Air Supply, Duo “Soft Rock”


Air Supply

ROBERT ADHI KSP

Air Supply adalah duo soft rock dan pop rock yang berasal dari Australia. Duo yang terdiri dari Graham Russell—penyanyi, penulis lagu, dan gitaris kelahiran Inggris—dan Russell Hitchcock—vokalis—itu dikenal di seluruh dunia sejak awal 1980-an. Lagu-lagu cinta bernada sendu, ”Making Love Out of Nothing at All”, ”All Out of Love”, ”Lost in Love, ”Goodbye”, ”Now and Forever”, ”Here I Am”, ”The One That You Love”, pernah bertengger di tangga lagu di mancanegara.

Graham Russell dan Russell Hitchcock berjumpa pada 12 Mei 1975 di hari pertama latihan pertunjukan ”Jesus Christ Superstar” di Sydney, Australia. Mereka langsung menjadi sahabat karib yang sama-sama suka The Beatles, dan tentu saja, senang menyanyi.

Setelah pertunjukan selesai pukul 22.30, mereka bermain di bar dan kelab malam hanya dengan satu gitar dan dua suara. Dengan cepat, mereka meraih reputasi untuk perpaduan yang indah dan untuk lagu-lagu orisinal yang ditulis Russell secara teratur.

Mereka membuat sebuah demo di kaset yang berisi dua lagu ”Love and Other Bruises” dan ”If You Knew Me” lalu mengirimkannya ke setiap perusahaan rekaman di Sydney. Hanya CBS Records yang melihat gaya unik mereka.

Mereka membuat single pada suatu siang dan langsung menembus posisi pertama di tangga lagu Australia. Air Supply sudah lahir! Pada tahun yang sama, mereka menyanyi dalam acara pembuka tur penyanyi Inggris, Rod Stewart, yang menggelar pertunjukan di Australia, Amerika Serikat, dan Kanada. Air Supply mendapatkan penggemar baru. Namun, mereka belum mampu menembus pasar di Amerika Serikat.

 

”Lost in Love”

Kembali ke Australia, mereka memulai lagi dari awal dan membuat rekaman Life Support. Dalam album ini terdapat lagu ”Lost in Love” yang masuk dalam Top 10 di Australia. Lagu ini mendapat perhatian dari eksekutif industri musik Clive Davis di New York.

Clive segera membawa Air Supply menandatangani kontrak dengan Arista Records. Pada 1980, ”Lost in Love” menjadi single paling cepat laris di dunia, berada di puncak tangga lagu-lagu dunia. Single kedua ”All Out of Love” juga dengan cepat menembus puncak tangga lagu.

Lima lagu Air Supply lainnya pada saat bersama masuk dalam tujuh besar tangga lagu, menyamai rekor The Beatles.

Album-album Air Supply bertajuk Lost in Love, The One That You Love, Now and Forever, dan The Greatest Hits terjual lebih dari 20 juta keping. Lost in Love bahkan mendapat predikat ”Song of the Year” pada 1980 dan bersama single lain terjual lebih dari 10 juta keping.

Suara tenor Hitchcock menjadi trademark dan suara Russel yang sederhana menciptakan suara unik yang dikenal selamanya sebagai Air Supply.

Pertama ke Tiongkok

Pertunjukan Air Supply selalu mengundang banyak penonton di seluruh dunia. Air Supply adalah grup musik pertama dari Barat yang melakukan tur ke Tiongkok, Taiwan, dan negara-negara yang sebelumnya tidak mengizinkan musik pop masuk ke wilayah mereka.

Pada 1983, mereka merekam lagu ”Making Love Out of Nothing at All” (yang diciptakan Jim Steinman). Lagu ini dirilis dalam album The Greatest Hits yang terjual lebih dari tujuh juta keping.

Lagu-lagu ”Lost in Love”, ”All Out of Love”, ”The One That You Love”, ”Sweet Dreams”, dan ”Making Love Out of Nothing at All” masing-masing diputar jutaan kali di sejumlah radio.

Pada 1986, musik duo ini masih diputar di radio. Pada tahun yang sama, Russel menikah dengan aktris Jodi Varble dari Rochele, Illinois, yang juga muncul dalam video ”Making Love Out of Nothing at All”.

Air Supply memulai tur dengan produksi di sejumlah tempat yang belum pernah dikunjungi. Di Amerika Selatan dan Asia, Air Supply menjadi bagian kehidupan dari setiap orang.

Pada 1988, Air Supply diminta untuk berperan serta dalam perayaan bicentennial Australia dan bermain untuk Pangeran Charles dan Putri Diana. Pasangan Kerajaan Inggris ini rupanya penggemar Air Supply. Penampilan itu menjadi momen paling bersejarah dalam karier mereka.

Mereka merekam album The Earth pada 1989 yang terjual lebih dari satu juta keping di luar Amerika Serikat. Album ini disusul CD The Vanishing Race dengan single ”Goodbye” dan ”It’s Never Too Late” yang lagi-lagi meraih sukses multiplatinum. Album berikutnya, News from Nowhere, Yours Truly, dan Across the Concrete Sky, memberi mereka status album greatest hits kedua. Mereka berkeliling dunia setiap tahun.

Sebuah perusahaan produksi baru, A Nice Pear, dibentuk pada 2000 untuk melayani produk-produk kreatif Air Supply.

DVD Air Supply It Was 30 Years Ago Today dibuat pada Juli 2005 untuk merayakan 30 tahun keberhasilan mereka di dunia. Pada bulan yang sama, Air Supply mencatat rekor jumlah penonton di Kuba (175.000 orang).

Pada 2005, mereka merilis The Singer and The Song, sebuah album akustik yang menerima banyak kritik.

Pada Mei 2010, Mumbo Jumbo—album rekaman studio pertama Air Supply dalam delapan tahun—dirilis. Direkam di studio dekat rumah Russell di Park City, Utah, dan di fasilitas seni Odds On di Las Vegas yang didukung musisi dan orkestra top, Mumbo Jumbo diproduksi Russell dan Sean O’Dwyer dari Odds On, yang juga didukung Pink Floyd, Randy Newman, dan Blink-182.

Di antara 14 track, yang dirilis label Odds On, single pertama ”Dance with Me” membuat Air Supply muncul dalam majalah Billboard dengan tajuk ”Still Supplying The Hits After 35 Years”. Beberapa minggu kemudian, Russell mendapat penghargaan BMI Million-Air.

Air Supply mendapat sertifikat untuk lagu ”All Out of Love”, lagu terbaru mereka yang meraih posisi puncak di tangga lagu FMQB AC40 Chart, R&R (Radio and Records) AC Chart, dan Mediabase AC Chart.

Pada 2011, duo ini terus melakukan tur keliling dunia, lebih dari 150 kali tampil di sejumlah negara, di antaranya Inggris, Irlandia, Israel, Filipina, Korea, Jepang, Kanada, dan Amerika Serikat.

Air Supply menyelesaikan shooting di Jerusalem, Israel, untuk pembuatan DVD baru yang berisi dua lagu baru, yaitu ”Sanctuary” dan ”Everywhere” yang dirilis di iTunes pada Oktober 2011.

Pada 24 Oktober 2013, Australian Recording Industry Association (ARIA) mengumumkan bahwa Air Supply dinobatkan masuk dalam Hall of Fame dan disahkan dalam acara resmi tahunan ARIA Awards pada 1 Desember.

Lagu-lagu cinta Air Supply bernuansa sendu, membawa duo ini populer seantero dunia. Lagu cinta memang tak pernah mati, selalu dinikmati jutaan penggemar. (AIRSUPPLYMUSIC.COM)

SUMBER: DI MANA DIA SEKARANG, KOMPAS SIANG DIGITAL EPAPER, SABTU 22 NOVEMBER 2014

Iklan