Norah Jones, Penyanyi Jazz Dekade 2000-an


Norah Jones

ROBERT ADHI KSP

Lagu ”Don’t Know Why” dan ”Come Away with Me” (2002) melejitkan nama Norah Jones, penyanyi, penulis lagu, pemain piano, dan aktris Amerika Serikat keturunan India. Majalah ”Billboard” menobatkan Jones, peraih sembilan Grammy Awards ini, sebagai artis top jazz selama dekade 2000-2009. Album-albumnya terjual
lebih dari 50 juta keping di seluruh dunia dan menjadikan album Jones sebagai album artis perempuan paling laris di Amerika Serikat dalam abad ini.

Norah Jones, putri seorang musisi internasional dan pemain alat musik sitar India, Ravi Shankar, serta produser konser Amerika, Sue Jones, lahir dengan nama Geetali Norah Jones Shankar pada 30 Maret 1979 di Bedford-Stuyvesant, Brooklyn, New York City, Amerika Serikat. Setelah orangtuanya berpisah pada 1986, Jones menghabiskan masa kecilnya dengan sang ibu di Grapevide, Texas.

Jones menyelesaikan pendidikan di Colleyville Middle School dan Grapevine High School sebelum pindah ke Booker T Washington High School untuk mendalami performing and visual arts di Dallas. Ketika di sekolah menengah, Jones ikut paduan suara sekolah, berperan serta dalam band, dan bermain saksofon alto. Pada usia 16 tahun, dengan persetujuan orangtuanya, dia secara resmi mengubah namanya menjadi Norah Jones.

Pada masa kanak-kanaknya, Jones mulai menyanyi di gereja serta belajar piano dan olah vokal. Dia mengikuti pendidikan di Interlochen Center for the Arts selama musim panas. Ketika di sekolah menengah, dia memenangi Down Beat Student Music Awards for Best Jazz Vocalist (pada 1996 dan 1997) dan Best Original Composition (1996).

Menyadari talenta vokalnya, Jones kemudian melanjutkan pendidikan di University of North Texas (UNT) untuk mendalami piano jazz dan menyanyi bersama para penyanyi jazz UNT. Pada masa itu, Jones mendapat kesempatan bertemu dengan kolaborator masa depannya, Jesse Harris. Beberapa tahun setelah itu, Harris mengirimkan lagu-lagunya kepada Jones.

Pada tahun ketiga, Jones tidak melanjutkan kuliahnya setelah menerima tawaran temannya tampil di Greenwich Village selama musim panas 1999. Meskipun dia kembali ke college pada musim dingin, dia tetap mengisi tempat ngopi dan kelab-kelab jazz. Jones pun kemudian terinspirasi menulis lagunya sendiri.

Jones mengembangkan talenta uniknya dengan menggabungkan jazz dan pop vokal tradisional dengan country blues dan folk kontemporer.

Pada 1999, Jones kembali ke New York City. Kurang dari satu tahun kemudian, dia mendirikan band bersama Jesse Harris, yang menjadi titik awal kariernya. Jones tampil secara reguler bersama Wax Poetioc dengan penulis lagu Jesse Harris (gitar), Lee Alexander (bas), dan Dan Rieser (drum).

”Come Away with Me”

Pada Oktober 2000, grup band ini melakukan audisi di depan manajemen Blue Note Records. Jones kemudian menandatangani kontrak dengan perusahaan rekaman spesialis jazz itu pada awal 2001.

Pada 2002, Jones memulai karier musik solonya dengan merilis album Come Away with Me yang meraih sukses komersial. Album yang memuat kombinasi musik country dan pop dengan elemen jazz itu mendapat sertifikat diamond, terjual lebih dari 26 juta keping di seluruh dunia, dan membuat album itu paling laris dalam sejarah Blue Note Records.

Berkat album itu, Jones mengantongi rekor meraih lima Grammy Awards sekaligus, termasuk Album of the Year, Record of the Year, dan Best New Artist. Ketika itu, Norah Jones mencatat rekor (bersama Amy Winehouse dan Lauryn Hill) sebagai perempuan peraih Grammy Awards terbanyak (lima penghargaan). Namun, pada 2010, rekor itu dipecahkan oleh Beyoncé Knowles yang meraih enam penghargaan Grammy.

Pada 2004, Jones merilis album Feels Like Home. Berpasangan lagi dengan produser Arif Mardin, Jones melakukan pendekatan yang sama dengan Come Away with Me, kombinasi antara penulis lagu bernuansa blues, country, dan permainan piano jazz yang mellow.

Pada akhir 2006, singel ”Thinking about You” dirilis, menandakan dirinya kembali ke karier solo. Album Not Too Late dirilis pada awal 2007, The Fall pada 2009, dan album kolaborasi koleksinya, Featuring Norah Jones, pada 2010.

Pada tahun-tahun berikutnya, Jones tampil bersama Danger Mouse (yang dikenal dengan nama Brian Burton) dan komposer Italia, Daniele Luppi. Burton pada 2012 kembali menjadi produser dan membantu menulis lagu-lagu pada album kelima Jones, Little Broken Hearts, yang dirilis pada 27 April 2012.

Jones bersama Billie Joe Armstrong (Green Day) bergabung dalam proyek menciptakan kembali album klasik 1958 Everly Brothers, Songs Our Daddy Taught Us, bersama pemain bas Tim Luntzel dan penabuh drum Dan Rieser. Direkam selama sembilan hari, album Foreverly dirilis pada 2013.

”Saya bukan orang melankolis. Saya seorang yang bahagia dan beruntung. Saya suka hal-hal lucu. Saya memiliki banyak energi. Saya cenderung suka musik mellow,” tuturnya.

”Tanpa piano, saya tidak tahu bagaimana bisa tampil. Saya tidak tahu apa yang harus saya lakukan dengan kedua tangan saya,” ungkap Jones tentang talentanya bermain piano.

Jones pernah bermain film My Blueberry Nights (Kar Wai Wong) pada 2007. ”Saya diminta sutradara Kar Wai Wong bermain dalam film terbarunya. Saya sudah menonton beberapa film dia dan berpikir film-film itu memang keren. Jadi, saya percaya kepada dia,” ujarnya.

Kehidupan pribadi

Dalam kehidupan asmara, Norah Jones pernah berpacaran dengan pemain bas Lee Alexander, namun mereka berpisah pada Januari 2008.

Lalu, bagaimana kehidupan asmara Jones saat ini? Situs Daily Mail, September 2014, menulis, Jones sudah melahirkan anak lelaki pada Februari 2014. Jones menutup rapat-rapat informasi tentang kehamilannya itu dari hiruk-pikuk pers, sampai akhirnya pada Mei 2014, menurut The Huffington Post, Jones membawa bayinya ke acara Hari Ibu di Gedung Putih, tempat dia bermain piano dan menyanyikan ”Nearless of You” dan ”La La Lu”.

September 2014, Jones terlihat berjalan dengan anak lelakinya yang berusia tujuh bulan di Los Angeles, AS. Bersama Jones juga tampak seorang lelaki yang tak mau disebutkan namanya, tapi dia seorang musisi.

Jones kini sibuk mengasuh bayinya dan aktif dalam band country alternatifnya, Puss n Boots. Grup perempuan yang beranggotakan Norah Jones, Sarah Dobson, dan Catherine Popper itu bermain bersama sejak 2008 dan merilis album pertama, No Fools, No Fun, Juli 2014. (IMDB/ALLMUSIC.COM/DAILYMAIL)

SUMBER: DI MANA DIA SEKARANG, KOMPAS SIANG DIGITAL EPAPER, SABTU 31 JANUARI 2015

Iklan