Nicole Kidman, Si Seksi dari Australia


Nicole KidmanROBERT ADHI KSP

Nicole Kidman (47) adalah aktris dan produser film yang pernah meraih penghargaan Oscar untuk kategori Aktris Terbaik dalam film ”The Hours” (2002). Mantan istri bintang film Tom Cruise itu pernah dinobatkan sebagai perempuan Australia terkaya di bawah usia 40 tahun oleh majalah bisnis Australia ”Business Review Weekly” pada Agustus 2004. Pada saat itu, kekayaan Kidman 155 juta dollar Australia.

Nicole Kidman adalah aktris pertama Australia dan aktris ke-123 yang menerima Academy Awards. Dia memenangi Piala Oscar kategori Aktris Terbaik dalam film The Hours yang digelar pada 23 Maret 2003. Kidman membintangi 11 film yang mendapat nomine, tapi hanya satu yang meraih kemenangan.

Ketika memberi komentar setelah menerima Piala Oscar dalam Academy Awards ke-75, Kidman mengatakan, ”Saya berdiri di depan ibunda saya, dan sepanjang hidup saya, saya ingin ibu saya bangga kepada anaknya. Saya juga ingin anak perempuan saya bangga kepada saya.”

Perempuan berambut merah dan bermata biru itu sering bermain dengan karakter dingin dan emosional. Tubuhnya yang langsing dan tinggi berpenampilan mirip model. Kidman memiliki adik kandung, Antonia Kidman, bintang televisi Australia.

Kidman yang memiliki keturunan Inggris, Irlandia, dan Skotlandia ini lahir di Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat, pada 20 Juni 1967. Ibunya, Janelle Ann (Glenny), instruktur perawat. Aayahnya, Antony David Kidman, psikolog klinik dan ahli biokimia. Tak lama setelah Kidman lahir, keluarganya pindah ke Washington DC. Di kota itu, ayahnya melanjutkan penelitian tentang kanker payudara, tetapi tiga tahun kemudian kembali ke Sydney, Australia.

Ketika ibunya didiagnosis mengidap kanker payudara, Kidman yang berusia 17 tahun berhenti bekerja dan mengambil kursus pijat sehingga dia dapat melakukan terapi fisik. Sang ibu akhirnya dapat mengalahkan kanker. Ayahnya meninggal dunia akibat serangan jantung di Singapura pada usia 75 tahun.

Kehidupan keluarga menjadi prioritas bagi Kidman. Lahir sebagai aktivis sosial (ibunya seorang feminis, sedangkan ayahnya seorang advokat buruh), Kidman dan adiknya, Antonia, mendiskusikan berbagai peristiwa dalam meja makan dan berperan serta dalam kampanye-kampanye yang diikuti kedua orangtuanya di sudut-sudut jalan.

Balet dan drama

Pada masa kecilnya, Kidman menyukai balet, tetapi sering bermain drama dan pantomim. Dia belajar vokal, produksi dan sejarah teater di St Martin’s Youth Theatre di Melbourne, Australia, juga di Australian Theatre for Young People di Sydney.

”Kalau tak jadi aktris, saya jadi dokter,” kata Kidman yang besar di Longueville, Sydney.

Pada usia remaja, Kidman bekerja di Philip Street Theatre di Sydney. Setelah putus sekolah, Kidman menekuni dunia akting purnawaktu. Dia bermain film layar lebar pada usia 16 tahun dalam Bush Christmas (1983), salah satu film favorit di Australia. Penampilannya yang bagus membuatnya mendapat tawaran bermain film dan serial televisi, di antaranya BMX Bandits (1983) dan miniseri Vietnam (1987) yang mengantarkan Kidman memenangi Australian Film Institute Award pertama.

Hollywood dan Tom Cruise

Kidman membuat debut di Amerika Serikat saat bermain di film thriller, Dead Calm (1989). Bakat Kidman dalam dunia akting makin terasah.

Ketika membintangi film Days of Thunder (1990) dan berperan sebagai dokter Tom Cruise, dia menjadi pujaan Hollywood. Pertemuan Kidman dan Cruise berlanjut ke pelaminan. Pasangan ini menikah pada 24 Desember 1990.

Kidman dan Cruise tiga kali bermain film bersama. Selain Days of Thunder (1990), mereka bermain dalam Far and Away (1992), kisah dua anak muda Irlandia yang merantau ke Amerika pada akhir 1800-an, dan Eyes Wide Shut (1999).

Kidman dan Cruise mengadopsi dua anak, yaitu Isabella Jane (lahir 1993) dan Connor Antony (lahir 1995). Pada awal 2001, pasangan ini mengumumkan berpisah. Pernikahan Kidman dengan Cruise selama 11 tahun berakhir pada pertengahan musim panas 2001.

”Perpisahan dengan Cruise membuat saya rapuh, tetapi saya harus menikah lagi,” katanya. Setelah bercerai dengan Cruise, Kidman secara bercanda mengatakan, ”Sekarang saya bisa memakai sepatu berhak tinggi.”

Film

Kidman bermain bersama Michael Keaton dalam My Life (1993) dan bersama Val Kilmer dalam Batman Forever (1995). Kidman baru meraih Golden Globe ketika bermain dalam To Die For (1995). Dia membintangi The Portrait of a Lady (1996) yang diadaptasi dari karya Henry James (1996).

Kidman pernah mengalami patah tulang rusuk ketika melakukan latihan dansa rutin untuk film Moulin Rouge! (2001). Produksi film itu sempat dihentikan sementara sampai Kidman pulih dari cedera.

Dalam film itu, Kidman yang mengenakan wig merah menyanyi di samping Ewan McGregor. Nama Kidman masuk nominasi Academy Awards untuk film Moulin Rouge! (2001).

Film-film independennya menghadirkan tema-tema duka dan sedih, seperti Birth (2004) dan Rabbit Hole (2010). Juga menggambarkan perempuan kelas atas dalam Cold Mountain (2003), The Golden Compass (2007), Australia (2008), dan Queen of the Desert (2015).

Kidman bermain sebagai Grace dalam Saturday Night Live (1975) bersama Mike Myers dalam The Others (2001) dan Dogville (2003) serta untuk kali keempat sebagai protagonis dalam Grace of Monaco (2014).

Kidman dua kali berperan sebagai penyihir dalam Practical Magic (1998) dan Bewitched (2005).

Film-film favorit Kidman adalah Gone with the Wind (1939), Breaking the Waves (1996), Grease (1978), Rear Window (1954), dan The Way We Were (1973).

Kidman berteman baik dengan Daniel Craig setelah kerja bareng dalam film The Invasion dan Golden Compass. Setiap kali Craig ke Australia, dia selalu tinggal di rumah Kidman.

Penghargaan

Kidman mengantongi banyak penghargaan. Majalah People, misalnya, memasukkannya dalam daftar Orang Paling Menarik pada 1995 dan 2001. Majalah itu juga mencantumkan Kidman sebagai salah satu dari 50 Orang Paling Cantik/Ganteng di Dunia pada 1996, 1999, dan 2002.

Kidman menerima status bintang dalam Hollywood Walk of Fame pada 13 Januari 2003.

Pada 2001, Kidman dinobatkan sebagai ”Celebrity of the Year” oleh E! juga sebagai ”Entertainer of the Year” oleh Entertainment Weekly.

Pada 2005, Kidman masuk dalam peringkat ke-48 daftar Bintang Film Terbaik Sepanjang Masa versi majalah Premiere. Pada tahun yang sama, dia masuk peringkat ke-69 dalam daftar 100 Perempuan Terseksi di Dunia versi majalah FHM. Pada Agustus 2008, Kidman terpilih sebagai Bintang Film Perempuan Terseksi kelima dalam majalah Australian Empire.

Pada 2014, dia mendapat penghargaan ”Outstanding Contribution to Film Industry Award” di Festival Film Shanghai.

Kidman dipilih menjadi duta besar United Nations Development Fund for Women.

Keith Urban

Setelah bercerai dari Cruise, Kidman menjalin hubungan dengan Keith Urban. Pada 2006, dia tampil bersama Urban dalam acara Grammy Awards. Itu untuk kali pertama mereka tampil bersama di depan publik.

Keduanya menikah secara resmi pada 25 Juni 2006 di Gereja St Patrick, Manly, di pinggiran kota Sydney. Seremoni pernikahan itu menghabiskan waktu 35 menit. Dalam pesta pernikahan, Kidman mengenakan gaun merek Balenciaga.

Sebanyak 230 tamu undangan menghadiri pernikahannya, di antaranya Naomi Watts, Russell Crowe, Baz Luhrmann, Hugh Jackman, dan dua anak Nicole, Isabella dan Conor. Dia meminta tamu undangannya untuk tidak membeli hadiah apa pun untuk dia dan Keith, tetapi menganjurkan mereka mendonasikan uang kepada sejumlah organisasi kemanusiaan.

Urban memberi novel Emily Brontë edisi pertama berjudul ”Wuthering Heights” yang dibelinya dari Sotherby bernilai 200.000 dollar AS sebagai hadiah perkawinan untuk sang istri.

Pasangan itu berbulan madu di Tahiti, persisnya di St Regis di Bora Bora. Dari pernikahan keduanya, Kidman memiliki dua anak.

Pada November 2007, dia dan suaminya membeli peternakan dekat Leipers Fork, Tennessee, AS, yang kemudian direnovasi. Pasangan selebritas ini juga memiliki apartemen river view dengan tiga kamar tidur dan dua kamar mandi yang dirancang Richard Meier di tepi Sungai Hudson di Manhattan, AS.

Kidman menyukai sajak-sajak Anne Carson dan tulisan Phillip Larkin. Dia menulis cerita pendek pada waktu luang dan berharap menerbitkan cerpen-cerpen itu suatu hari nanti. (IMDB)

SUMBER: DI MANA DIA SEKARANG, KOMPAS SIANG DIGITAL EPAPER, SABTU 10 JANUARI 2015

Iklan