, Julie terpilih sebagai orang Inggris terbesar sepanjang masa di urutan ke-59 menurut jajak pendapat BBC.

Sebagai ”Dame”, Julie bermain dalam film The Princess Diaries (2001) dan sekuel The Princess Diaries 2: Royal Engagement (2004).

Perjalanan hidup Julie Andrews sudah dituangkan dalam tiga buku berbeda yaitu Julie Andrews: A Life on Stage and Screen yang ditulis Robert Windeler, Julie Andrews: An Intimate Biography yang ditulis Richard Stirling, dan Home: A Memoir of My Early Years (Maret 2008).

Julie Andrews juga menulis buku bersama putrinya, Emma Walton (putri dari pernikahan pertamanya dengan Tony Walton) berjudul Thanks to You: Wisdom from Mother and Child.

Pada tahun 2010, Julie masih muncul (dalam bentuk suara) sebagai Ratu Lilian dalam film animasi Shrek Forever After.

Selama Perang Vietnam, Julie dan suaminya, Blake Edwards, berjuang agar dapat membawa beberapa anak yang terluka dari zona perang ke Amerika Serikat.

Pasangan suami istri ini kemudian mengadopsi dua anak Vietnam sebagai anak angkat, yaitu Amy (kelahiran 1974) dan Joanna (1975).

Julie juga menjadi ibu tiri bagi dua anak suami keduanya, Jennifer Edwards dan Geoffery Edwards. Dari suami pertamanya, Julie memiliki dua anak, Tony Walton dan Emma Walton.

Seorang putri Julie, Amy Edwards, menikah dengan musisi rock Lauren Scheff pada 24 Oktober 2004, tetapi keduanya kini sudah bercerai.

Julie Andrews kini menikmati usia senjanya dan asyik bermain dengan cucu-cucunya. Dua cucu biologisnya adalah Sam (lahir 1996) dan Hope (2003) dilahirkan putrinya, Emma Walton. Cucu lainnya adalah Max Scheff dari putri adopsinya Amy Edwards, Kayti dan Hannah Schneider dari putri tirinya Jennifer Edwards; Isabelle dan Hank dari anak laki-laki tirinya Geoffery Edwards. (IMDB/BIOGRAPHY)

SUMBER: DI MANA DIA SEKARANG, KOMPAS SIANG DIGITAL EPAPER, SABTU 2 AGUSTUS 2014

Iklan