Pierce Brosnan dan ”Passion” dalam Dunia Film


Pierce Brosnan

ROBERT ADHI KSP

Pierce Brosnan (61) memiliki ”passion” dalam dunia film. Dikenal sebagai bintang film seri televisi ”Remington Steele” (1982-1987) dan agen rahasia Inggris M-16, James Bond, dalam film ”GoldenEye” (1995), ”Tomorrow Never Dies” (1997), ”The World is Not Enough” (1999), dan ”Die Another Day” (2002), Pierce Brosnan kemudian mendirikan perusahaan produksi film sendiri. Sampai saat ini pun dia masih muncul dalam berbagai film.

Tahun 2013 menjadi tahun yang sibuk bagi Brosnan. Dia memproduksi dan membintangi film How To Make Love Like an Englishman bersama Salma Hayek, Jessica Alba, dan Malcolm McDowell dengan sutradara Tom Vaughan, serta dalam film November Man yang disutradarai Roger Donaldson.

Brosnan juga bermain dalam tiga film terbaru, yaitu Love Punch bersama Emma Thompson yang diputar pertama kali di Festival Film Toronto pada musim dingin, A Long Way Down bersama Aaron Paul, Toni Collette, dan Imogen Poots, yang diputar pertama kali di Festival Film Berlin, Februari lalu, serta The Coup bersama Owen Wilson.

Karena passion-nya dalam dunia film, pada 1996 Brosnan mendirikan perusahaan produksi sendiri, yaitu Irish Dream Time. Produksi pertama perusahaan Brosnan adalah The Thomas Crown Affair yang meraih sukses di seluruh dunia

Irish Dream Time sejauh ini memproduksi 10 film termasuk November Man yang membawa Brosnan kembali ke dunia spionase, How to Make Love Like an Englishman, The Greatest (2010), Shattered(2007), The Matador (2005), Laws of Attraction (2004), Evelyn (2002), The Thomas Crown  Affair (1998), The Match (1999), dan The Nephew (1998).

Berkat menonton film

Pierce Brosnan lahir di Navan, County Meath, Irlandia, 16 Mei 1953. Ibunya, May, berusia 19 tahun ketika melahirkan Brosnan. Tak lama setelah ibu dan ayahnya, Thomas, menikah pada 16 Agustus 1952, keduanya berpisah.

Akibatnya, sejak berusia 4 tahun, Brosnan diasuh oleh kakek dan neneknya, Philip dan Kathleen Smith, sementara ibunya ke London, bekerja sebagai perawat. Ketika Brosnan berusia 6 tahun, kakek dan neneknya meninggal. Saat Brosnan berusia 10 tahun, ibunya membawa kembali Brosnan ke rumahnya di Putney, London.

Di London, May bertemu dengan Bill Carmichael, yang mengajaknya menikah. Tapi, May bertanya terlebih dahulu kepada anak lelakinya, Brosnan. Setelah Brosnan memberikan persetujuan, ibunya menikah dengan Carmichael.

Sejak itu, Carmichael mendidik Brosnan sebagai anak lelakinya. Keduanya cocok satu sama lain. Carmichael jugalah yang mengajak Brosnan menonton Goldfinger (1964) yang diperankan Sean Connery. Goldfinger adalah film James Bond 007 pertama yang ditontonnya. Sejak itu, Brosnan bercita-cita menjadi bintang film.

Dua film pertama yang ditontonnya di bioskop, Goldfinger dan Lawrence of Arabia (1962), sangat memengaruhi jalan hidupnya.

Brosnan belajar akting di The Drama Center di London utara selama tiga tahun. Setelah lulus, ia tampil di panggung teater di London.

James Bond

Pada 1982, Brosnan pindah ke Los Angeles, Amerika Serikat. Kariernya langsung melesat setelah membintangi film serial Remington Steele yang ditayangkan TV NBC.

Brosnan makin berkibar setelah membintangi empat film James Bond, yaitu GoldenEye (1995),Tomorrow Never Dies (1997), The World is Not Enough (1999), dan Die Another Day (2002).

Dia mendapat bonus mobil setelah bermain di film-film James Bond. Dari film GoldenEye, dia menerima BMW Z3, dari film Tomorrow Never Dies, menerima BMW 750iL, dan dari The World is Not Enough (1999), mendapatkan BMW Z8.

Menurut para penjahit pakaian James Bond di London, Brosnan adalah James Bond paling ringan dan paling berat. Ketika mengukur pakaiannya untuk film pertama Bond yang dia perankan, GoldenEye, berat Brosnan 164 pounds. Ini membuat Brosnan paling ringan.

Namun, ketika penjahit pakaian Bond mengukur dia untuk film Bond keempat yang diperankannya,Die Another Day, berat Brosnan sudah 211 pounds. Ini artinya Brosnan orang paling berat yang memerankan James Bond.

”Saya tahu banyak aktor mengatakan sebaliknya, tetapi saya suka adegan bercinta. James Bond seharusnya menjadi great lover, tetapi saya melihat banyak adegan cinta di film-film Bond sedikit membosankan. Lebih indah melakukannya di rumah bersama istri,” ujarnya terus terang.

Brosnan adalah aktor ketiga yang bermain sebagai James Bond yang bermain lebih dari dua film, setelah Sean Connery dan Roger Moore. Aktor keempat adalah Daniel Craig.

Bagi Brosnan, film-film Bond favoritnya adalah From Russia with Love (1963) dan For Your Eyes Only (1981), sedangkan film Bond yang tidak disukainya adalah On Her Majesty’s Secret (1969).

”Bagi saya, hanya ada satu James Bond, dan itu adalah Sean Connery. Dia membuat peran itu menakutkan,” katanya. Brosnan bertemu pertama kali dengan Connery dalam acara Academy Awards Ke-76 pada 2004, tetapi hanya beberapa menit.

Brosnan dan Connery sama-sama berperan sebagai Raja Arthur. Connery bermain dalam film First Knight (1995) dan Brosnan lewat suaranya sebagai Raja Arthur dalam Quest for Camelot (1998).

Brosnan bersyukur, peran Bond membuatnya menjadi bintang internasional. ”Bayangkan, ketika saya berlibur di Papua Niugini, saya mendengar ada yang memanggil saya, ’Hai, Mr Bond’. Itu luar biasa,” kata Brosnan.

Keluarga

Ketika menikahi Cassandra Harris, Brosnan mengatakan, ”Perkawinan ini membuat saya mampu mengendalikan dunia. Cassie membuat saya sebagai seorang lelaki, seorang aktor, seorang ayah. Dia selalu ada dalam pikiran saya di mana pun saya berada.”

Pada 28 Desember 1991, satu hari setelah peringatan ke-11 ulang tahun pernikahan mereka (17 Desember 1980-28 Desember 1991), Cassandra meninggal di pelukannya karena kanker ovarium.

Pada 4 Agustus 2001, Brosnan, penganut Katolik yang rutin mengikuti misa di gereja di Malibu, California, menikah lagi dengan Keely Shaye Smith.

Brosnan menjadi seorang ayah untuk pertama kali pada usia 30 tahun ketika istri pertamanya, Cassandra Haris, melahirkan anak lelaki, Sean Willian Walter Brosnan (Sean Brosnan), pada 13 September 1983. Brosnan menjadi ayah untuk kedua kali pada usia 43 tahun setelah kekasihnya (yang kemudian menjadi istri keduanya) Keely Shaye Smith melahirkan Dylan Thomas Brosnan pada 13 Januari 1997. Dia menjadi ayah untuk ketiga kalinya pada usia 47 tahun setelah Keely melahirkan anak lelaki, Paris Beckett Brosnan, pada 27 Februari 2001.

Penghargaan

Brosnan, yang memiliki dua kewarganegaraan, Amerika Serikat dan Irlandia, menerima sejumlah penghargaan. Ia antara lain menerima Lifetime Achievement Award di Festival Film Chicago dan The International Star of the Year di Cinema Expo di Amsterdam.

Brosnan juga menerima gelar doktor kehormatan di bidang seni dari Dublin Institute of Technology dan gelar doktor kehormatan dari University College Cork.

Brosnan terpilih sebagai salah satu dari 50 most beautiful people di dunia versi majalah People. Ia juga terpilih sebagai Lelaki Paling Seksi pada 2001 versi majalah People.

Pada 2003, Brosnan menerima penghargaan Order of the British Empire (OBE) dari Ratu Inggris. Penghargaan itu diberikan untuk warga non-Inggris yang telah memberikan banyak kontribusi bagi kepentingan Inggris.

Pendukung klub Fulham (yang bermain di Liga Primer Inggris) ini senang memancing. Dia menikmati aktivitas memancing di Sungai Towy di Carmarthenshire di South Wales. Mantan Presiden Amerika Serikat Jimmy Carter juga sering menikmati pemancingan di lokasi ini. (IMDB/PIERCEBROSNAN.COM)

SUMBER: DI MANA DIA SEKARANG, KOMPAS SIANG DIGITAL EPAPER, SABTU 16 AGUSTUS 2014 

Iklan