David Foster, Produser dan Pencipta Lagu Sepanjang Masa


David Foster

ROBERT ADHI KSP

Selama lebih dari empat dekade, David Foster (65) menjadi musisi, penulis lagu, komposer, penggubah, produser, dan artis rekaman. Sepanjang masa itu, David Foster dipercaya oleh Barbra Streisand, Céline Dion, Whitney Houston, Michael Jackson, Madonna, Andrea Bocelli, Michael Bublé, Josh Groban, Rod Stewart, Toni Braxton, dan Stevie Wonder untuk membantu mewujudkan impian mereka menjadi superstar.

David Foster telah menciptakan lagu-lagu hits untuk banyak penyanyi, yang kemudian menjadi superstar. Album-album yang memuat lagu-lagu karya Foster meraih predikat gold dan platinum. Di antaranya album-album Earth, Wind & Fire, Natalie Cole, Michael Bolton, Seal, Chaka Khan, Kenny Rogers, Dolly Parton, Chicago, Hall & Oates, Brandy, ’N Sync, Boz Scaggs, Gloria Estefan, Andrea Bocelli, dan Josh Groban.

Foster menciptakan lagu-lagu soundtrack untuk film-film blockbuster, seperti The Bodyguard, Urban Cowboy, dan St. Elmo’s Fire. Foster juga menciptakan lagu-lagu klasik Natal, termasuk Noel yang dinyanyikan Josh Groban, Christmas (Michael Bublé’), These Are Special Times (Celine Dion), Merry Christmas Baby (Rod Stewart), dan My Christmas (Andrea Bocelli).

Sepanjang kariernya, David Foster telah mengantongi 16 Grammy Awards, termasuk 3 kategori Producer of the Year, 1 Emmy Award, 1 Golden Globe, dan 3 nomine Oscar untuk kategori Best Original Song. Pada Juni 2010, nama David Foster terpatri dalam Hall of Fame para penulis lagu.

David Foster juga memiliki reputasi sebagai pencari bakat baru yang tajam. Dia memainkan peran kunci menemukan dan melejitkan karier penyanyi Céline Dion, Josh Groban, dan Michael Bublé. ”David Foster adalah salah satu dari pemikir musik paling brilian pada masa kini,” kata Bublé suatu hari. Penyanyi asal Kanada lainnya, Céline Dion, mengatakan, ”David mendengar hal-hal yang tidak didengar orang lain.” Sementara Josh Groban mengakui, ”David Foster adalah seseorang yang telah mengubah hidup saya.”

Menanggapi komentar para penyanyi itu, David Foster dengan santai mengatakan, ”Saya menerapkan prinsip, apabila saya mencintai sesuatu, jutaan orang lain akan menyukainya juga,” katanya.

Ketika kali pertama mendengarkan suara Céline Dion, Foster berpendapat, itu momen ajaib, salah satu momen yang paling diingatnya sepanjang hidupnya. ”Lagu Céline masuk dalam Top 40, dan dia bahkan tidak paham apa yang dia katakan karena sebenarnya dia tidak fasih berbahasa Inggris. Saya tidak pernah menemukan talenta seperti Céline dan saya tahu, 100 persen, Céline akan menjadi seorang superstar,” ungkap Foster.

Sebelum menjadi salah satu produser rekaman paling berhasil dalam sejarah musik dunia—menciptakan album-album yang laris dan terjual ratusan juta keping—David Foster menerima nasihat paling berharga dari impresario legenda musik, Quincy Jones (81).

”Jones mengatakan kepada saya, ’Jika ada sesuatu yang tidak persis seperti yang Anda pikir seharusnya, jangan mencantumkan nama Anda di sana.’ Nasihat Quincy Jones berdampak besar terhadap karier saya. Sejak itu saya selalu berjuang demi visi artistik saya. Saya tidak selalu menang, tetapi saya tahu kapan seorang seniman mempekerjakan saya. Itu tugas saya untuk mendorong mereka menuju kebesaran. Kadang mereka tidak tahu potensi mereka,” kenang Foster.

Foster memiliki moto pribadi, ”kompromi melahirkan sesuatu yang biasa-biasa saja”. Filosofi itu telah membentuk cara Foster melakukan pendekatan terhadap segala sesuatu yang dia kerjakan selama lebih dari empat dekade sebagai penulis lagu, produser, komposer, penggubah, musisi, dan artis rekaman. Memang, hanya sedikit penulis lagu, komposer, dan produser yang memiliki ciri khas sendiri.

”Setiap hari, ketika bangun tidur, saya berusaha mengerjakan sesuatunya dengan usaha terbaik. Saya memberi 100 persen cinta terhadap apa yang saya lakukan setiap hari. Saya melakukan hal ini selama lebih dari 40 tahun. Saya terobsesi dengan apa yang saya kerjakan dan saya mencintainya. Setiap hal kecil yang terjadi kepada Anda, baik atau buruk, itu menjadi sepotong kecil dari teka-teki tentang Anda akan menjadi siapa. Setiap kisah orang sukses yang Anda baca, Warren Buffett ataupun Bill Gates, mereka semua mengatakan hal yang sama, ’Kerjakan apa yang Anda cintai.’ Saya tahu saya sudah melakukannya,” ujar David Foster.

Pada 2008 dan 2011, David Foster tampil sebagai tuan rumah ”Foster & Friends” , dua acara bertabur bintang di Las Vegas, Amerika Serikat, yang membawakan lagu-lagu ciptaan dan gubahan Foster. Pertunjukan itu difilmkan dengan judul Great Performance on PBS: Hit Man dan Hit Man Returns serta menjadi tayangan acara dengan rating PBS paling tinggi dalam dekade ini. David Foster juga selalu menggelar tur keliling Asia setiap tahun.

Pada 2012, David Foster memasuki babak baru dalam kariernya setelah menjadi Chairman Verve Music, perusahaan rekaman jazz milik Universal Music Group. Misinya, katanya, untuk mengubah perusahaan rekaman jazz (yang didirikan pada 1956 dan tempat Billie Holiday, Charlie Parker, Ella Fitzgerald, dan legenda jazz lainya) menjadi perusahaan rekaman premier bagi penyanyi legendaris dan penyanyi masa kini. Beberapa penyanyi yang bergabung dalam perusahaan rekaman itu di antaranya Andrea Bocelli, Diana Krall, dan Natalie Cole.

David Foster menandatangani kontrak dengan peraih Grammy Awards Sarah McLachlan dan penyanyi R&B-soul Smokey Robinson. Foster juga melihat talenta generasi berikutnya, seperti penyanyi asal Malaysia, Yuna, dan sensasi YouTube asal Swedia, Dirty Loops, virtuoso trio yang menggabungkan jazz, rock, pop, dam musik dansa ke dalam hibrid mereka.

Usia 4 tahun
Lahir di Victoria, British Columbia, Kanada, 1 November 1949, David Walter Foster mulai belajar piano pada usia 4 tahun. Seperti cerita sang ibu, ketika dia menekan salah satu tuts piano, dia terkejut mendengar jawaban Foster yang menyebutkan, ”Itu kunci E!” Putra seorang pengawas pemeliharaan dan ibu rumah tangga itu membuat hidupnya sangat dihormati.

Otobiografinya, Hit Man, menjadi otobiografi paling laris. Buku itu memuat kisah ketika Foster bergabung dengan band Chuck Berry pada usia 16 tahun sampai duduk di dapur Paul McCartney untuk berdiskusi dengannya pada hari ketika The Beatles bubar.

David Foster pernah menjadi anggota grup band 1970-an. The Skylarks. Lagu mereka, ”Wildflower”, berada di posisi kesembilan tangga lagu pop. Foster menjadi co-writer beberapa lagu bersama Maurice White untuk Earth Wind & Fire dan The Emotions. Salah satunya adalah ”After the Love Has Gone” yang ditulisnya bersama Jay Graydon dan Bill Champlin, dan memenangi Grammy Awards untuk kategori Best Rhythm & Blues Song (1979).

David Foster berkolaborasi dengan sejumlah artis, mulai dari Barbra Streisand, Céline Dion, Natalie Cole, Madonna, Diana Ross, Olivia Newton-John, Whitney Houston,Cheryl Lynn Josh Groban, Michael Bolton, Lara Fabian, Michael Bublé, Andrea Bocelli, Michael Jackson, Rod Stewart, Toni Braxton, Paul McCartney, George Harrison, Charice, Renee Olstead, sampai The Corrs.

Foster menikah empat kali. Pertama, ia menikah dengan BJ Cook (1972-1980) dan memiliki putri, Amy Foster-Gillies (penyanyi dan penulis lagu). Kedua, ia menikah dengan Rebecca L McCurdy (27 Oktober 1982, bercerai pada 1986) dan memiliki tiga anak, yaitu Sara Foster, Erin Foster, dan Jordan Foster. Ketiga, ia menikah dengan Linda Thompson pada 27 Juni 1991 dan bercerai pada 11 Juli 2005. David Foster menikah untuk kali keempat dengan Yolanda Foster pada 11 November 2011 hingga sekarang.

Pekerjaan amal menjadi prioritas lainnya dalam hidup Foster. Pertemuan dengan seorang gadis belia dari kampung halamannya yang sedang menunggu operasi transplantasi hati memberi dampak yang dalam dalam hidupnya dan memutuskan untuk mendirikan The David Foster Foundation pada 1985. Misi yayasan itu untuk memberi dukungan keuangan untuk keluarga Kanada yang memiliki anak-anak yang membutuhkan transplantasi organ untuk menyelamatkan hidup mereka.

Selama dua dekade terakhir, David Foster memberikan waktu dan bakatnya untuk lebih dari 400 badan amal, termasuk pertemuan tahunan Muhammad Ali Celebrity Fight Night, The Andre Agassi Foundation, dan Carousel of Hope. Dia berhasil mengumpulkan dana jutaan dollar AS dari teman-temannya para artis superstar untuk tujuan mulia. ”Kecintaan saya pada musik membawa saya menerima banyak penghargaan. Saya merasa perlu untuk memberikan kembali apa yang saya dapatkan kepada orang lain yang kurang beruntung sesering mungkin,” kata Foster.

David Foster dianugerahi Member of the Order of Canada (C.M) pada 11 Juli 1988 dan Officer of the Order of Canada (C.O) pada 30 Oktober 2003, serta Order of British Columbia atas dedikasinya pada musik dan amal.

Pada Mei 2013, David Foster menerima Hollywood Walk of Fame di Vine Street di depan gedung Capitol Records yang ikonik, berdekatan dengan bintang- bintang yang menjadi pahlawan musiknya—John, Paul, George, dan Ringo. Foster adalah penggemar terbesar The Beatles di planet ini.

Lokasi itu juga bermakna ganda. Capitol Records adalah perusahaan rekaman pertama yang menandatangani kontrak dengan band David Foster, Skylark, pada 1971. Lagu hit band itu, ”Wildflower”, masuk Top 10 dan mengantarkan David Foster ke jalan kesuksesan tak berujung.

Merefleksikan dirinya saat menerima penghargaan sebagai bintang Walk of Fame, Foster mengatakan, ”Seratus tahun dari sekarang, cicit-cicit saya akan bercerita, ’Hei, kakek dari kakek saya menjadi bintang di samping The Beatles’. Di dekatnya berdiri gedung tempat saya menandatangani kontrak untuk kali pertama. Sungguh sempurna,” katanya. (IMDB/DAVIDFOSTER.COM)

SUMBER: DI MANA DIA SEKARANG, KOMPAS SIANG DIGITAL EPAPER, SABTU 7 FEBRUARI 2015

Iklan