Sean Connery, Sang Legenda


Gambar

ROBERT ADHI KSP

Sean Connery adalah pemeran pertama film agen rahasia Inggris, James Bond, ”Dr. No” (1962). Selama lebih dari empat dekade, nama Sean Connery berkibar. Film terakhirnya adalah ”The League of Extraordinary Gentlemen” (2003). Setelah itu Sean tak pernah lagi bermain film sampai dia mengumumkankan pensiun dari dunia film pada 2006.

Sejak 2008, Sean Connery bersama keluarganya tinggal di Kepulauan Bahama. Sebelumnya Sean tinggal di Marbella, Spanyol, dekat lapangan golf, tempat dia sering di sana sehari-hari bila tidak sedang shooting film.

Thomas Sean Connery lahir pada 25 Agustus 1930 di Fountainbridge, Edinburgh, Skotlandia, Inggris, sebagai anak bungsu dari dua bersaudara. Kakaknya bernama Neil Connery.

Ibu Sean, Euphemia McBain, keturunan Skotlandia, seorang tukang cuci. Adapun ayahnya, Joseph Connery, setengah Irlandia, setengah Skotlandia, seorang pekerja pabrik dan sopir truk.

Sang ayah meninggal karena kanker tenggorokan di usia 69 tahun, pada Agustus 1972.

Pengantar susu

Sebelum terjun ke dunia film, Sean Connery melakukan banyak jenis pekerjaan, mulai dari menjadi pengantar susu, pengemudi lori, buruh, pemoles peti mati, binaragawan, sampai menjadi model artis di Edinburgh College of Art.

Ketika menjadi pengantar susu, dia membawanya ke Fettes School di Edinburgh.

Sean pernah bergabung dengan angkatan laut pada usia remaja, tetapi diberhentikan karena masalah kesehatan. Penyakit perut memaksanya untuk meninggalkan dunia militer.

Ketika menjadi tentara Inggris, pada usia 16 tahun, Sean sengaja membuat dua tato di lengan kanannya. Tatonya tersebut bertuliskan ”Scotland Forever” dan satu lagi ”Mum and Dad”.

Setelah keluar dari angkatan laut, Sean bekerja sebagai model di sekolah seni Edinburgh.

Pada usia 23 tahun, Sean memilih menjadi seorang pesepak bola profesional atau menjadi seorang aktor.

Meskipun dia menjanjikan dalam bidang olahraga, Sean memilih menjadi aktor. Pilihannya tidak salah, karena setelah menjadi bintang film, jalan hidup Sean Connery berubah.

Film James Bond

No Road Back (1957) adalah film pertama Sean Connery, disusul beberapa film televisi, seperti Anna Christie (1957), Macbeth (1961), Anna Karenina (1961), serta menjadi bintang tamu dalam Hell Drivers(1957), Another Time, Another Place (1958), Darby O’Gill and the Little People (1959), dan The Frightened City (1961). Pada 1962, Sean tampil dalam The Longest Days.

Sean Connery mulai dibicarakan banyak orang ketika dia membintangi film agen rahasia 007 James Bond berjudul Dr. No pada 1962.

Setelah itu Sean bermain dalam film-film James Bond lainnya, yaitu From Russia with Love (1963),Goldfinger (1964), Thunderball (1965), You Only Live Twice (1967), Diamonds Are Forever (1971), danNever Say Never Again (1983). Dari tujuh film James Bond yang dibintanginya, film James Bond favoritnya adalah From Russia with Love.

Ian Fleming, pencipta James Bond, sesungguhnya tidak menyukai Sean Connery bermain dalam filmDr. No, karena Ian merasa Sean masih terlalu ”mentah”.

Sean memenangi peran James Bond setelah produser film Albert R Broccoli hadir dalam pemutaran film Darby O’Gill and the Little People yang dibintangi Sean Connery. Albert sangat terkesan dengan penampilan Sean dalam film itu.

Bertahun-tahun kemudian, Sean Connery dan Albert R Broccoli bermusuhan, terutama setelah Sean tidak mau lagi bermain film Bond. Sean bahkan menolak menghadiri pemakaman Broccoli ketika sutradara itu meninggal.

”Saya tidak pernah menyukai Bond. Saya selalu membenci James Bond. Saya selalu ingin membunuhnya,” kata Sean suatu ketika. Meskipun demikian, Sean Connery mengaku tetap peduli pada film-film James Bond berikutnya.

Menurut Sean, Daniel Craig merupakan pilihan yang bagus, menarik, dan berbeda.

”Daniel Craig adalah aktor yang baik. Pierce Brosnan juga bermain baik. Namun, Timothy Dalton tidak pernah mengendalikan perannya. Aktor yang bermain sebagai James Bond harus menjadi orang yang berbahaya dan tidak bisa menjadi orang yang cool,” katanya memberikan alasan.

Sean Connery tetap bermain dalam film lainnya, antara lain film Alfred Hitchcock, Marnie (1964), The Hill (1965), Murder on the Orient Express (1974), The Man Who Would Be King (1975), The Wind and the Lion (1975), Time Bandits (1981), Highlander (1986), The Name of the Rose (1986), The Untouchables (1987) (yang memberinya Piala Oscar sebagai aktor pendukung terbaik), Indiana Jones and the Last Crusade (1989), The Hunt for Red October (1990), Rising Sun (1993), The Rock (1996),Finding Forrester (2000), dan The League of Extraordinary Gentlemen (2003).

Sean Connery berperan sebagai raja dalam empat film, yaitu sebagai Raja Daniel Dravot dalam The Man Who Would Be King (1975), sebagai Raja Agamemnon dalam Time Bandits (1981), sebagai Raja Richard dalam Robin Hood: Prince of Thieves (1991), dan sebagai Raja Arthur dalam First Knight(1995).

Sean Connery memiliki suara yang dalam dengan aksen Skotlandia yang kental. Dia lebih dikenal sebagai bintang pertama James Bond.

Sean lebih sering bermain dalam film-film action dan berperan sebagai pahlawan.

”Saya pernah berperan sebagai ayah Harrison Ford dan ayah Dustin Hoffman. Saya tidak pernah ingin menjadi James Bond lagi,” katanya.

Kini, Sean Connery memiliki perusahaan produksi film, Fountainbridge Films. Nama Fountainbridge berasal dari daerah di Edinburgh, tempat kelahirannya.

Keluarga artis

Sean Connery menikah dengan artis Diane Cilento pada 1962. Pasangan ini memiliki seorang anak lelaki, Jason Connery, yang lahir pada 11 Januari 1963. Jason mengikuti jejak ayahnya menjadi aktor.

Pasangan ini bercerai pada 1973. Dua tahun kemudian, 1975, Sean menikah dengan Micheline Roquebrune, tetapi tidak memiliki anak.

Sean juga seorang kakek, setelah putra tunggalnya, Jason, dan (mantan) istrinya, Mia Sara, memiliki anak, Dashiell Quinn Connery, pada 1997.

Sean dan putranya, Jason Connery, sama-sama bermain dalam film Robin Hood. Sean bermain dalamRobin and Marian (1976), sedangkan Jason berperan sebagai Robin Hood dalam film seri televisiRobin Hood (1984).

Jason juga bermain dalam film televisi berjudul The Secret Life of Ian Fleming (1990). Ian Fleming adalah pengarang novel-novel James Bond, yang membuat nama Sean Connery melambung pada 1962.

Donasikan gaji

Sean Connery dua kali mendonasikan gajinya untuk kegiatan amal. Pertama, gajinya dari film Diamonds Are Forever(1971) untuk dana amal di Skotlandia. Kedua, Sean juga mendonasikan gajinya dari film Robin Hood: Prince of Thieves(1991) untuk amal.

Pada 1989, Sean terpilih sebagai ”Orang Paling Seksi” versi majalah People. Pada Oktober 1997, Sean Connery berada di posisi ke-14 daftar 100 Bintang Film Top Sepanjang Masa.

Sean juga terpilih sebagai ”Lelaki Terseksi dalam Abad Ini” versi majalah People.

Sean menerima penghargaan Lifetime Achievement dari American Film Institute pada 8 Juni 2006, di Los Angeles. Sean Connery adalah salah satu dari empat aktor Skotlandia yang menerima nomine Academy Award.

Tiga lainnya adalah Deborah Kerr, Mary Ure, dan Tom Conti.

Dari seorang pengantar susu dan pengemudi lori, Sean Connery menjadi bintang film Hollywood tiga zaman, dan salah satu legenda James Bond.

SUMBER: DI MANA DIA SEKARANG, KOMPAS SIANG DIGITAL EPAPER, SABTU 31 MEI 2014

Iklan