Olivia Newton-John, Tetap Sehat dan Bernyanyi di Usia Senja


 

OLIVIA NEWTON-JOHN

ROBERT ADHI KSP

Nama aktris dan penyanyi Olivia Newton-John melesat setelah membintangi film musikal ”Grease” pada 1978. Baik film maupun album ”soundtrack” ”Grease” merajai bioskop dan tangga lagu dunia. Ketika berperan sebagai siswa SMA di film itu, Olivia Newton-John sebenarnya sudah terlalu tua. Usianya 29 tahun saat ”shooting” film pada 1977.

Namun, usia bukanlah masalah bagi Olivia Newton-John. Grease menjadi film box-office pada 1978. Album soundtrack film Grease bertahan di puncak tangga lagu selama 12 minggu. Lima lagunya bersama John Travolta, antara lain ”You’re the One That I Want”, ”Hopelessly Devoted to You”, dan ”Summer Nights” menjadi lagu yang sangat populer pada masa itu.

Olivia Newton-John mendapat nomine Aktris Terbaik Golden Globe dalam bidang musik dan nomine Academy Awards pada 1979 untuk lagu ”Hopelessly Devoted to You” sebagai Best Original Song.

Penampilannya sebagai Sandy Olsson dalam film Grease membuat dia masuk dalam ranking ke-89 dari 100 Karakter Film Terbesar Sepanjang Masa versi majalah Premiere.

Pada 1979, Olivia Newton-John menerima penghargaan atas karya karitasnya dan tanda jasa Officer of the Order of the Bristish Empire (OBE) dari Ratu Elizabeth II atas jasa-jasanya dalam seni pertunjukan. Dia juga menerima Lifetime Achievement Award dalam Penghargaan ARIA ke-16 pada 15 Oktober 2002.

Olivia Newton-John juga menerima penghargaan Officer of the Order of Australia (AO) pada 2006 dari Ratu Inggris atas jasanya dalam industri hiburan sebagai penyanyi dan aktris.

Bakat penyanyi

Olivia Newton-John lahir di Cambridge, Cambridgeshire, Inggris, 28 September 1948, dari pasangan Brinley Newton-John dan Irene Born. Sejak kecil, dia sudah memiliki bakat sebagai penyanyi. Pada saat berusia lima tahun, Olivia Newton-John pindah ke Australia setelah ayahnya mendapat tawaran menjadi dekan di sebuah college di Melbourne.

Pada usia 14 tahun, Olivia Newton-John bergabung dalam grup gadis remaja, Sol Four, bersama tiga teman sekelasnya di sebuah coffee shop. Dia juga tampil reguler di radio lokal dan televisi Australia, termasuk pertunjukan HSV07 dan The Happy Show.

Dia memenangi kontes pencari bakat dalam program televisi Sing, Sing, Sing yang dipandu ikon Australia tahun 1960-an, Johnny O’Keefe. Pada saat itu, Olivia Newton-John membawakan lagu ”Anyone Who Had a Heart” dan ”Everything’s Coming Up Roses”.

Kemenangan Olivia dalam kontes pencari bakat di Australia itu membuat dia kembali ke Inggris dan memberi jalan bagi dia menjadi aktris dan penyanyi yang sukses.

Bersama ibunya, Olivia Newton-John kembali ke Inggris 10 tahun kemudian ketika usianya 15 tahun.

Newton-John merekam single pertamanya, ”Till You Say You’ll Be Mine” di Inggris di studio rekaman Decca Records pada 1966.

Pada tahun 1970, Olivia Newton-John muncul di serial televisi bersama Cliff Richard bertajuk It’s Cliff Richard.Pada masa itu, dia pernah bertunangan dengan Bruce Welch, anggota The Shadows, yang mendukung Cliff Richard. Namun, keduanya tidak pernah menikah.

Album solo pertama Olivia Newton-John, If Not For You, dirilis pada 1971. Lagu itu ditulis oleh Bob Dylan. Single berikutnya ”Banks of the Ohio” masuk 10 besar tangga lagu Inggris dan Australia.

Karier Olivia Newton-John mulai menanjak setelah merilis If Not For You. Ketika merekam hit pertama itu, anjing piaraannya ikut masuk studio di sampingnya. Suatu saat, anjing itu menjatuhkan mikrofon. Suara berisik itu sampai sekarang masih terdengar (di antara musik instrumental di akhir lagu).

Dia terpilih sebagai Vokalis Perempuan Inggris Terbaik oleh majalah Record Mirror.

Pada 1974, Olivia Newton-John mewakili Inggris dalam Eurovision Song Contest di Brighton, Inggris, dan membawakan lagu ”Long Live Love”. Olivia Newton-John meraih tempat keempat di bawah ABBA yang membawakan ”Waterloo”. Enam lagu kandidat juara direkam, termasuk lagu ”Long Live Love” yang dibawakan Olivia Newton-John. Ini album pertamanya di bawah label EMI Records.

Pindah ke Amerika Serikat

Agar kariernya sebagai penyanyi lebih berkembang, Olivia Newton-John mendengar saran sahabatnya. Pada 1975, dia meninggalkan Inggris menuju Amerika Serikat dan menetap di Los Angeles. Di negeri ini, Olivia Newton-John berkembang menjadi penyanyi pop dan country. Dia muncul dalam sampul majalah mingguan People pada 24 Februari 1975.

Single Olivia Newton-John ”Let Me Be There” mencapai American Top 10. Lagu itu membuat dia mendapat penghargaan Grammy sebagai penyanyi country terbaik serta penghargaan Academy of Country Music sebagai vokalis perempuan yang sangat menjanjikan. Album Let Me Be There menduduki puncak album country selama dua pekan dan di posisi ke-54 dalam Billboard 200.

Album Long Live Love dirilis di AS dengan nama ”If You Love Me, Let Me Know”. Single lainnya ”I Honestly Love You” menjadi lagu balada pop nomor 1 dan membuat dia kembali meraih Grammy untuk Record of the Year dan Best Pop Vocal Performance-Female. Dua keberhasilan ini membantu album tersebut di posisi puncak.

Olivia Newton-John sudah merilis 25 single Top 40, setengah di antaranya sukses masuk 10 besar, termasuk lima single menduduki posisi puncak. Lagu-lagu Olivia Newton-John yang populer antara lain ”If Not for You”, ”If You Love Me, Let Me Know”, ”Let Me Be There”, ”I Honestly Love You”, ”Heart Attack”, ”Have You Never Been Mellow”, ”Summer Nights”, ”You’re The One That I Want”, ”Hopelessly Devoted To You”, ”Magic”, ”Xanadu”, ”Physical”, dan ”Twist of Fate”.

Lagu hit yang paling sukses adalah ”Physical” yang terjual lebih dari 2 juta kopi dan bertahan di puncak tangga lagu Billboard’s Hot 100 selama 10 pekan sejak 21 November 1981. Lagu ini membuat dia meraih Grammy Award kategori Video of the Year (1982).

Lagu ”Physical” sempat dilarang oleh stasiun radio di Provo, Utah, AS, dengan alasan lirik yang ”sugestif”.

Olivia Newton-John terpilih sebagai salah satu dari 50 perempuan paling cantik di dunia versi majalah People.

Olivia Newton-John berada di ranking ke-95 dalam 100 Perempuan Rock N Roll Terhebat versi VH1 serta ranking ke-92 dari 100 Artis Paling Seksi juga versi VH1.

Namanya juga terpatri sebagai ”Star” dalam Hollywood Walk of Fame di Hollywood, California.

Rumor Andy Gibb

Pada 1979, Olivia Newton-John tampil bersama Andy Gibb (almarhum) dan ABBA dalam konser musik UNICEF di markas Perserikatan Bangsa-Bangsa yang disiarkan langsung ke seluruh dunia. Olivia Newton-John bersama Andy Gibb waktu itu membawakan lagu ”Rest Your Love on Me”.

Pernah ada rumor Olivia berkencan dengan Andy Gibb yang usianya delapan tahun lebih muda. Namun, pada masa itu, Andy Gibb justru digosipkan dengan Marie Osmond dan Victoria Principal. Andy Gibb mati muda karena overdosis narkoba.

Olivia Newton-John menikah dengan Matt Lattanzi pada 15 Desember 1984. Putrinya, Chloe Lattanzi, lahir pada 1986.

Pernikahannya dengan Matt Lattanzi bertahan sampai 1995. Pada 30 Juni 2008, dia menikah lagi dengan Amazon John Easterling sampai sekarang.

Olivia Newton-John menghiasi rumahnya di Amerika Serikat dan Australia dengan bunga anggrek dan lili. Dia menyukai kosmetik dan selalu melakukan make up sendiri dalam sesi foto. Dia tidak pernah meninggalkan rumah tanpa lipstik.

Pada 1988, dia mengunjungi Australia untuk membuat acara khusus televisi bertajuk ”Olivia Down Under” berkaitan dengan pertunjukan Bicentennial. Dia dan Cliff Richard tampil bersama dalam acara yang juga dihadiri Pangeran Charles dan Putri Diana.

Pada April 2005, Olivia Newton-John mempromosikan albumnya Indigo: Women of Song di Inggris dan Amerika Serikat.

Kanker payudara

Olivia Newton-John pernah menderita kanker payudara saat berusia 44 tahun. Dia sempat terguncang karena merasa dia tak pernah merokok, jarang mabuk karena minum dan hanya menikmati wine, serta sering berolahraga. Pada 1992, dia kembali ke New South Wales, Australia, untuk memulihkan dirinya.

Bagaimana Olivia bisa mengatasi penyakitnya? ”Berpikir positif dan gaya hidup sehat ikut membantu penyembuhan,” kata Olivia

”Saya masih makan enak, mengusahakan makanan organik. Saya pernah menjadi vegetarian. Sekarang saya menikmati ayam atau ikan bakar. Saya percaya untuk menyembuhkan diri, saya menikmati wine dan cokelat. Saya bermain tenis tiga kali seminggu dan saya menghirup udara segar setiap hari,” ungkapnya kepada Daily Mail (20 Januari 2009).

Pada 26 Juni 2012, pemerintah Australia mengeluarkan prangko untuk mengumpulkan dana bagi Olivia Newton-John Cancer and Welness Centre Appeal, lembaga yang didirikan Olivia Newton-John untuk membantu penderita kanker.

Pada November 2012, Olivia Newton-John bersama John Travolta membuat album karitas This Christmas, didukung artis Barbra Streisand, James Taylor, Chick Corea, Kenny G, Tony Bennett, Cliff Richard, dan The Count Basie Orchestra.

Nama Olivia Newton-John muncul dalam seri prangko ”Legenda Hidup” yang dikeluarkan pemerintah Australia pada 18 Januari 2013 lalu, bersama sejumlah nama, antara lain Kylie Minogue dan The Seekers.

Olivia Newton-John masih sering melakukan tur ke sejumlah negara, termasuk ke Indonesia. Konser tur bertajuk ”A Summer Night with Olivia Newton-John” digelar selama satu tahun (24 Februari 2012-17 Maret 2013) di 59 kota, dari Australia (Perth, Melbourne, Sydney), Asia (Bangkok, Singapura, Genting, Quezon City, Wan Chai, Colombo, Jakarta), Amerika Serikat, Kanada, sampai Eropa. Di Inggris, Maret 2013 Olivia Newton-John menggelar konser di Bournemouth, London, Brighton, Birmingham, dan Manchester. Ini konser terbesar Olivia Newton-John sejak 2005 dan pertama di Inggris sejak 30 tahun lalu.

Pada April 2014, dia merilis album terbaru bertajuk Hotel Sessions.

Di usia senjanya, Olivia Newton-John tetap energik, aktif menyanyi, dan hidup sehat.

(IMDB)

Iklan